Sponsors Link

Khasiat dan Efek Samping Bunga Kitolod Untuk Mata

Sponsors Link

Bunga kitolod atau dinamakan juga bunga laurentia longiflora adalah sebuah bunga yang memiliki bentuk kelopak 5 buah, mirip dengan bintang yang tumbuhnya dibagian tepi jalanan atau pun semak. Meskipun pembudidayaan jenis bunga ini sudah dimulai dan tidak sedikit orang yang menyatakan bahwa bunga ini memilih khasiat terutama untuk kesehatan mata. Lalu, bagaimana jika kita menggunakan kitolod sebagai obat alami? Apa khasiat dan efek samping bunga kitolod untuk mata? Apakah bisa digunakan sebagai cara mengatasi mata lelah dan perih? Berikut ulasannya.

ads

Khasiat dan Efek Samping

Penelitian yang di lakukan oleh salah satu universitas yang ada di Indonesia pernah menyatakan bahwa memang ekstrak daun dan juga bunganya mempunyai aktivitas antibakteri yang cukup baik seperti alkaloid, polifenol, dan saponin. Sehingga bisa membantu mengatasi jika adanya peradangan atau pun infeksi pada mata.

Namun tentunya proses pengolahan yang baik dengan jenis ekstrak tersebut harus Anda lakukan dengan benar agar khasiatnya benar-benar ada dan tidak memberikan efek samping yang buruk.

Jadi, Anda sebenarnya cukup aman menggunakan bunga kitolod asal bisa mengolahnya dengan benar. Misalnya dari segi kebersihan, karena bunga ini adanya ditepian jalan maka proses pembersihannya pun harus lewat air yang mengalir agar semua bakterinya benar-benar hilang.

Berikut adalah langkah untuk bisa menggunakan kitolod sebagai obat mata:

  • pertama, Anda harus mengambil beberapa Bungan kitolod sampai ke bagian tangkai bunganya.
  • Kemudian Anda bisa mencuci kitolod hingga bersih menggunakan air yang mengalir.
  • Selanjutnya, rendam kitolod selama kurang lebih 10 menit menggunakan air bersih.
  • Setelah direndam, Anda bisa mengambil 1 tangkai kitolod lalu teteskan air yang ada diujung tangkai bunganya ke mata Anda.

Pada awalnya mata Anda akan merasa sedikit perih dan terasa sepat. Namun tidak terlalu lama, beberapa menit juga sudah kembali normal.

Efek Samping Bunga Kitolod Untuk Mata

Untuk efek samping sebenarnya akan Anda alami jika bunga kitolod yang Anda ambil dan Anda teteskan ke mata tidak higienis atau tidak bersih. Karena bisa saja bakteri yang masih menempel malah masuk ke dalam mata dan menyebabkan beberapa keluhan seperti mata perih terlalu lama, mata kering, infeksi mata, iritasi, mata merah dan yang lainnya. Cara mengatasi mata merah bisa dengan obat tetes insto. Karena itulah, anjuran saat membersihkan daun kitolod harus diutamakan, atau kalau bisa akan lebih baik jika Anda membersihkan menggunakan air hangat.

Selain itu, akan lebih baik Anda juga menghindari melakukan proses pengobatan alami yang sangat tidak sesuai dengan kondisi mata Anda. Jika memang kondisi mata mengalami jenis penyakit mata tertentu akan lebih baik jika Anda bisa memeriksakan mata lebih dulu ke dokter sebelum ingin melakukan pengobatan alami menggunakan daun atau bunga tertentu yang memang sudah banyak dilakukan oleh masyarakat.

Sponsors Link

Itulah pembahasan mengenai khasiat dan efek samping bunga kitolod untuk mata yang sangat penting Anda ketahui. Untuk menjaga kesehatan mata, sangat dianjurkan jika Anda sejak dini sudah mengkonsumsi  makanan untuk menjaga kesehatan mata. Atau jika Anda yang memiliki mata silinder, Anda juga bisa mengkonsumsi beberapa makanan untuk mata silinder.

Namun, sebaiknya bagi Anda yang memiliki kondisi penyakit mata katarak untuk tidak melakukan pengobatan ini, karena ditakutkan kitolod tidak akan cocok dengan kondisi mata Anda dan malah menyebabkan katarak menjadi semakin lebih parah. Sekali lagi, jika kondisi mata Anda sangat parah yang paling diutamakan adalah memeriksakan diri ke dokter.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal