Sponsors Link

8 Efek Samping Extension Bulu Mata

Sponsors Link

Ada beberapa efek samping extention bulu mata yang sebaiknya Anda ketahui terlebih dulu, sebelum memulai prosedur pemasangan bulu mata. Extention atau sambung bulu mata memang menjadi rutinitas yang biasa dilakukan belakangan ini. Bulu mata yang panjang, tebal dan lentik memang diyakini bisa menambah keelokkan make up pada mata. 

ads

Sambung bulu mata ini biasanya menggunakan berbagai macam bulu atau rambut dari bahan sutra, sintetis atau asli. Bulu mata yang akan direkatkan dibubuhi dengan lem biologis yang mengandung formaldehida. Hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja, bulu mata yang tebal dan indah sudah menghiasi mata. Namun penggunaan lem kimia inilah yang menimbulkan efek samping extension bulu mata bila dipakai secara sembarangan.

Daya rekat bulu mata sambungan ini sekitar tiga hingga empat minggu. Keunggulan sambung bulu mata ini memang membuat bulu mata terlihat layaknya asli, sangat berbeda jika memasang bulu mata palsu yang sifatnya sekali pakai. Dengan berbagai keuntungan dan kemudahan cara pasang ini tak heran banyak yang melakukan extention bulu mata. Namun apakah Anda tahu beberapa efek samping extention bulu mata? Inilah beberapa hal yang harus diketahui oleh Anda.

1. Membuat rontok bulu mata asli

Bulu mata sama halnya dengan rambut pada bagian tubuh lain. Harus dijaga dan dirawat dengan bahan yang tidak berbahaya. Apabila rambut kepala bisa rontok jika menggunakan shampo yang salah demikian halnya dengan bulu mata yang juga bisa rontok. Efek samping Extention bulu mata yang menggunakan bahan perekat kimia, akan berefek buruk pada bulu mata asli. Lem yang berbahan kimia ini dapat membuat bulu mata menjadi rontok. 

2. Iritasi pada mata

Penggunaan bahan kimia akan selalu berdampak buruk pada tubuh. Terutama pada penggunaan lem untuk menyambung bulu mata. Sebab mata merupakan bagian sensitif yang lebih rentan terhadap bahan kimia. Lem berbahan kimia ini akan menimbulkan iritasi pada selaput kornea mata yang bisa berujung pada timbulnya jenis-jenis penyakit mata lain.

3.  Alergi pada mata

Bagi Anda yang memiliki daya tahan tubuh lemah. Efek samping dari penggunaan lem extension bulu mata ini adalah munculnya reaksi alergi. Khususnya pada area mata yang memiliki bagian yang lebih terbuka. Alergi yang timbul bisa ringan seperti gatal-gatal sedangkan alergi berat dapat membuat sakit di sudut mata atau resiko sakit mata yang lebih parah lagi.

4. Infeksi kuman

Penggunaan bulu mata palsu, akan menyebabkan Anda selalu berhati-hati saat membersihkan mata atau membasuh wajah. Karena Anda tentu tidak ingin bulu mata tersebut cepat lepas. Namun hal ini malah menimbulkan efek samping lain dari penyambungan bulu mata, yaitu berkumpulnya kuman bakteri atau jamur yang dapat menginfeksi mata akibat kebersihan yang kurang terjaga. Bulu mata yang kurang terjaga kebersihannya akan memicu penyakit mata yang disebabkan oleh bakteri.

5. Bulu mata tidak tumbuh

Efek samping memasang bulu mata, terutama secara permanen yang dilem pada helai bulu mata. Akan mengganggu pertumbuhan bulu mata yang asli, selain mengakibatkan rontok penggunaan lem kimia tersebut akan menyumbat lubang pada folikel bulu mata, sehingga membuat bulu mata asli tidak dapat tumbuh. Hal ini tentu akan sangat merugikan Anda ke depannya.

6. Perawatan yang rumit

Menggunakan extension bulu mata memang dipandang praktis bagi sebagian perempuan karna mengurangi pemakaian eye liner. Namun dibalik semua pendapat itu ternyata menggunakan extension bulu mata memerlukan perawatan yang lebih rumit. Setelah beberapa waktu bulu mata yang dipasang akan berubah bentuknya sehingga tidak lagi terlihat alami. Hal itu akan memaksa Anda melakukan perawatan bulu mata yang tentu mengeluarkan biaya dan menyita waktu Anda.

Sponsors Link

7. Kebutaan

Mata adalah indra penting yang rentan terhadap penyakit. Mempercantik mata juga harus memperhatikan kesehatan dan segala resiko. Efek samping menggunakan bulu mata sambung secara terus menerus apalagi secara serampangan dapat menjadi salah satu penyebab kebutaan mata. Hal ini terjadi apabila selaput mata terus menerus terpapar bahan kimia yang berbahaya.

8. Mengganggu aktivitas

Beberapa perempuan yang pernah melakukan extension bulu mata ternyata mengeluhkan efek samping penyambungan bulu mata palsu ini. Antara lain aktivitas yang terganggu baik dalam memakai make up maupun ketika melihat. Extension bulu mata palsu ini setelah beberapa lama akan membuat mata susah dirias dan terasa berat ketika membuka kelopak mata. Khusus untuk perempuan yang menggunakan kacamata, extension bulu mata ini akan mengganggu dalam pengaplikasiannya.

Berikut ini tips extension bulu mata secara aman tanpa menimbulkan efek samping 

  • Extention bulu mata memang bisa membantu menunjang penampilan, terutama bagi Anda yang mempunyai kekurangan pada bagian mata. Resiko dan efek samping extension bulu mata ini sebetulnya bisa diperkecil. Berikut ini beberapa tips menghindari efek samping penyambungan bulu mata.
  • Gunakanlah produk lem bulu mata atau bulu mata palsu yang yang bebas alergi atau hypoallergenic.
  • Perhatikan kandungan bahan dan tanggal kadaluarsa dari bahan perekat yang digunakan.
  • Oleskan sedikit lem pada tangan untuk mengetahui apakah bahan tersebut tidak menimbulkan alergi pada kulit.
  • Pilihlah klinik kecantikan yang telah mempunyai standar dan kualitas pelayanan yang tersertifikasi.
  • Oleskan lem terlebih dulu pada helai bulu mata palsu dan bukan pada bulu mata asli anda.

Itulah beberapa efek samping extension bulu mata dan tips untuk mengurangi efek samping yang ditimbulkan dari penggunaan bulu mata tersebut. Menggunakan extension bulu mata hendaknya memang tidak secara rutin. Imbangi dengan mengkonsumsi makanan untuk kesehatan mata. Berilah jeda pada bulu mata untuk tumbuh secara alami. 

, ,



Oleh :
Kategori : Gaya Hidup