Sponsors Link

7 Efek Samping Lasik Mata Minus yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Memiliki penglihatan yang sempurna pastinya menjadi impian semua orang. Apalagi bisa dibilang, penglihatan adalah kemampuan vital yang wajib dimiliki oleh semua orang. Bukannya tanpa alasan, bahkan pada beberapa pekerjaan mewajibkan pelamarnya untuk memiliki kemampuan melihat yang sempurna. Hal inilah yang kemudian membuat banyak orang yang memiliki penglihatan tidak sempurna menjadi terhalang untuk mendapatkan pekerjaan impiannya. Namun jangan putus asa terlebih dulu, karena masih ada cara yang bisa ditempuh bagi mereka yang ingin memperbaiki kondisi matanya. Salah satu cara yang sekarang ini paling dianjurkan adalah dengan operasi lasik mata. Dimana operasi lasik mata ini sendiri dapat digunakan untuk beberapa gangguan penglihatan seperti berikut ini:

ads

1. Rabun Jauh (Miopia)

Rabun jauh adalah sebuah kondisi dimana kemampuan penglihatan seseorang akan memburam atau menjadi tidak jelas ketika melihat arah yang jauh. Biasanya kondisi ini disebabkan kondisi bola mata yang terlalu panjang dari kondisi normal hingga kondisi kornea yang terlalu cembung. Hal ini pastinya akan sangat mengganggu bahkan seringkali membuat mereka yang menderitanya mengalami rasa sakit kepala.

2. Rabun Dekat (Hipermetropi)
Untuk kondisi rabun dekat sendiri membuat kemampuan penglihatan seseorang kurang sempurna untuk fokus pada jarak yang dekat. Dalam arti kata lain, mereka yang memiliki penyakit rabun dekat akan sulit fokus untuk melihat penglihatan. Hal ini biasanya bisa terjadi karena kondisi bola mata yang terlalu pendek hingga lengkungan kornea yang terlalu datar. Kondisi tersebutlah yang membuat mereka yang terkena penyakit mata ini akan sangat sulit untuk bisa melihat dengan normal.

3. Astigmatisme

Sedangkan mereka yang terkena astigmatisme adalah penyakit yang membuat mata sulit untuk bisa fokus terhadap pandangan. Biasanya kondisi ini juga sering dibarengi dengan bayangan yang menganggu penglihatan. Kondisi ini seringkali disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari kecelakaan hingga suatu penyakit yang berhubungan dengan mata. Jalan satu-satunya untuk menyembuhkan penyakit ini sekaligus dua penyakit yang ada di atas adalah dengan melakukan operasi lasik.

Meski operasi Lasik memiliki banyak kegunaan dan manfaat bagi mereka yang memiliki masalah mata, bukan berarti semua orang diperbolehkan untuk melakukan operasi yang satu ini. Berikut ini ada beberapa daftar orang yang dilarang untuk melakukan operasi Lasik yang dampaknya berbahaya:

1. Memiliki Penglihatan yang Baik

Jelas kategori pertama yang tidak boleh melakukan operasi Lasik adalah mereka yang memiliki penglihatan yang baik. Sayangnya, masih banyak orang yang memaksa melakukan operasi Lasik karena merasa ada gangguan pada matanya. Padahal gangguan tersebut belum tentu membutuhkan operasi lasik sebagai solusinya.

2. Memiliki Pupil yang Besar

Berikutnya adalah mereka yang memiliki pupil ukuran besar. Soalnya ditakutkan mereka yang memiliki pupil ukuran besar dan melakukan operasi lasik maka akan membuat kondisi mata mereka menjadi memburuk. Selain pupil yang besar, mereka yang memiliki kornea tipis juga dilarang untuk melakukan operasi mata yang satu ini. Penyebabnya tentu tidak lepas dari kesehatan dari mata mereka sendiri.

3. Mengikuti Olahraga yang Memiliki Risiko Fisik

Terakhir adalah mereka yang memiliki kebiasaan atau profesi yang membuat mereka mengikuti olahraga yang memiliki risiko fisik. Hal ini sangat dilarang untuk melakukan operasi Lasik karena berbagai efek samping yang bisa mengikutinya. Terutama efek samping yang berhubungan langsung dengan kesehatan mata dari orang tersebut. Untuk itulah, gunanya melakukan konsul terlebih dulu sebelum melakukan operasi Lasik mata. Hal ini guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain, berbagai manfaat yang dimiliki dengan melakukan operasi Lasik mata ternyata operasi ini memiliki sisi lain yang belum diketahui banyak orang. Dimana yang dimaksud dengan sisi lain dari operasi Lasik ini adalah efek samping yang bisa dirasakan oleh mereka yang telah melakukan operasi ini. Sayangnya, masih banyak orang yang belum mengetahuinya dan menganggap biasa-biasa saja tentang operasi ini. Padahal dengan mengetahui kelebihan sekaligus efek samping dari melakukan operasi ini maka bisa lebih membuat Anda tahu dan kaya informasi. Sehingga nantinya Anda bisa lebih yakin dalam mengambil keputusan untuk melakukan operasi Lasik mata.

Sedangkan efek samping dari melakukan operasi Lasik Mata adalah seperti berikut ini:

1. Overkoreksi

Kondisi yang satu ini biasanya terjadi pada mereka yang ketika melakukan operasi Lasik mata sinar laser yang mengenai mata terlalu banyak. Hal ini biasanya diketahui setelah beberapa waktu Anda melakukan operasi. Masalahnya adalah untuk masalah yang satu ini bisa dibilang sangat sulit untuk disembuhkan. Bahkan bisa dibilang, kondisi yang satu ini adalah masalah tersulit untuk disembuhkan.

2. Mata Menjadi Kering

Efek samping berikutnya bagi Anda yang melakukan operasi Lasik mata adalah mata yang mudah menjadi kering. Hal tersebut tidak lepas karena operasi ini mengakibatkan penurunan produksi air mata pada kedua bola mata. Padahal kandungan air mata ini sangat berguna untuk menjaga kesehatan mata. Apabila mata Anda kekurangan air mata maka dipastikan akan mudah menjadi kering bahkan iritasi. Bahkan apabila terus dibiarkan mata kering ini bisa mengakibatkan terganggunya penglihatan Anda.

Soalnya kondisi bola mata yang kering akan membuat bola mata tidak mampu bekerja secara optimal. Biasanya mereka yang sudah melakukan operasi Lasik ini akan merasakan mata yang mulai mudah kering ini setelah enam bulan operasi. Biasanya diawali dengan rasa tidak nyaman pada mata dan akhirnya pandangan yang mulai terganggu. Solusi untuk mengatasinya sendiri bisa dengan menggunakan obat tetes mata secara rutin atau ketika mata Anda mulai terasa kering.

3. Lebih Sensitif Terhadap Cahaya

Efek samping jangka panjang ketiga dari melakukan operasi Lasik mata adalah mata yang kemudian lebih sensitive terhadap cahaya. Dalam arti kata lain, mata Anda akan lebih peka dan tidak mudah untuk terkena cahaya langsung. Biasanya kepekaan ini juga dibarengi dengan mata yang seringkali sakiat apabila melihat cahaya. Padahal untuk pemandangan mata normal, tingkat cahaya tersebut belum bisa dibilang mengganggu untuk mata. Namun untuk mereka yang sudah menjalani operasi lasik biasanya cahaya dengan tingkat normal sekalipun tetap mengganggu penglihatan. Hal ini tidak bisa dilepaskan dari kondisi kornea mta setelah melakukan operasi lasik yang mengalami perubahan. Kondisi tersebutlah yang membuat mata menjadi lebih peka dan sangat sensitif terhadap rangsangan cahaya dari luar.

4. Rasa Gatal di Sekitar Mata

Rasa gatal juga kemudian bisa dirasakan beberapa waktu kemudian setelah Anda melakukan operasi Lasik. Biasanya rasa gatal ini berada di sekitar mata bahkan juga berada tepat di bola mata. Hal ini tentunya sangat mengganggu Anda bahkan juga mengganggu penglihatan Anda. Untuk mengatasinya sendiri, biasanya disarankan untuk mengistirahatkan mata Anda dalam waktu cukup. Karena kondisi gatal pada mata tersebut biasanya disebabkan mata yang mulai kelelahan karena terus beraktifitas. Selain itu, apabila rasa gatal ini mulai terasa maka usahakan untuk jangan menguceknya. Kegiatan mengucek mata ini selain tidak menyembuhkan juga hanya akan membuat kondisi mata Anda menjadi semakin parah dibuatnya. Apabila rasa gatal tersebut sudah tidak tertahankan, cobalah untuk menggunakan obat tetes mata sebagai solusinya.

5. Penglihatan yang Menjadi Ganda

Penglihatan yang menjadi ganda akan terasa beberapa waktu kemudian setelah operasi lasik sudah dijalankan. Bahkan pada hari pertama setelah melakukan operasi Lasik maka efek sampingnya langsung terasa. Biasanya diawali dengan mata yang sulit melihat di kondisi yang gelap atau malam hari. Setelah itu, beberapa waktu kemudian Anda akan mulai merasakan penglihatan yang menjadi ganda. Biasanya penglihatan yang menjadi ganda ini akan terjadi apabila Anda terlalu berfokus pada satu gambar saja. Meski begitu, pandangan yang menjadi ganda ini hanya terjadi untuk sementara waktu saja. Dalam arti kata lain, masih bisa sembuh apabila mata Anda tidak dalam kondisi terlalu kelelahan.

6. Terjadinya Masalah Flap

Masalah flap dikenal juga dengan komplikasi yang terjadi pada seseorang setelah melakukan operasi mata Lasik. Biasanya komplikasi ini bisa berupa air mata berlebih yang dihasilkan mata, infeksi pada mata hingga peradangan pada mata. Bahkan pada beberapa kasus, semua komplikasi tersebut bisa terjadi secara bersamaan. Sesuatu yang pastinya sangat menggangu dan membuat Anda tidak bisa menjalani aktivitas sehari-hari. Biasanya untuk mengurangi efek ini, disarankan untuk menggunakan obat tetes mata atau obat mata yang herbal. Hal ini digunakan untuk mengurangi gejala hingga membuat masalah tersebut menjadi tidak semakin parah.

7. Lebam yang Ada di Sekitar Mata

Efek samping terakhir yang bakal mungkin dirasakan adalah terjadinya lebam di sekitar mata. Biasanya lebam ini mulai dirasakan dengan mata yang mulai gampang lelah dan mata yang mulai mudah untuk kering. Hingga kemudian pada akhirnya, mulai muncul lebam tidak terduga pada mata. Lebam ini sendiri bisanya berbentuk ruam merah pada area di daerah sekitar mata. Tidak berhenti sampai di situ saja, lebam ini juga bisanya dibarengi dengan rasa gatal yang terjadi di area sekitar mata. Kondisi ini sendiri biasanya terjadi beberapa waktu setelah Anda melakukan operasi lasik di sekitar mata. Terutama bagi Anda yang tergolong memiliki mata yang sensitif. Risiko terjadinya lebam di sekitar mata maka akan menjadi lebih besar lagi daripada mereka yang memiliki kondisi mata normal.

Setelah mengetahui berbagai seluk beluk tentang operasi lasik mata termasuk efek samping jangka panjangnya yang mungkin terjadi maka pilihan berada di tangan Anda. Apakah ingin melakukan operasi lasik tersebut atau mencoba cara yang lain. Meski begitu, operasi lasik mata memang tidak bisa dipungkiri tengah menjadi favorit banyak orang untuk menyembuhkan masalah pada mata mereka. Apalagi seperti yang diketahui melakukan operasi lasik ini tidak membutuhkan waktu yang lama dan juga tidak perlu melakukan operasi yang merepotkan. Hal tersebutlah yang membuat banyak orang ingin melakukan operasi Lasik ini untuk menyembuhkan masalah pada mata mereka.

, ,