Sponsors Link

4 Efek Samping Operasi Katarak

Sponsors Link

Katarak adalah penyakit yang biasanya dikaitkan dengan usia karena memang kebanyakan orang yang menderita katarak adalah mereka yang sudah lanjut usia. Namun sebenarnya tidak hanya orang tua saja, anak kecil bahkan ciri-ciri katarak pada bayi  baru lahir pun bisa saja terserang katarak dan menajdi penyebab kebutaan mata. Mengatasi katarak biasanya akan dilakukan dengan cara operasi, tapi ada efe samping setelah melakukan operasinya. Berikut adalah efek samping operasi katarak yang perlu Anda ketahui.

ads
  • Mengalami infeksi dan juga pendarahan

Terjadi infeksi pasca melakukan operasi katarak sebenarnya bukan merupakan hal umum yang terjadi. Karena kemungkinan penyebab dari terjadinya infeksi merupakan salah satu kelalaian saat sedang dalam proses sterilisasi alat. Area mata merupakan area yang sangatlah sensitif sehingga jika ada alat yang masuk kedalam mata maka harus benar-benar dalam keadaan steril.

Begitupun dengan adanya pendarahan, hal ini bisa saja terjadi karena disebabkan adanya kesalahan ketikan penempatan iris di kornea mata. Namun jika hal ini bisa dihindari oleh para dokter ahli yang menanganinya maka Anda akan terhindar dari resiko ini.

  • Mengalami kondisi glaucoma

Glaukoma merupakan salah satu jenis penyakit mata yang menyebabkan adanya gangguan pada penglihatan. Penyebab dari gangguan ini adalah kerusakan pada bagian optic mata. Potensi seseorang untuk terserang glaukoma juga bisa terjadi pada seseorang yang baru saja melakukan operasi katarak.

Hal ini disebabkan karena sebagian cairan yang digunakan saat melakukan operasi tidak dapat melewati proses yang alami. Akibatnya akan membuat sejumlah tekanan di dalam mata. Rasa nyeri di dalam mata akan tiba-tiba muncul selama adanya tekanan tersebut.

  • Ablasio Retina Mata

Dampak negatif selanjutnya yang juga merupakan efek dari operasi katarak adalah ablasio retina pada mata. Bahkan bagi mereka yang baru saja menjalani operasi laser resiko ini bisa saja terjadi. Ablasio retina merupakan salah satu kelainan yang terjadi pada mata dan biasanya ditandai dengan lepasnya retina sensori dari bagian epitel pigmen retinanya.

Jika kondisi ini tidak segera mendapatkan penanganan serius bisa saja potensi kebutaan akan sangat besar. Ablasio retina memang harus sangat Anda waspadai oleh mereka yang baru saja melakukan operasi katarak. Hindarilah mengkonsumsi  makanan yang dilarang untuk penderita katarak.

  • Munculnya sindrom pasca operasi

Beberapa kejadian mungkin kerap kali dialami oleh meraka yang baru saja melakukan operasi katarak. Seperti muncul rasa ketidaknyamanan ketika akan beraktivitas. Setelah menjalani proses operasi katarak sebaiknya pasie harus dibatasi aktivitasnya terutama jika memang berhubungan dengan pencahayaan. Karena penglihatannya masih sangat sensitif.

Sponsors Link

Hal lain yang bisa juga dialami oleh penderita katarak adalah munculnya rasa nyeri yang tiba-tiba dan tidak bisa mereda hanya dengan obat-obatan saja. Bahkan penglihatan bisa saja tiba-tiba memburuk atau keluarnya cairan dari dalam mata dengan sangat berlebihan. Namun efek terbut biasanya hanya akan muncul untuk sementara waktu saja dan akan menghilang selam proses penyembuhannya berlangsung.

Itulah efek samping operasi katarak yang mungkin saja bisa Anda alami. Sebaiknya Anda juga sangat bersabar terhadap serangan sindrom pasca operasi karena hal tersebut cukup umum terjadi pada orang-orang. Untuk pencegahan katarak sejak dini akan lebih baik Anda mengkonsumsi makanan untuk menjaga kesehatan mata guna menjaga agar terhindar dari resiko katarak. Anda juga sebaiknya memberikan perlindungan pada mata saat sedang berada di luar ruangan dan terpapar sinar matahari. Misalnya saja dengan penggunaan kacamata agar matahari tidak langsung masuk ke dalam mata.

, ,