Sponsors Link

Entropion : Penyebab – Gejala – Pengobatan

Sponsors Link

Bagian-bagian mata dan fungsinya menjadi hal yang sangat penting untuk semua orang. Ini karena mata menjadi indra penglihat yang fungsinya tidak bisa digantikan atau dialihkan. Selama ini semua orang selalu menjaga kesehatan mata dan fokus pada kesehatan mata bagian dalam misalnya kornea, lensa, makula, retina dan bagian yang lain.

ads

Namun ternyata bagian luar mata juga penting misalnya bulu mata. Bulu mata akan melindungi mata agar tidak dimasuki benda asing dan partikel kecil. Selama ini bagi beberapa wanita juga menganggap bahwa bulu mata menjadi aksen kecantikan. Semakin tebal bulu mata maka akan terlihat semakin cantik. Hanya saja ternyata ada sebuah penyakit yang menyebabkan gangguan pada bulu mata. Kondisi entropion adalah masalah yang akan membuat bulu mata tumbuh secara tidak wajar. Agar Anda tidak penasaran maka akan kami jelaskan dibawah ini mengenai entropion dengan penyebab, gejala dan pengobatan yang lengkap.

Entropion adalah sebuah kondisi yang menyebabkan bulu mata tumbuh ke dalam terutama mengarah pada bola mata. Kondisi ini paling sering terjadi karena adanya bagian kelopak mata yang berlipat dan paling umum pada bagian bulu mata bawah. Hal ini juga menjadi salah satu dari kelainan pada kelopak mata yang harus diperhatikan. Pada tahap awal biasanya penderita tidak terlalu memperhatikan namun setelah merasa nyeri, iritasi dan gatal pada bagian dalam mata maka baru menyadari. Kondisi ini sebenarnya tidak boleh diabaikan karena semakin sering bola mata tertusuk oleh bulu mata maka risiko kebutaan juga akan lebih tinggi.

Penyebab

1. Infeksi pada bagian mata

Berbagai macam penyakit mata yang disebabkan oleh bakteri ternyata bisa menyebabkan kondisi yang sangat berbahaya. Salah satunya adalah infeksi mata yang menyebabkan luka pada bagian kelopak mata dan infeksi berkembang ke bagian dalam sampai menyebabkan entropion. Terkadang infeksi ini tidak diperhatikan sehingga pertumbuhan bulu mata ke dalam terus menerus terjadi.

2. Otot mata yang lemah pengaruh usia

Ternyata semakin tua usia maka otot mata juga menjadi lemah. Tendon-tendon di sekitar mata mulai menarik lebih dalam sehingga secara alami bulu mata tumbuh ke dalam. Kondisi ini menjadi hal yang sangat wajar namun tetap jika menderita entropion harus diobati.

3. Iritasi atau peradangan

Terjadinya iritasi atau peradangan juga menjadi salah satu penyebab bulu mata masuk ke dalam. Peradangan akan menyebabkan mata menjadi lebih kering, kemudian secara reflek penderita akan menggosok mata atau menutup mata dengan keras agar nyaman. Hal ini ternyata bisa menyebabkan otot pada kelopak mata menjadi lebih kaku, sehingga pada bagian tepi kelopak mata akan masuk ke dalam. Kondisi ini juga sangat umum terjadi pada blefaritis.

4. Pernah terluka

Ketika terjadi luka pada kelopak mata juga akan menyebabkan masalah entropion. Kondisi ini bisa diawali setelah melakukan operasi, mata secara tidak sengaja terkena bahan kimia, cedera misalnya pukulan dan trauma juga riwayat bedah kecantikan misalnya operasi kelopak mata.

5. Infeksi trakoma

Infeksi trakoma ternyata juga sangat berbahaya karena bisa menyebabkan entropion. Kondisi ini disebabkan oleh tumbuhnya jaringan parut pada bagian dalam dari kelopak mata. Kemudian akhirnya kelopak mata cenderung lebih masuk ke dalam yang diikuti oleh pertumbuhan bulu mata. Ini kondisi yang berbahaya karena bisa memicu penyebab kebutaan mata.

Sponsors Link

6. Penyakit ocular cicatricial pemphigoid

Penyakit ini yang akan membuat peradangan pada mata terjadi terlalu sering. Penyakit ini juga termasuk penyakit autoimun sehingga perawatan lanjutan sangat diperlukan.

Gejala

  1. Mata menjadi lebih merah karena terkena bulu mata terus menerus.
  2. Mata menjadi tidak nyaman karena terasa ada yang terus mengganjal pada bagian dalam mata.
  3. Mata lebih sering mengeluarkan cairan dan kotoran mata namun terasa tidak normal.
  4. Mata menjadi lebih gatal dari biasanya.
  5. Ada bagian kulit pada kelopak mata yang terus mengeras.
  6. Kualitas penglihatan terus menurun dari waktu ke waktu.
  7. Gejala yang lebih parah akan menyebabkan penderita merasa mata sakit terus menerus, mata sering menjadi merah sendiri tanpa gejala, penglihatan ganda atau kabur dan menjadi sangat sensitif terhadap cahaya.

Kondisi kelopak mata yang terus masuk ke dalam bisa menjadi tanda yang sangat jelas dan mudah terlihat. Dokter akan melakukan pemeriksaan dengan pengamatan pada mata. Kemudian dokter akan melihat dan memeriksa faktor risiko yang menyebabkan entropion. Termasuk jika pasien pernah mengalami kecelakaan atau operasi. Pemeriksaan dengan pengambilan sampel jaringan dibawah kelopak mata cukup jarang dilakukan.

Sponsors Link

Pengobatan

1. Prosedur operasi atau bedah

Tindakan operasi akan dilakukan dokter untuk bisa mengembalikan kondisi kelopak mata menjadi normal. Tindakan operasi ini juga dilakukan berdasarkan penyebab entropion misalnya untuk mengencangkan otot mata, untuk mengangkat kelopak mata dan tindakan yang lain. Operasi sepenuhnya dilakukan dengan memberikan obat bius. Namun tindakan operasi bisa menyebabkan beberapa efek samping seperti bengkak di sekitar mata. Jadi setelah operasi maka disarankan untuk mengompres dingin menggunakan kain yang lembut.

2. Tanpa operasi

  • Disarankan untuk menggunakan lensa kontak yang lembut agar kornea mata tidak tergores oleh bulu mata yang masuk ke dalam.
  • Pemberian obat tetes mata atau salep yang bisa mengatasi gatal, nyeri dan tidak nyaman.
  • Pemberian suntikan botox yang untuk membantu otot mata yang lemah agar kuat lagi.
  • Menggunakan pelindung mata khusus jika pernah mengalami kecelakaan.
  • Komplikasi Entropion

Ternyata entropion bisa menyebabkan masalah yang sangat berbahaya untuk mata, terutama jika tidak dirawat dengan baik. Berbagai kondisi bisa terjadi dengan cepat seperti:

  1. Terjadinya infeksi mata yang menyebabkan kondisi tidak nyaman.
  2. Munculnya ulkus kornea atau luka pada kornea yang bisa sangat berbahaya untuk kornea mata.
  3. Terjadinya kebutaan permanan karena lensa dan kornea mata yang terus menerus tertusuk oleh bulu mata.

Itulah semua ulasan mengenai entropion dengan penyebab, gejala dan pengobatan. Karena kondisi yang awalnya biasa ini bisa menjadi sangat berat maka segera pergi ke dokter jika merasakan beberapa gejalanya.

, , ,



Oleh :