Sponsors Link

Episkleritis : Penyebab – Gejala – Pengobatan – Pencegahan

Sponsors Link

Mata adalah salah satu panca indera yang sangat penting peranannya dalam menjalani kehidupan manusia, mata dapat membuat manusia merasakan dan menikmati semua keindahan yang tercipta yang dilukiskan tuhan dengan sangat luar biasa. Kesehatan terhadap mata menjadi hal yang amat penting dan untuk mencegah semua ancaman terhadap kesehatan mata perlu dilakukan dengan sebuah rutinitas. Mengkonsumsi makanan yang memiliki banyak kandungan vitamin yang tentunya berguna bagi kesehatan mata.

ads

Kegiatan sehari-hari secara tak sadar menjadi salah satu faktor penyebab mata mengalami kelelahan dan aktivitas-aktivitas yang dapat membuat mata lelah seperti membaca buku sambil tiduran, menonton tv dengan jarak yang sangat dekat serta lama, membaca di kendaraan seperti di dalam mobil, menggunakan komputer secara lama, menggunakan hp secara lama, cahaya matahari yang terlalu menyengat di siang hari dan menyetir mobil pada malam hari. Untuk menjaga kesehatan mata banyak sekali makanan yang yang dapat membantu untuk selalu menjaga kesehatan mata diantaranya adalah wortel, tomat, telur, coklat hitam dan sayur bayam.

Untuk selalu fokus saat bekerja di kantor memang memerlukan kondisi fisik yang prima apalagi yang bekerja di depan komputer akan selalu membuat mata menjadi lelah dan fokus pun berkurang, karena menggunakan komputer dengan waktu yang sangat lama memang sangatlah merusak kesehatan mata maka tak heran seorang pekerja memerlukan pola hidup baik untuk mencegah kerusakan pada mata. Kerusakan pada mata bisa dicegah dengan selalu banyak minum air putih dan kurangilah kegiatan merokok karena merokok dapat membuat kondisi mata jadi jelek selain itu merokok juga dapat menyebabkan timbulnya penyakit berbahaya yang sangat berbahaya bagi tubuh.

Setiap penderita sakit mata biasanya tidak bisa beraktivitas secara baik karena terganggunya penglihatan dan salah satu hal yang hilang adalah fokus kerja yang pastinya akan sangat menurun. Saat kerja mata akan terlihat selalu lemas dan tak bergairah bahkan tak sedikit orang yang mengalami kondisi mata yang selalu berair. Langkah pertama yang biasanya dilakukan seseorang saat mengalami sakit mata adalah dengan meneteskan obat tetes mata yang biasanya disediakan di apotik bahkan warung-warung kecil.

Efek perih yang dihasilkan oleh obat tetes mata terkadang membuat seseorang menangis dan kondisi mata memerah, namun bila kondisi matanya tidak terlalu parah maka mata pun akan sembuh dengan obat tetes tapi bila parah bukan malah sembuh tapi justru akan menambah parah kondisi mata. Salah satu peradangan yang sering terjadi pada mata adalah jenis penyakit mata  Episkleritis.

Episkleritis adalah sebuah kondisi dimana mata mengalami peradangan yang terjadi di antara jaringan sklera dan jaringan konjungtiva yang terdapat pada mata. Sklera adalah bagian dari bola mata yang berwarna putih dan konjungtiva adalah sebuah lapisan yang menutupi bola mata yang berwarna putih. Peradangan yang terjadi akan menyebabkan beberapa penyakit pada mata seperti terjadinya iritasi yang menyebabkan mata menjadi berwarna merah serta akan dirasa tidak nyaman. Secara umum Episkleritis tergolong sebuah peradangan pada mata yang sifatnya tidak terlalu berbahaya tapi akan membuat ketidaknyamanan yang lumayan besar.   

Gejala Episkleritis

Gejala peradangan ini biasanya muncul secara tiba-tiba dan dalam waktu yang cepat yang biasanya diawali dengan kondisi mata yang memerah serta kondisi mata merah bisa terjadi pada satu mata atau pada 2 mata sekaligus. ada 2 jenis Episkleritis yang ada yaitu episkleritis sederhana dan nodular. Episkleritis sederhana merupakan jenis peradangan pada mata yang sering terjadi yang terlihat dari kondisi mata yang berwarna merah dari satu mata bahkan 2 mata sekaligus yang dapat menyebabkan sebuah ketidaknyamanan pada mata.

Sedangkan Episkleritis nodular merupakan suatu keadaan dimana adanya benjolan yang meradang di sekeliling pembuluh darah yang tersebar di area mata, biasanya Episkleritis nodular terjadi pada satu mata saja tapi efek tidak nyamannya sangat besar melebihi efek tidak nyaman episkleritis sederhana. Gejala lain yang sering timbul terhadap seseorang yang terkena Episkleritis adalah mata yang rasanya sangat lunak serta terus berair, mata sangat sensitif terhadap cahaya yang terang,  mata berbayang bintik hitam, terasa adanya pasir pada mata, mata terasa panas dan kadang mata yang berwarna putih menjadi terlihat berwarna biru atau ungu. Anda tidak perlu khawatir, Episkleritis juga bukan merupakan  penyakit mata yang menular

Penyebab Episkleritis

salah satu penyebab utama dari Episkleritis adalah adanya peradangan yang terjadi pada klera dan konjungtiva, awal mulanya berasal dari pembuluh dasar yang kecil dan lama kelamaan menjalar ke bagian permukaan mata. Namun sampai saat ini belum ada yang mengetahui penyebab utama dari timbulnya penyakit ini. Seseorang yang mengalami peradangan ini cenderung menderita penyakit peradangan jenis lainnya seperti lupus, rheumatoid arthritis dan penyakit Crohn.  

Sponsors Link

Pengobatan Episkleritis

Dari kebanyakan kasus yang terjadi Episkleritis tidak memerlukan obat dari segi pengobatannya karena sering sembuh sendiri terutama apabila gejala yang dialami tergolong ringan dan ada beberapa cara untuk yang bisa dilakukan di rumah untuk mengobatinya seperti melakukan kompres terhadap mata dengan kain basah, menggunakan obat tetes mata, menggunakan kacamata yang bisa melindungi mata dari debu dan cahaya yang sangat terang dan salep bisa digunakan untuk menghindari rasa tidak nyaman pada mata. Peradangan ini biasanya sembuh dengan sendirinya dalam waktu 7 sampai 10 hari walau ada beberapa kasus episkleritis nodular yang memerlukan waktu lebih lama dalam segi penyembuhannya.

Apabila kondisi mata masih tak kunjung pulih dalam waktu satu bulan maka segeralah periksakan kondisi mata ke dokter agar bisa segera ada penangganan medis. Dokter akan memiliki obat bahkan solusi terbaik demi kesembuhan peradangan pada mata. Adanya sebuah komplikasi memang sering terjadi dalam kasus peradangan pada mata, setelah sembuh dan beberapa bulan kemudian timbul lagi hal ini harus segera diperiksakan pada dokter. Episkleritis tidak akan sembuh dalam waktu yang lama tapi hal yang paling bahaya adalah apabila adanya komplikasi dengan peredangan lainnya.

Saat pengobatan yang dilakukan ke dokter ahli tentu langkah yang akan diambil adalah dokter akan memeriksa fisik pasien dan dokter akan memeriksa warna mata fasien apakah berwarna merah atau biru keunguan, kemudian pemeriksaan akan dilakukan dengan menggunakan alat lampu celah(slit lamp) dan sebelumnya biasanya dokter akan memberikan tetes mata agar kondisi pupil mata menjadi lebih lebar sehingga kondisi yang tak normal pada mata akan terlihat sangat jelas.    

Pencegahan Episkleritis

Lakukanlan pola hidup sehat dan periksalah secara rutin mengenai kesehatan mata, apabila terjadi peradangan pada mata janganlah panik dan bersikap tenanglah karena kepanikan akan menimbulkan keadaan yang memperparah kesehatan mata, tapi lebih baik bila dilakukan perawatan secara rutin oleh dokter ahli. Penanganan yang dilakukan oleh dokter ahli merupakan penanganan penyakit yang paling baik karena dokter tentunya memiliki wewenang untuk  melakukan perawatan dan pencegahan penyakit pada mata.

Sponsors Link

Selalu memeriksakan kondisi mata pada dokter ahli dan lakukanlah perawatan secara rutin minimal satu bulan sekali. Janganlah membiarkan kondisi mata yang lelah untuk terus bekerja, biasanya saat kondisi mata lelah seseorang cenderung mengantuk dan tidur adalah salah satu solusi terbaik untuk selalu membuat mata tetap sehat.

Mengurangi penggunaan hp adalah salah satu cara untuk mencegah mata agar tetap sehat dan tidak terkena suatu kerusakan serta peradangan. Hp memang alat elektronik yang kini sangat banyak disukai masyarakat Indonesia, hal ini dikarenakan fungsi dan fasilitas yang disediakan hp sangatlah banyak dan sangatlah berkembang dari waktu ke waktu. Dulu hp digunakan sebagai alat komunikasi baik secara telpon maupun secara pesan namun kini hp memiliki banyak sekali kelebihan selain sebagai alat komunikasi kini hp dijadikan alat untuk mencari informasi di seluruh dunia melalui layanan internet yang disediakan sebuah hp.

Lakukanlah pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari agar tidak terkena kerusakan pada mata dan tips terbaik yang harus dilakukan adalah kurangi kerja di depan komputer terlalu lama, kurangi main games di hp dan komputer, kurangi menonton tv secara lama, pola makan teratur dan selalu minum air putih setiap hari.

Itulah ulasan lengkap mengenai gejala, penyebab, pengobatan dan langkah pencegahan terhadap peradangan pada mata atau Episkleritis. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai referensi terbaik untuk mencari informasi dan mencari cara pencegahan terbaik terhadap peradangan yang menyerang organ mata. Untuk menunjang kesehatan mata, jangan lupa mengkonsumsi makanan untuk menjaga kesehatan agar mata Anda bisa sehat setiap saat.

, , ,