Sponsors Link

Floaters Pada Mata Berbahayakah?

Sponsors Link

Ada berbagai macam jenis penyakit mata yang bisa membahayakan bisa juga tidak, salah satunya adalah floaters yang merupakan kondisi mata berbayang bintik hitam, abu atau adanya penghalang seperti tirai yang menghalangi penglihatan. Para penderita kondisi ini juga kerap kali merasakan panas dan mata yang terasa buram bahkan silau bila terkena sengatan cahaya matahari atau cahaya lampu. Lantas, apakah floaters pada mata berbahayakah? Anda yang sedang mengalami kondisi ini tentunya harus mengetahui apa yang akan menjadi resiko dari kondisi tersebut bila sudah memasuki tahap yang cukup parah dan mengganggu.

ads

Penyebab Floaters

Kondisi floaters sendiri biasanya disebabkan karena adanya peradangan yang terjadi di bagian belakang mata, robeknya retina, pendarahan pada mata serta perubahan pada fungsi serta kinerja mata yang berhubungan dengan usia. Anda mungkin sangat khawatir dengan penyakit ini apakah bisa menjadi penyebab kebutaan mata atau tidak, karena bila memang bisa tentu saja Anda harus segera melakukan penanganan yang tepat.

Resiko Floaters Pada Mata

Sebuah studi yang sudah pernah dipublikasikan melalui Ophtalmology yang menunjukan bahwa orang-orang yang mengalami kondisi floaters pada mata secara tiba-tiba, 39% diantaranya akan mempunyai posterior vitreous dan juga 8,9% diantaranya juga mempunyai resiko retina robek.

Sementara itu dalam penelitian lain juga telah menunjukan, bahwa setidaknya ada sampai 50% mereka yang mengalami air mata retina akan mengembangkan kondisinya menjadi ablasio retina atau retina mata yang rusak sehingga bisa mengakibatkan kehilangan penglihatan mata secara signifikan.

Pada dasarnya floaters sendiri tidak akan terlalu membahayakan dan bukan penyakit mata yang menular bila penyebabnya memang sudah diketahui dengan pasti. Namun, kondisi floaters dapat dikatakan sangat membahayakan bila penderita mengalami kondisi gelap pada bagian sisi penglihatannya sampai muncul bintik lain dan jumlah bintik tersebut semakin hari semakin banyak dibandingkan dengan jumlah sebelumnya.

Namun memang secara umum untuk kondisi ringan floaters juga tidak akan mengakibatkan kebutaan pada mata. Hanya saja tidak akan menutup kemungkinan bila penderita juga bisa mengalami kebutaan karena kondisi ini.

Kehilangan penglihatan atau kebutaan yang dialami oleh para penderita floaters bisa jadi jika floaters menjadi salah satu gejala awal dari kondisi penyakit mata yang sangat serius, misalnya saja seperti kondisi katarak, retina dan juga berbagai macam jenis penyakit mata membahayakan lainnya yang memang akan mengarah pada resiko kebutaan.

Seseorang yang memang sudah lama mengalami kondisi floaters akibat penyebab yang pasti biasanya akan mengalami penglihatan yang sedikit terasa terhalang karena adanya titik hitam, namun kondisi tersebut kerap kali menjadi biasa saja sebab penderita sudah mengalaminya sejak lama. Namun tentunya bila terjadi secara mendadak, bahkan tanpa diketahui apa penyebabnya sebaiknya Anda segera memeriksakan kondisi mata pada dokter agar tidak mendapatkan resiko yang sangat membahayakan.

Sponsors Link

Pengaruh usia juga bisa menjadi penyebab mengalami Anda mengalami kondisi floaters secara mendadak, biasanya orang yang sudah berusia lanjut dari 50 sampai 75 tahun yang akan mengalami floaters (bila dikaitkan dengan usia).

Oleh sebab itulah, sebaiknya sejak dini Anda sudah bisa menjaga kesehatan mata, misalnya saja dengan sering mengkonsumsi makanan untuk menjaga kesehatan agar bisa memastikan bahwa mata Anda sangat terjaga dengan dukungan nutrisi penting dari luar tubuh. Karena bagaimanapun juga bila kesehatan tidak Anda jaga, itu malah akan menyebabkan kondisi yang mengganggu di masa yang akan datang.

, ,