Sponsors Link

5 Fungsi Kacamata Minus dan Bahaya Tidak Menggunakannya

Sponsors Link

Kacamata memang sangat membantu untuk mereka yang memiliki gangguan pada penglihatannya. Namun ada saja beberapa orang yang memiliki mana minus yaitu salah satu dari jenis- jenis penyakit mata  yang tidak mau menggunakan kacamata. Lalu sebenarnya apa fungsi kacamata minus dan bahaya tidak menggunakannya? Berikut ulasannya.

ads

1. Kacamata minus membantu untuk melihat objek

Menggunakan kacamata minus akan sangat membantu untuk bisa melihat objek dengan jelas jika memang penggunanya adalah yang memiliki gangguan mata minus. Namun sayangnya tidak sedikit orang yang berfikir melepas kacamata bisa membantu untuk melatih mata agar bisa lebih fokus, sehingga mereka akan mulai menganggap bahwa dengan melepas kacamata bisa membantu untuk menurunkan mata minus dengan perlahan. Tapi tahukah Anda? Jika Anda berpikir demikian, maka Anda sudah sangat keliru. Sebab secara tidak langsung orang yang mempunyai mata minus haruslah dibantu dengan menggunakan kacamata agar bisa memfokuskan mata pada objek.

2. Agar mata tidak cepat lelah

Jika Anda memiliki mata minus kemudian tidak menggunakan kacamata sebagai salah satu alat pembantu untuk melihat, maka kemungkinan besar mata akan sangat cepat mengalami kondisi lelah. Mata yang mengalami kondisi sangat cepat lelah akan sangat rentan untuk terkena penyakit mata atau pun iritasi yang ringan. Karena pada umumnya mata yang lelah akan sangat gampang untuk terserang virus sehingga mata akan cepat sakit dan berwarna merah.

3. Mengatasi kondisi rabun jauh

Kebanyakan penderita yang memiliki kondisi mata rabun jauh adalah diderita oleh anak dengan usia muda, artinya mereka tidak bisa melihat sesuatu dari jarak jauh. Hal ini disebabkan karena adanya kondisi mata yang minus. Seseorang hanya bisa melihat sesuatu dengan jelas pada jarak yang tidak terlalu jauh. Saat seseorang memiliki penyakit rabun jauh maka mereka terkadang cukup merasa sangat tidak nyaman sebab membuat mereka tidak bisa teliti. Sehingga penggunaan kacamata akan sangat membantu untuk mengatasi adanya rabun jauh dan agar minus pada mata tidak semakin bertambah.

4. Mencegah sakit mata

Mata minus yang tidak pernah menggunakan kacamata biasanya akan sangat rentan untuk terkena virus dan juga akan membuat virus semakin lama semakin menyebar pada mata. Misalnya saja virus yang bisa mengakibatkan mata menjadi merah sehingga membuat orang tersebut terserang sakit mata. Jenis penyakit mata ini memang jika dilihat merupakan penyakit mata yang biasanya saja, namun akan sangat membuat seseorang merasa sangat tidak nyaman karena akan terus menerus mengeluarkan cairan dari dalam matanya. Selain itu juga ketika bangun tidur maka seseorang yang mengalami sakit mata akan semakin kesulitan membuka matanya karena terdapat kotoran mata yang semakin mengering. Sehingga secara tidak langsung penggunaan kacamata akan sangat membantu sekali untuk mencegah terjadinya sakit mata dan mencegah tingkatan mata minus.

Sponsors Link

5. Mencegah adanya kebutaan sejak dini

Kondisi kebutaan bisa saja terjadi pada anak-anak yang masih sangat kecil sudah menggunakan kacamata dengan lensa yang sangat tebal sehingga ada baiknya Anda mengetahui ciri-ciri mata minus pada anak. Lensa tebal yang biasa digunakan pada kacamata biasanya akan sangat melekan secara terus menerus pada mata. Sehingga jika dalam waktu jangka panjang lensa tersebut sengat di buka, maka mata akan dengan sendirinya untuk mencoba belajar fokus, namun sayangnya hal tersebut malah akan semakin membuat mata menjadi lelah. Sehingga mata yang mengalami kondisi lelah malah akan menjadi penyebab kebutaan mata sejak dini.

Itulah pembahasan mengenai 5 fungsi kacamata minus dan bahaya tidak menggunakannya yang perlu Anda ketahui agar mata bisa tetap dalam keadaan sehat meskipun mendapatkan bantuan karena menggunakan kacamata. Konsumsi makanan untuk menjaga kesehatan mata akan sangat baik jika dilakukan dengan rutin.

, ,