Sponsors Link

Fungsi Koroid Pada Mata dan Akibat Jika Mengalami Kerusakan

Sponsors Link

Koroid sebetulnya merupakan sebuah lapisan yang akan melapisi hampir semua bagian tepi bola mata dari mulai bagian depan sampai dengan bagian belakang. Posisinya berada pada bagian dalam sclera. Sedangkan ujung koroid ada dibagian depan mata yang tergabung di dalam struktur uvea.

ads

Ada 4 struktur atau lapisan pada koroid:

  • Lapisan haller yaitu bagian luar koroid yang mempunyai diameter pembuluh darah paling besar.
  • Lapisan sattler yaitu bagian lapisan yang mempunyai pembuluh darah menengah
  • Koriokapilaris merupakan bagian dari kapiler
  • Membran brunch yaitu bagian paling dalam pada lapisan koroid.

Fungsi Koroid

Fungsi dari koroid ada pada bagian retina dan juga sclera. Yaitu bagian posterior yang ada di saluran uveal dan juga merupakan bagian dari pembuluh darah jaringan serta aliran yang tinggi serta akan membantu untuk bisa menyiapkan makanan pada bagian belakang mata.

Ada juga sel pigmen yang berada di dalam koroid, manfaatnya adalah untuk bisa menyerap cahaya sehingga akan membantu Anda bisa mengurangi adanya cahaya berlebihan yang menyebabkan silau penglihatan. Lapisan pada koroid atau lapisan tengah nya ada di antara retina dan juga sclera dengan warna coklat yang kehitaman. Lapisan ini akan bermanfaat untuk memberikan nutrisi pada bagian luar retina. Sedangkan warna gelap pada koroid akan berfungsi untuk bisa mencegah terjadinya pemantulan cahaya. Lapisan yang sangat gelap ini akan bermanfaat untuk bisa mencegah adanya berkas cahaya yang akan dipantulkan pada sekeliling mata. Sederhananya fungsi dari koroid adalah sebagai penyedia makanan untuk bagian mata lainnya.

Akibat Kerusakan Koroid

Ada beberapajenis penyakit mata  yang berhubungan dengan koroid, misalnya saja melanoma koroid. Penyakit ini disebabkan karena adanya kerusakan pada bagian koroid tersebut. Melanoma merupakan sejenis kangker yang biasanya akan sangat cepat menyebar, penyabab dari melanoma adalah karena paparan sinar matahari yang terlalu berlebihan. Seorang yang mempunyai kulit sangat terang dan juga mata biru biasanya akan sangat beresiko untuk terserang resiko kangker ini.

Untuk stadium awal dari penyakit melanoma biasanya tidak akan mengakibatkan terjadinya gangguan pada penglihatan namun tumor bisa mengakibatkan ablasio retiana atau penyabab kebutaan mendadak. Gejala yang disebabkan karena penyakit ini diantaranya adalah mata yang merah dan terasa nyeri, perubahan warna pada bagian iris mata, mata yang agak menonjol, mata mengalami gangguan penglihatan, adanya luka kecil pada bagian iris atau bagian konjungtiva.

Seseorang akan mendapatkan diagnosa terkena melanoma koroid berdasarkan pada gejala serta hasil tes yang dilakukannya. Jika memang gejala sudah jelas, maka biasanya Anda akan sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan seperti MRI kepala, USG mata, atau CT scan tulang tengkorak dan juga usahakan agar Anda menghindari mata dari penyebab mata cepat lelah.

Sponsors Link

Lalu bagaimana pengobatannya? Untuk tomor dengan ukuran kecil biasanya bisa diatasi menggunakan laser atau dilakukan dengan terapi penyinaran. Jika ukurannya besar maka mata harus segera diangkat. Jika mata tidak segera diangkat makan akan terus menyebar pada bagian rongga mata dan organ lainnya lewat pembuluh darah. Tumor yang sudah menyebar dengan sangat cepat bahkan bisa mengakibatkan kematian.

Sehingga agar Anda tidak mengalami kerusakan pada koroid, sebaiknya ketika Anda banyak melakukan aktivitas diluar ruangan lindungilah mata menggunakan kacamata hitam, atau Anda juga bisa mengkonsumsiMakanan untuk menjaga kesehatan mata.

Fungsi koroid dan akibat jika mengalami kerusakan adalah hal yang sangat perlu Anda ketahui agar terhindar dari resiko penyakit yang sangat berbahaya, Anda juga bisa melakukan  cara menjaga kesehatan mata secara alami untuk menghindari resiko kerusakan pada koroid.

, ,