Sponsors Link

Fungsi Pupil Pada Mata dan Kelainannya

Sponsors Link

Pupil atau dinamakan juga anak mata merupaaan pembukaan yang ada di tengah mata bentuknya bundar dan berwarna hitam. Letak pupil ada di bagian belakang retina. Ukuran pupil akan dikendalikan oleh otot. Jika pupil membutuhkan banyak sekali cahaya maka pupil akan membesar, jika cahaya semakin terang maka pupil akan mengecil. Perubahan tersebut akan terjadi secara refleks.

ads

Fungsi Pupil Pada Mata

Sama halnya seperti fungsi sklera pada mata, pupil juga mempunyai fungsi penting untuk mata. Manfaat atau fungsi utama dari pupil mata pada manusia adalah untuk melakukan pengaturan pada cahaya yang masuk kedalam mata. Kondisi refleks yang sudah dijelaskan sebelumnya, yang menyebabkan pupil membesar dan mengecil merupakan kondisi normal pada pupil. Seorang dokter akan memeriksa pupil agar bisa memastikan normalnya fungsi neurologis seseorang.

Bagian otot dilator dan juga sfingter pada bagian iris akan membantu pengontrolan lebar pupil. Otot ini akan memperluas atau menyusutkan adanya bukaan. Cahaya yang masuk pupil, lewat lensa dan fokus pada belakang mata.

Ada juga pelindung pupil, yang bagian kornea yang berbentuk bening. Setelah cahaya menyentuh lensa,gambar fokus serta retina akan mengkonversikan cahaya menjadi sinyal listrik yang akan di hantarkan oleh otot dikarenakan saraf optic.

Pada beberapa kondisi akan mempengaruhi seberapa besar jumlahnya cahaya yang dikumpulkan oleh pupil. Sebuah abrasi yang terjadi pada kornea yaitu goresan yang terjadi pada bagian depan mata akan mengakibatkan adanya sensitivitas cahaya.

Kelainan Pada Pupil

Tidak hanya fungsi koroid pada mata yang mempunyai kelainan. Pupil juga mempunyai kondisi kelainan. Kedua pupil yang ada pada mata seharusnya memiliki ukuran yang sama dan bentuknya bundar, namun ada kondisi kelainan yang terjadi pada bagian pupil mata dan mengakibatkan ukuran pupil tidak sama dan bentuknya lonjong.

  • Anisocoria

Anisocoria adalah sebuah kelainan pada pupil dimana ukuran pupil yang kanan dan kiri akan berbeda. Kondisi ini bukan jenis penyakit mata  yang perlu diperhatikan, jika Anda memang terlahir dengan adanya kelainan ini atau ada juga anggota keluarga lainnya yang memang memiliki ukuran pupil berbeda. Namun, jika ternyata ukuran pupil matanya tiba-tiba jadi tidak sama dan juga tidak bisa dikembalikan pada ukuran sama, maka kemungkinan besar ini merupakan salah satu tanda dari penyakit mata, saraf, atau pembuluh darah.

  • Bentuk mata yang bentuk tidak bundar

Pupil mata manusia sudah dijelaskan sebelumnya bentuk pupil haruslah bundar. Namun, kadang ada juga pupil mata manusia yang tidak berbentuk bundar, namun persegi panjang, baik memanjang secara horizontal dan juga vertical atau bisa saja seperti bulan sabit. Pupil mata yang bentuknya tidak normal biasanya akan disebabkan karena kondisi cacat bawaan, sindrom, horner, trauma pada iris mata, terjadi peradangan pada bagian uvea mata, atau mengalami sakit yang sangat parah. Ada juga beberapa orang yang pernah mengalami operasi kelainan katarak dan menyebabkan pupil matanya tidak normal. Kondisi  penyakit mata hipermetropi juga merupakan akibat dari kelainan pada mata.

Sponsors Link

  • Pupil mata yang tidak akan bereaksi pada cahaya

Pupil mata seharusnya bereaksi pada cahaya, dengan ciri mengecil dan juga membesar. Namun ada kondisi kelainan yang terjadi pada pupil yang tidak bereaksi pada perubahan cahaya. Bila hanya pada satu pupil saja yang tidak bereaksi hal tersebut bisa saja disebabkan karena adanya benturan langsung pada wajah, cedera otak dan yang lainnya. Sedangkan jika ternyata kedua pupil mata tidak dapat merespon cahaya disebabkan karena adanya trauma dan pendarahan otak.

Fungsi pupil mata dan kelainannya merupakan hal yang sangat perlu Anda ketahui agar bisa menghindari jika terjadi kondisi kerusakan pada pupil. Untuk menjaga kesehatan mata dan pupil, mengkonsumsi Makanan untuk menjaga kesehatan mata sangatlah disarankan.

, , ,