Sponsors Link

Fungsi Sklera Pada Mata dan Kelainannya

Sponsors Link

Ada beberapa bagian pada mata dan fungsinya, misalnya saja fungsi koroid pada mata. Namun, informasi yang kali ini akan disampaikan adalah fungsi sclera pada mata, yang juga merupakan bagian penting dari mata.

ads

Sclera atau dinamakan juga selaput keras merupakan lapisan bagian luar mata yang warnanya putih, tembus cahaya, elastis, berserat dan juga mengandung kolagen. Pada mata manusia secara keseluruhan warna sclera akan berwarna putih dan juga kontras dengan iris yang mempunyai warna.

Fungsi Sklera Pada Mata

Di dalam usia perkembangan embrio perkembangan sclera ini terbentuk karena adanya puncak saraf. Untuk anak-anak pada umumnya mereka akan mempunyai sclera yang bentuknya tipis dan memilih warna biru pada bagian dasar pigmen. Sedangkan mereka yang sudah berusia lanjut biasanya akan mengalami penumpukan lemak pada bagian skleranya sehingga bisa membuat sclera menjadi terlihat menguning.

Lalu, apa fungsi dari sclera?

Sklera merupakan lapisan yang akan sangat bermanfaat untuk bisa melindungi bagian dari bola mata. Sehingga akan membantu untuk mencegah dari serangan kerusakan secara mekanis dan juga menjadi salah satu tempat melekatnya otot mata.

Kelainan Sklera

Tahukah Anda? Sama halnya dengan bagian tubuh pada umumnya, sclera juga bisa mengalami kondisi kelainan.

Kelainan skelera karena faktor genetic:

  • Terjadinya ectasia atau kondisi penipisan serta penonjolan pada bagian sclera
  • Sklera koloborma yaitu jaringan hilang yang akan menyebabkan adanya bentukan gembung pada bagian sclera
  • Melanosis yaitu kelebihan deposit atau pigmen pada bagian permukaan sclera yang akan menjadi radang dan membuat sangat tidak nyaman.

Kondisi ectasia biasanya akan terjadi karena efek samping dari trauma atau kondisi peradangan yang terjadi pada mata atau dipicu oleh  penyakit mata hipermetropi .

Selain itu, Anda juga perlu tahu bahwa sclera terdiri dari 3 lapisan yaitu episklera atau jaringan ikat longgar yang letaknya ada di bagian bawah konjungtiva, sclera pada bagian putih dan juga lamina fusca yang terdiri dari serat elastis dan ada dibagian dalam.

Tiap lapisan tersebut sangat beresiko untuk mengalami kondisi kelainan misalnya saja karena jenis penyakit mata peradangan atau dinamakan juga dengan istilah skleritis. Kondisi ini terdiri 2 jenis, yaitu skleritis posterior atau kondisi peradangan yang terjadi pada bagian belakang bola mata, kemudian yang kedua adalah sclera anterior yaitu kondisi perangan pada bagian sclera depan bola mata.

Sponsors Link

Pada umum nya kondisi peradangan yang terjadi di bagian sclera akan sangat rawan untuk dialami wanita dengan rentan usia 40 sampai 50 tahun. Jika ternyata penderita mempunyai kondisi autoimun atau penyakit yang akan berhubungan dengan bagian jaringan ikat maka resiko untuk terkena skleritis akan semakin meningkat.

Kemudian untuk penanganan kondisi skleritis juga akan sangat tergantung pada seberapa parah kondisinya serta apa yang menjadi penyebabnya. Biasanya dokter akan sangat menyarankan Anda untuk mengkonsumsi obat anti inflamasi agar bisa mengurangi adanya rasa nyeri dan juga peradangan yang ada di bagian sclera.

Walaupun kondisi peradangan yang terjadi pada sclera ini dianggap sangat jarang terjadi, namun tahukah Anda efeknya bisa sangat mengancam pada penglihatan. Lapisan pada bagian sclera sangat beresiko mengalami kondisi penipisan, sobek atau bisa juga berlubang. Peradangan juga bisa saja merobek bagian kornea sehingga akan memicu terjadinya kebutaan mendadak.

Itulah pembahasan mengenai fungsi sclera pada mata dan kelainan nya, informasi ini dinilai sangat penting untuk Anda agar bisa lebih menjaga dan memperhatikan kesehatan mata. Sebaiknya Anda mengkonsumsi Makanan untuk menjaga kesehatan mata agar mata tetap dalam keadaan sehat dan terhindar dari kondisi kelainan apapun.

, ,