Sponsors Link

4 Gejala Mata Plus dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Mata plus atau disebut juga rabun merupakan jenis penyakit mata   yang akan menyebabkan penderitanya tidak bisa melihat objek dengan benar atau jelas, sehingga mereka akan melihat objek dengan buram. Namun saat melihat benda jauh justru mereka dapat melihatnya dengan jelas.

ads

Kondisi rabun dekat, mata plus atau hipermetropia juga kerap kali dikaitkan dengan masalah pada pembiasaan. Mata yang mengalami gangguan hipermetropia maka cahaya yang harusnya bisa dipantulkan tepat pada bagian retina atau lapisan mata yang sangat sensitive pada cahaya malah dipantulkan tepat di bagian belakang retina. Akibatnya kondisi penglihatan untuk jarak dekat malah menjadi kabur dan mata pun mudah sekali lelah. Berikut adalah pembahasan mengenai gejala mata plus dan cara mengatasinya.

Gejala Mata Plus

Kondisi mata plus juga tidak serta merta akan timbul dengan sendirinya, ada beberapa gejala yang mengindikasikan penderita mengalami kondisi mata plus, berikut adalah gejalanya:

  • Fokus terhadap objek dekat akan buram

Mereka yang mengalami kondisi mata plus, pertama-tama akan mendapatkan gejala dengan kefokuskan mata melihat objek. Saat mereka melihat objek yang jauh, maka penglihatannya akan sangat jelas, namun kebalikannya saat mereka coba melihat objek dekat mereka tidak dapat melihat objek dengan jelas, malah akan terlihat sangat buram.

  • Mata mudah lelah

Penderira mata plush juga biasanya akan memiliki gejala mata yang mudah lelah saat selesai melihat objek dengan jarak dekat. Bahkan kerap kali mata mereka terasa panas, penyebab iritasi mata merah dan juga gatal setelah melihat objek.

  • Sulit membaca

Karena sulitnya melihat objek jarak dekat, penderita juga akan sangat kesulitan saat harus membaca buku. Bahkan mereka harus mengerlingan mata agar bisa melihat objek dengan sangat jelas. Mata plus tidak akan menjadi  penyebab kebutaan mata jadi Anda tidak perlu khawatir.

  • Sakit kepala

Sakit kepala juga akan dirasakan oleh penderita mata plus. Mereka akan merasakan sakit pada kelapa pasca mencoba focus pada objek yang ingin dilihatnya.

Cara Mengatasi Mata Plus

Untuk bisa mengatasi mata plus, ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

  • Penggunaan kacamata

Kacamata yang akan digunakan untuk mengatasi keluhan mata plus atau rabun dekat adalah yang mempunyai lensa dengan ujungnya yang lebih tebal dibanding bagian tengah, atau dinamakan juga dengan sebutan lensa cembung. Lensa ini akan membuat Anda membantu focus dengan akuratuntuk melihat objek, kacamata akan membantu sinar cahaya jatuh tepat di atas retina.

Pada tingkat keparahan mata plus tertentu akan mempengaruhi juga pada ketebalan, lengkungan lensa, serta berat nya. Biasanya seiring bertambah usia bagian lensa mata akan semakin kaki sehingga penderita harus menggunakan kacamata yang kuat. Sebaiknya Anda juga mengkonsumsi makanan untuk menjaga kesehatan mata untuk membantu menyehatkan penglihatan.

Sponsors Link

  • Penggunaan lensa kontak

Selain menggunakan kacamata, penderita juga bisa menggunakan lensa kontak. Fungsinya juga sama dengan kacamata, hanya saja penggunaan lensa kontak lebih diminati karena ringan dan tidak terlihat. Sebelum Anda ingin memutuskan penggunaan lensa kontak ada baiknya konsultasikan lebih dulu ke dokter. Sebab tidak semua kondisi mata cocok menggunakan lensa.

  • Melakukan operasi

Selanjutnya adalah mengatasi dengan cara operasi. Operasi yang biasanya akan dilakukan untuk mengatasi mata plus atau rabun dekat adalah dengan melakukan operasi laser. Tujuannya untuk meningkatkan lengkungan pada kornea agar cahaya bisa lebih focus pada retina. Namun operasi laser cukup mempunyai resiko, yaitu kerusakan serta infeksi. Untuk melakukan operasi laser biasanya membutuhkan waktu selama 1 jam.

Itulah pembahasan mengenai gejala mata plus dan cara mengatasinya. Pada umumnya, mata plus akan sangat beresiko menyerang orang tua, namun penyebab mata plus di usia muda pun tidak sedikit yang mendapatkannya.

, ,