Sponsors Link

Gentamicin Salep Mata : Fungsi, Penggunaan – Efek Samping

Sponsors Link

Merawat mata memang menjadi hal yang harus dilakukan oleh semua orang. Mata menjadi bagian yang sangat penting karena tanpa mata yang sehat maka kita akan sulit untuk melihat dan menjalani berbagai aktifitas. Namun sekeras apapun kita menjaga kesehatan mata maka sangat wajar jika saja masih terkena jenis-jenis penyakit mata.

ads

Kondisi ini termasuk hal yang wajar, terlebih jika terkena penyakit mata akibat infeksi bakteri atau kuman. Hanya saja perawatan untuk mata yang terkena infeksi memang harus dilakukan dengan tepat, seperti dengan salep obat yang mengandung antibiotik.  Salah satunya adalah salep obat gentamicin. Agar lebih jelas lagi, berikut kami sampaikan mengenai gentamicin salep mata seperti fungsi, penggunaan, dan efek samping.

Apa itu Gentamicin Salep Mata?

gentamicin salep mata

Gentamicin salep mata adalah salah satu jenis obat untuk mengatasi berbagai penyakit yang berhubungan dengan peradangan pada mata akibat infeksi bakteri. Salah satu jenis merek yang sangat terkenal dari gentamicin salep mata adalah Cendo Gentamicin yang diproduksi oleh Cendo. Gentamicin termasuk salah satu jenis obat antibiotik dari golongan aminoglikosida. Salep ini harus digunakan dengan resep dokter sehingga bukan termasuk obat bebas. Setiap kemasan gentamicin biasanya berukuran 3.5 gram yang mengandung gentamicin sulfate sebanyak 0.3 %.

Gentamicin yang termasuk dalam golongan antibiotik aminoglikosida banyak digunakan untuk merawat berbagai jenis penyakit infeksi yang disebabkan karena  bakteri gram negatif. Beberapa diantaranya adalah karena infeksi bakteri Proteus, Staphylococcus, Pseudomonas dan Serratia. Gentamicin termasuk sebagai salep untuk sakit mata yang juga bisa digunakan untuk merawat kondisi keracunan darah oleh infeksi bakteri patogenik atau zat-zat yang memang dihasilkan dari jenis bakteri tersebut atau juga sering disebut dengan kondisi septikemia.

Beberapa manfaat gentamicin dalam bentuk yang lain juga untuk perawatan penyakit seperti infeksi saluran kemih, infeksi saluran pernafasan atas dan bawah, infeksi saluran pencernaan, infeksi pada kulit, jaringan lunak dan tulang.

Namun manfaat gentamicin ternyata tidak bisa digunakan untuk infeksi Neisseria meningitidis, Neisseria gonorrhoeae, dan Legionella pneumophila. Terkadang dalam kondisi tertentu gentamicin juga digunakan untuk merawat Francisella tularensis dan Yersinia pestis.

Fungsi Salep Mata Gentamicin

Berbagai penyakit mata yang bisa dirawat dengan salep mata gentamicin termasuk peradangan atau inflamasi yang disebabkan oleh bakteri yang sangat peka terhadap gentamicin. Beberapa penyakit ini seperti:

  1. Konjungtivitis  atau radang selaput ikat mata. Penyakit konjungtivitis paling sering terjadi pada anak-anak. Dimana penyakit ini akan menyebabkan mata bengkak pada anak. Penyebab penyakit ini adalah serangan dari bakteri adenovirus yang akan membuat peradangan pada bagian konjungtiva sehingga akan membuat bagian mata yang berwarna putih tampak merah dan area sekitarnya menjadi bengkak.
  2. Blefarokonjungtivitis atau radang kelopak mata dan selaput ikat mata. Ini adalah salah satu penyakit mata yang disebabkan karena peradangan pada bagian kelopak mata namun peradangan meluas sampai ke konjungtiva. Akibatnya beberapa  bagian kelenjar di bagian kelopak mata juga akan mengalami peradangan.
  3. Blefaritis. Atau juga disebut dengan radang kelopak mata. Peradangan ini menyebabkan bagian kelopak mata merah sampai bengkak. Peradangan bisa mencapai bagian folikel dan kelenjar jika tidak dirawat dengan tepat.
  4. Keratitis atau peradangan kornea mata. Peradangan akan menyebabkan inflamasi pada kornea mata yang disebabkan oleh infeksi, cedera pada kornea, penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh seperti HIV/AIDS.
  5. Keratokonjungtivitis atau peradangan kornea dan selaput ikat mata. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri dan beberapa pemicu alergi. Penyakit akan menyebabkan gatal, merah, peka terhadap cahaya dan mata mengeluarkan kotoran.
  6. Ulkus kornea mata. Kondisi yang menyebabkan kornea mengalami luka yang bisa terjadi pada semua usia. Penyebab ulkus bisa berupa bakteri, virus, mata kering, jamur, dan cedera mata. Gejalanya seperti mata merah, nyeri, mengganjal, keluar nanah, cairan dan kelopak mata bengkak.
  7. Episkleritis atau peradangan pada sklera mata. Sebuah kondisi kesehatan mata yang menyebabkan peradangan pada jaringan sklera dan konjungtiva mata. Kondisi ini akan membuat mata tidak nyaman seperti terkena iritasi dan biasanya ini tidak berbahaya.
  8. Dakrosistisis atau peradangan pada kantung air mata. Ini adalah sebuah kondisi yang akan disebabkan oleh penyumbatab pada bagian duktus nasolakrimalis dengan gejala seperti mata merah, bengkak dan selalu mengeluarkan nanah.  
Sponsors Link

Dosis dan Efek Samping

  1. Dosis pemberian gentamicin harus disesuaikan dengan resep dokter. Umumnya untuk kondisi tertentu membutuhkan pemberian 3 sampai 4 tetes selama 2 atau 3 kali sehari.
  2. Iritasi ringan. Pemakaian gentamicin biasanya akan memicu iritasi ringan namun kondisi ini akan membaik sendiri dan obat bekerja mengatasi penyakit pada mata.
  3. Efek samping untuk janin dan ibu hamil. Gentamicin termasuk jenis obat yang bisa memberikan efek samping golongan D pada ibu hamil dan janin. Artinya bisa menyebankan risiko yang cukup berbahaya untuk janin terutama jika usia kehamilan masih sangat muda. Namun obat tetap bisa digunakan untuk ibu hamil dalam dosis yang kecil, jangka pendek dan sesuai resep dokter.
  4. Tubuh tidak nyaman. Pemakaian gentamicin dalam waktu yang lama bisa menyebabkan efek yang tidak nyaman seperti sakit kepala, mual, demam, iritasi dan gangguan mata lain.

Kontraindikasi atau Larangan

  1. Gentamicin sebaiknya tidak boleh diberikan untuk penderita alergi antibiotik yang termasuk dalam aminoglikosida.
  2. Gentamicin tidak boleh diberikan untuk bayi prematur atau bayi yang baru lahir dan menderita penyakit infeksi mata bawaan.
  3. Gentamicin sebaiknya tidak diberikan untuk berbagai penyakit yang disebabkan oleh infeksi jamur dan virus.
  4. Obat ini bisa menyebabkan iritasi karena infeksi lanjutan dari bakteri yang sudah ada dalam mata. Jika terjadi kondisi ini maka segera hentikan pemakaian obat.
  5. Gentamicin tidak boleh digunakan untuk waktu yang lama.

Itulah ringkasan mengenai gentamicin salep mata seperti fungsi, penggunaan, dan efek samping. Jadi pemakaian obat gentamicin untuk mengatasi kondisi mata memang tidak boleh dilakukan sembarangan dan harus sesuai anjuran dokter.

, , , , ,



Oleh :
Kategori : Pengobatan