Sponsors Link

Hubungan Katarak Dengan Diabetes Milletus dan Tips Pencegahannya

Sponsors Link

Diabetes, merupakan salah satu jenis penyakit kemungkinan sembuhnya sangatlah kecil, namun masih bisa dikendalikan agar tidak semakin parah. Kenapa harus dikendalikan? Karena jika tidak diabetes malah akan semakin menyebar dan memicu terjadinya resiko penyakit kronis lain, seperti salah satunya jenis penyakit mata katarak yang dipengaruhi langsung oleh diabetes. Apa hubungan katarak dengan diabetes milletus? Berikut pembahasannya.

ads

Katarak

Katarak merupakan salah satu kondisi yang mengakibatkan adanya keruh pada bagian lensa mata dan akan sangat mengganggu penglihatan. Bahkan kerap kali penyakit ini dihubungkan dengan penyebab mata buta mendadak.

Hubungan Katarak dan Diabetes Milletus

Saat katarak terpengaruh oleh diabetes maka kondisinya akan semakin parah, penglihatan bisa menjadi terasa kabur dan berair dengan cukup banyak. Pembentukan penyakit mata katarak yang dihubungkan langsung dengan diabetes kerap kali terjadi karena kelebihan gula yang terbentuk dari glukosa yang masuk ke dalam tubuh. Kemudian mengalami penumpukan pada bagian lensa. Jika ternyata kondisi katarak mulai semaki menggangu penglihatan Anda, maka sangat besar kemungkinan Anda harus melakukan operasi katarak secepat mungkin, untuk mengeluarkan lensa yang terpengaruh dengan lensa implant yang baru.

Sebenarnya tidak hanya diabetes yang dapat mempengaruhi katarak ada banyak faktor lain seperti gaya hidup yang bisa mengganggu kesehatan mata. Namun salah satu penyakit kronis yang juga sangat berpengaruh buruk adalah diabetes milletus.

Proses Terjadinya Katarak Karena Diabetes

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa katarak bisa terpengaruh secara langsung oleh glukosa yang ada di dalam tubuh. Lensa mata harus mendapatkan nutrisi dari aqueous humor yaitu cairan yang mengisi bagian depan mata kita. Kemudian Aqueous humor ini aka memberikan oksigen serta glukosa, sebagai sumber energy yang sederhana untuk bagian sel tubuh kita. Namun, jika ternyata kita tidak mendapatkan kontrol yang sangat baik atas kadar gula di dalam tubuh maka akan semakin meningkatkan resiko gangguan pada lensa.

Tingginya kadar gula yang ada di dalam lensa mengakibatkan adanya pembengkakan, dan penglihatan semakin terganggu. Lensa juga mempunyai sebuah enzim yang dapat mengubah glukosa menjadi sorbitol. Saat sorbitol mulai mengumpulkan lensa, hal tersebut akan mempengaruhi sel dan akan terjadi dengan sendirinya, akibatnya pandangan menjadi buram dan memicu terjadinya katarak.

Tips Pencegahan

Lalu, bagaimana untuk cara pencegahan agar diabetes tidak berpengaruh pada kesehatan mata khususnya pada penyakit katarak?

Ya, sudah jelas karena glukosa penyebab utamanya maka Anda harus menjaga kadar gula darah atau glukosa dalam tubuh tetap dalam keadaan stabil. Caranya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang memang tidak akan memicu pada kenaikan gula darah.

Anda juga bisa mengkonsumsi makanan untuk menjaga kesehatan mata seperti wortel dan makanan lain yang memiliki kandungan vitamin A serta tidak banyak mengandung gula baik yang alami atau buatan.

Sponsors Link

Melakukan olahraga dengan teratur juga akan sangat dianjurkan agar kondisi sel mata Anda tetap terjaga dan metabolisme tubuh Anda juga semakin baik. Hindari makanan yang dilarang untuk penderita katarak secara berlebihan karena itu sangatlah buruk untuk kesehatan Anda.

Jika sudah memasuki kondisi katarak akan sangat dianjurkan jika Anda bisa melakukan pengobatan secepatnya, misalnya dengan melakukan persiapan sebelum operasi katarak atau melakukan pencegahan dengan cara-cara alami yang memanfaatkan tumbuhan herbal. Namun, tentunya pengobatan dokter sangatlah dianjurkan agar penanganannya tepat dan cepat.

, ,