Sponsors Link

5 Rekomendasi Jus untuk Mata Kering yang Menyehatkan

Sponsors Link

Mata merupakan indra penglihatan yang perlu dijaga kesehatannya. Mata Anda bisa saja mengalami gangguan mata kering, mata merah, mata berbayang sebelah, ulkus kornea maupun penyakit mata yang menular. Mata kering merupakan salah satu gangguan penglihatan yang paling sering terjadi selain mata merah. Cara pengobatan mata kering dapat dilakukan dengan mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan yang dapat diolah menjadi jus untuk mata kering.

ads

Sindrom mata kering disebabkan karena ketidakstabilan kelenjar air mata dalam memproduksi air mata. Air mata berfungsi untuk menjaga kelembaban mata Anda. Sementara faktor pendorong mata kering diantaranya adalah perubahan hormon, penuaan, kondisi medis, lingkungan yang kotor, dan aktivitas yang menyebabkan mata kelelahan dan kering.

Mata kering dapat mengganggu aktifitas Anda. Selain mata terasa kering, mata kering menyebabkan timbulnya beberapa kondisi sebagai berikut:

  1. Mata lebih sensitif terhadap cahaya
  2. Mata terasa perih dan panas
  3. Iritasi mata menyebabkan mata memerah
  4. Gatal dan seperti ada benda asing di sekitar mata
  5. Mata menjadi lelah dan berair
  6. Munculnya kotoran pada ujung mata
  7. Nyeri pada kelopak bagian bawah mata

Anda dapat mengatasi mata kering dengan memperhatikan asupan nutrisi yang baik untuk kesehatan mata Anda. Makanan untuk mengatasi mata kering adalah makanan yang mengandung kadar vitamin A, vitamin C, vitamin E, lutein, zeaxanthin, asam lemak omega 3, zink dan Kalium. Makanan untuk mata kering dapat berasal dari buah dan sayuran berwarna – warni. Anda dapat mengolah buah atau sayur yang baik untuk mata kering dengan membuat jus untuk mata kering.

Selanjutnya akan dibahas jenis olahan jus yang dapat mengatasi atau mencegah mata kering. Berbagai macam jenis olahan jus untuk mata kering diantaranya adalah:

  1. Jus Wortel

Manfaat wortel bagi mata Anda sudah tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya wortel mengandung vitamin A hingga 12.000 SI. Selain vitamin A, wortel kaya akan nutrisi lainnya seperti kalori, lemak, protein, karbohidrat, vitamin B1, vitamin C. Wortel juga kaya akan mineral seperti fosfor, beta karoten, kalsium, dan zat besi.

Kandungan vitamin A dan beta karoten pada wortel menjadikan wortel pilihan tepat untuk mengatasi mata kering. Anda dapat mengolah wortel menjadi jus wortel. Bagi Anda yang tidak terlalu menyukai bau wortel, Anda dapat menambahkan buah lainnya seperti tomat. Selain mata kering, wortel dapat mengurangi mata minus. Anda perlu mengetahui cara mengolah wortel untuk mata minus untuk mendapatkan manfaatnya.

  1. Jus Tomat

Tomat mengandung vitamin C yang penting bagi kesehatan mata. Vitamin C melancarkan kerja pembuluh darah pada mata dan mencegah katarak. Selain tomat, buah – buahan yang merupakan sumber vitamin C diantaranya adalah jeruk, apel, pisang, dan anggur. Anda dapat mengolah tomat menjadi jus untuk mata kering. Anda bisa juga menambahkan buah lainnya yang baik untuk kesehatan mata sesuai dengan selera Anda.

  1. Jus Alpukat

Alpukat mengandung kalium yang dibutuhkan untuk mata. Mata kering dapat disebabkan karena kekurangan kalium. Anda dapat mengolah alpukat menjadi jus alpukat untuk mengatasi mata kering. Selain alpukat, sumber kalium lainnya adalah kacang almon, pisang, kismis, dan kurma.

  1. Jus Stroberi Atau Buah Beri Lainnya

Stroberi mengandung vitamin C serta antioksidan yang baik untuk kesehatan mata. Selain stroberi, Anda juga dapat menggunakan jenis buah beri lainnya seperti bluberi dan blackberi. Anda dapat mengombinasikannya dengan jambu yang banyak mengandung vitamin A dan C.

  1. Jus Bayam

Bayam mengandung vitamin A, lutein, dan zeaxanthin yang diperlukan untuk mata. Lutein, dan zeaxanthin termasuk antioksidan yang mampu mencegah penyakit mata kronis dan menjaga kesehatan sel mata. Anda dapat mengonsumsi jus bayam untuk mengatasi mata kering ini.

Selain bayam, sumber lutein dan zeaxanthin lainnya adalah brokoli dan kubis. Jika Anda tidak terlalu menyukai rasa jus bayam, Anda bisa menambahkan buah beri sebagai campuran jus bayam.

Inilah penjelasan mengenai jus untuk mata kering yang dapat menyehatkan mata Anda. Anda perlu mengimbangi dengan mengonsumsi jenis makanan untuk menjaga kesehatan mata lainnya. Makanan yang mengandung vitamin E mampu melindungi sel – sel mata dari kerusakan. Makanan yang mengandung vitamin E diantaranya kacang – kacangan dan ubi – ubian.

Anda juga dapat mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega 3 untuk mengatasi mata kering. Omega 3 mampu merangsang kelenjar mata untuk memproduksi minyak pada air mata untuk menjaga air mata agar tidak cepat kering. Makanan yang mengandung asam lemak omega 3 diantaranya adalah ikan tuna, ikan teri, kacang kedelai, dan sayuran hijau. Semoga bermanfaat.

, , , ,
Oleh :