Sponsors Link

Kanker Kelopak Mata : Gejala – Penyebab – Perawatan – Pencegahan

Sponsors Link

Mata sama seperti organ tubuh yang lain sehingga bisa terkena bahaya akibat penyakit tertentu. Kondisi ini bisa terjadi ketika mata terkena tumor mata, dimana penyakit ini menyebabkan dampak serius seperti kehilangan penglihatan. Penyakit ini juga memiliki tingkat keganasan tertentu sehingga perawatan dilakukan dengan cepat. Bagian mata yang terkena kanker ternyata tidak hanya pada organ dalam mata tapi juga bagian yang melindungi mata seperti kelopak mata.

ads

Karena itu agar lebih jelas lagi, berikut kami sampaikan informasi lengkap mengenai kanker kelopak mata, termasuk pengertian, gejala, penyebab, diagnosa, perawatan dan pencegahan.

Karsinoma Sel Basal

Dikenal dengan istilah medis Basal Cell Carcinoma adalah jenis kanker kulit yang ganas dan paling sering terjadi pada kulit yang terpapar sinar matahari langsung secara terus menerus. Kanker ini sering diabaikan karena cenderung berkembang dengan lambat dan lama serta sangat jarang bisa menyebar sampai organ tubuh yang lain. Tapi masalahnya kanker ini jika terkena bagian kelopak mata maka bisa memicu kondisi yang sangat berbahaya termasuk menjalar ke otak dan bagian dalam mata.

Gejala

  1. Benjolan pada kelopak mata tapi tidak sakit. Sama seperti gejala kanker mata yang menyerang organ dalam mata maka kanker ini sering menyebabkan benjolan pada bagian dalam mata, menonjol keluar dan tidak memicu rasa sakit apapun sehingga sering diabaikan.
  2. Pendarahan akan terjadi ketika benjolan sudah mulai mendesak bagian dalam mata.
  3. Muncul luka pada bagian kelopak mata dan sulit untuk kering atau sembuh.
  4. Munculnya luka yang terus menerus pada kelopak mata sampai menjadi kerak.
  5. Benjolan pada kelopak mata biasanya sangat lambat.
  6. Kelopak mata berubah menjadi berwarna biru dan hitam.

Penyebab

  1. Paparan sinar matahari. Ketika mata kelopak mata sering terkena sinar matahari maka bisa memicu gejala kanker ini, terutama saat usia dewasa. Karena itu disarankan untuk melakukan cara menjaga kesehatan mata secara alami dengan kacamata untuk menurunkan risiko kanker kelopak mata.
  2. Kulit cerah. Kanker kelopak mata juga sering terjadi pada orang yang memiliki kulit cerah atau terlalu putih.
  3. Masalah sistem kekebalan tubuh. Orang yang menderita masalah sistem kekebalan tubuh atau penyakit imunitas juga bisa terkena risiko kanker kelopak mata. Kondisi ini bisa terjadi pada penderita HIV dan orang yang minum obat untuk mengendalikan imunitas tubuh.
  4. Pengaruh gaya hidup. Jenis kanker ini juga bisa terjadi akibat merokok, terkena sinar matahari dan bekas luka pada kelopak mata.

Diagnosa

  1. Kanker yang menyerang kelopak mata membutuhkan pemeriksaan menyeluruh oleh dokter mata. Kondisi ini harus diperiksa dengan baik sehingga gejala kanker dikenali sejak awal.
  2. Pemeriksaan laboratorium dan pemindaian biasanya dilakukan saat muncul lesi-lesi kecil di kelopak mata. Pemeriksaan ini diperlukan untuk mengetahui jika kanker kelopak mata sudah menyebar sampai ke dalam mata.
  3. Pemeriksaan dengan biopsi. Pemeriksaan dengan biopsi dilakukan untuk mengetahui jika ada penyebaran dan untuk mendapatkan diagnosis yang lebih akurat.

Perawatan

  1. Tindakan bedah plastik. Mengingat kanker menyerang bagian kelopak mata maka perawatan dengan operasi biasanya dilakukan oleh dokter ahli bedah plastik mata. Luka pada bagian kelopak mata harus direkontruksi dengan metode cangkok kulit sehingga tidak merusak estetika mata. Prosedur ini biasanya lebih mahal karena berbeda dengan operasi ulkus kornea.
  2. Perawatan cryptoteraphy. Perawatan ini dilakukan untuk penderita kanker yang mungkin kurang sehat untuk menjalani bedah kelopak mata. Prosedur ini dilakukan dengan cara membekukan bagian yang terkena kanker kelopak mata sehingga sel kanker beku dan mati sehingga bisa mencegah penyebaran.
  3. Perawatan lain bisa dilakukan dengan kemoterapi, obat topikal, radiasi dan perawatan imunoterapi. Perawatan dengan langkah kemoterapi sangat jarang dilakukan dan dokter biasanya memantau kondisi mata setelah menerima perawatan yang lain.
Sponsors Link

Kanker Melanoma Kelopak Mata

Kanker melanoma mata adalah kanker yang biasanya menyerang orang dewasa. Biasanya kanker muncul di  kelopak mata dan iris atau bagian mata berupa lingkaran hitam di bola mata. Terkadang kasus yang paling sering terjadi pada bagian lapisan yang melindungi bola mata di bagian dalam.

Penyebab

Melanoma mata biasanya terjadi karena mata yang sering terkena sinar matahari terus menerus dan sudah berlangsung lama. Pekerja diluar rumah sering mengalami kondisi ini yang ditandai dengan warna mata yang pudar atau cerah. Pada orang dengan kulit hitam jika terkena melanoma pada iris mata maka bola mata terlihat lebih terang dari warna yang normal.

Gejala

  1. Munculnya luka atau benjolan pada kelopak mata.
  2. Mata menjadi tidak nyaman termasuk pandangan mata kabur dan sakit untuk berkedip.
  3. Jika kanker menyerang bagian dalam mata biasanya tidak mudah dikenal.
  4. Kelopak mata tampak tidak normal seperti biasanya.
  5. Jika kanker sudah membesar maka biasanya akan menyebabkan gangguan penglihatan seperti penglihatan ganda dan kabur.
Sponsors Link

Pemeriksaan dan Perawatan

  1. Pemeriksaan fisik pada kelopak mata.
  2. Pemeriksaan bagian dalam mata dengan prosedur funduskopi.
  3. USG dan pecitraan dengan MRI.
  4. Perawatan yang dilakukan berdasarkan ukuran kanker kelopak mata dan penyebaran kanker kelopak mata. Termasuk dengan mengangkat sel kanker, radioterapi, kemoterapi dan perawatan pada area mata lain yang sudah terkena penyebaran kanker kelopak mata.

Pencegahan

  1. Usahakan untuk melindungi kelopak mata dengan menggunakan kacamata. Kebiasaan ini harus dilakukan sejak dini untuk menjaga agar tidak terkena risiko kanker kelopak mata.
  2. Jika harus bekerja diluar rumah dan terkena sinar matahari maka usahakan melindungi mata agar tidak silau baik dengan kacamata atau topi pelindung mata.
  3. Lakukan pemeriksaan mata secara teratur agar tahu kondisi mata yang sebenarnya.

Itulah semua informasi kanker kelopak mata, termasuk pengertian, gejala, penyebab, diagnosa, perawatan dan pencegahan. Mengingat jenis kanker ini memang bisa dicegah sejak dini maka mari kita menjaga kesehatan mata baik untuk organ dalam dan luar.

, , ,



Oleh :