Sponsors Link

5 Penyebab Kantung Mata Merah pada Anak yang Perlu Diwaspadai

Sponsors Link

Berada dalam masa perkembangan, kesehatan tubuh anak Anda adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan agar pertumbuhan bisa terjadi secara optimal. Salah satu masalah kesehatan yang kerap diderita oleh anak adalah munculnya kantung mata merah. Meski tidak terhitung sebagai permasalahan kesehatan yang serius, kantung mata merah pada anak bisa mengindikasikan berbagai penyebab yang harus diatasi dengan benar.

ads

Ada banyak cara mengatasi mata bengkak pada bayi. Namun, sebelum diatasi, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu penyebab dari kantung mata merah. Beberapa penyebab dari gangguan tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Masalah Tidur

Penyebab paling umum adalah aktivitas tidur yang terganggu, baik jadwal yang tidak beraturan atau lama waktu tidur yang kurang. Jika pada malam hari anak Anda tidur kurang dari 11 jam, maka bisa dipastikan keesokan harinya mereka akan mendapatkan kantung mata merah. Oleh karena itu sebagai orang tua, Anda perlu memberlakukan disiplin yang cukup baik terhadap aktivitas tidur anak Anda.

Hal yang terlihat sepele namun penting untuk dilakukan adalah jangan menunggu anak Anda lelah untuk mengajaknya tidur baik siang mau pun malam hari. Anak yang berada hingga tujuh tahun, direkomendasikan untuk tidur pada pukul 08.00 malam. Sementara anak berusia 10 tahun ke atas, disarankan untuk tidur pada pukul 08.30 malam.

  1. Kebiasaan Buruk

Selain karena aktivitas tidur yang terganggu, bisa juga terjadi karena kebiasaan buruk yang berhubungan dengan penggunaan gawai atau gadget. Pada zaman ini, gadget bukalah hal yang baru bagi anak berusia dini. Meski bermanfaat sebagai media rekreasi dan edukasi, penggunaan gadget sebaiknya dibatasi. Sebab, bahaya gadget untuk mata anak bukan hal main-main.

Selain bisa menyebabkan kantung mata merah, sinar biru dari gadget dan kebiasaan buruk penggunaannya bisa menyebabkan mata anak Anda menderita rabun. Untuk mengatasi hal tersebut, ada baiknya Anda tidak memberi anak Anda gadget di ruangan dengan pencahayaan yang kurang atau sebelum tidur. Anda juga perlu membatasi penggunaannya untuk beberapa jam selama satu hari.

  1. Trauma Fisik

Kebiasaan buruk yang bisa membuat kantung mata merah tidak hanya berhubungan dengan gadget saja, melainkan berbagai aktivitas yang bisa membuat mata Anda menerima trauma. Pukulan atau benturan di sekitar mata anak Anda tentu akan meninggalkan bekas. Selain memar, bekas luka juga bisa tampak seperti kantung mata merah. Oleh karena itu, Anda perlu membuat anak Anda bermain dan beraktivitas di tempat yang aman dengan menggunakan perlatana yang aman.

  1. Infeksi Bakteri dan Penyakit Tertentu

Namun jika aktivitas tidur anak Anda tidak terganggu, bisa jadi munculnya kantung mata merah disebabkan oleh penyakit atau alergi. Ada berbagai jenis kuman dan virus yang bisa membuat kantung mata anak Anda merah. Infeksi paling umum yang terjadi pas mata anak adalah konjungtivitas. Infeksi ini menyerang bagian bola mata yang berwarna putih. Sebagai gejala dan pengidentifikasian, infeksi tersebut berpengaruh pada kantung mata sehingga menjadi bengkak dan berwarna kemerahan. Cara mengatasi konjungtivitas pada anak bisa dilakukan dengan melakukan kebiasaan mencuci tangan yang baik dan benar. Sebab, infeksi ini bisa diawali dai kebersihan tangan yang buruk dan digunakan untuk menggosok-gosok mata.

Selain pada bola mata, infeksi juga bisa menyerang kulit dan jaringan lunak di bawah kulit. Infeksi ini bernama selulitas. Selulitas pada anak bisa diawali dengan kondisi sinus yang memburuk. Bakteri kemudian menyerang jaringan mata dan menyebabkan abses. Karena cukup kompleks, infeksi ini harus disembuhkan dengan penggunaan antibiotik dan tindakan bedah yang dilakukan oleh dokter.

  1. Alergi

Kondisi mata anak Anda sangat rentan, oleh karena itu selain infeksi mereka juga bisa menderita alergi. Alergi yang membuat kantung mata merah juga bisa menjadi penyebab mata bintitan pada anak. Alergi ini bisa berasal dari makanan, produk-produk tertentu, hingga beberapa jenis obat-obatan. Cara mengatasi kantung mata merah pada anak yang disebabkan oleh alergi bisa dengan menghindarkan anak dari alergen-alergen tersebut. Tentu, Anda harus memeriksakan anak Anda pada dokter terlebih dahulu untuk memastikan hal tersebut.

Masalah kesehatan mata pada anak Anda tidak hanya sebatas kantung merah pada anak. Ada banyak jenis gangguan yang harus Anda upayakan agar tidak terjadi. Namun, beberapa gangguan mata pada anak bisa juga berupa bawaan lahir. Salah satu gangguan mata bawaan lahir adalah katarak kongenital. Berkembangkan pengetahuan dan teknologi untuk mengatasi masalah pada anak membuat Anda tidak perlu terus bertanya apakah katarak bawaan lahir bisa disembuhkan. Seperti halnya kantung mata merah pada anak, katarak kongenital bisa disembuhkan dengan penggunaan kacamata untuk bayi katarak.

, , , , ,
Oleh :