Sponsors Link

9 Jenis Kelainan pada Kelopak Mata yang Harus Diwaspadai

Sponsors Link

Kelopak mata merupakan bagian luar mata yang berfungsi untuk melindungi dan menutup mata. Dan kelopak mata kadang mengalami kedutan secara tiba-tiba yang kadang di artikan sebagai tanda dimana orang tersebut akan mengalami suatu kejadian. Contoh ketika kamu mengalami kedutan mata di sebelah kiri kamu akan menangis karena suatu masalah dan sedangkan kamu kedutan mata di sebelah kanan kamu akan bertemu sama seseorang yang kamu harapkan atau kamu rindukan saat ini.

ads

Kelopak mata terdiri dari kelopak mata atas dan kelopak mata bagian bawah dimana keduanya berfungsi untuk melindungi bola mata bagian mata depan dari benda asing yang akan menuju ke mata dan kelopak mata juga berfungsi untuk membersihkan bola mata dengan cairan yakni air mata selain itu kelopak mata dapat mengatur intensitas cahaya yang akan diserap oleh mata.

Mungkin dari beberapa anda sering mengalami gangguan pada kelopak mata yakni terdapat hal yang mengganggu seperti benjolan pada kelopak mata yang sudah dibahas sebelumnya dan kedutan yang terjadi di kelopak mata. lalu Apa penyebab kedutan kelopak mata?

Kedutan pada kelopak mata cukup sulit untuk di prediksi. Terkadang hanya terjadi sekali saja selama beberapa hari atau kambuh kembali setelah hilang beberapa saat atau juga bisa terjadi dua hari berturut turut. Meski merasa cukup mengganggu tetapi kedutan pada kelopak mata ini sebenarnya tidak berbahaya.

Berikut berbagai penyebab faktor kelainan pada kelopak mata di atas maupun di bawah:

  • Terlalu banyak konsumsi alcohol, kafein dan merokok
  • Terdapat iritasi mata
  • Terlalu sensitif atau peka terhadap cahaya silau
  • Akibat kelelahan stress
  • Aktivitas fisik yang terlalu berlebihan berlebihan
  • Paparan angin yang terlalu sering
  • Akibat adanya alergi pada tubuh

Seperti yang telah di jelaskan diatas sebelumnya, perlu anda ketahui bahwa kedutan kelopak mata bukan merupakan kondisi yang mengerikan. Namun dalam beberapa kasus sangat jarang, jika kedutan pada kelopak mata bisa menunjukkan terjadinya gangguan yang cukup sensitif pada otak ataupun sistem saraf. Segera temui dokter bila Anda mengalami kedutan kelopak mata yang disertai dengan satu atau beberapa gejala berikut ini:

  • Mata berwarna merah, terjadinya pembengkakan, dan mata mengeluarkan kotoran yang tidak wajar
  • Terjadinya kelopak mata bagian atas turun
  • Ada gerakan dimana kelopak mata menutup setiap kali mata berkedut
  • Terjadinya kedutan pada kelopak mata terus berlanjut selama beberapa minggu
  • Kedutan yang terjadi mulai memengaruhi bagian wajah lainnya
  • Terdapat mati rasa pada area mata atau wajah

Selain faktor di atas ada beberapa kondisi lain yang mampu menimbulkan kedutan –  kedutan  pada bagian kelopak mata. terdapat juga beberapa kelainan pada kelopak mata yakni seperti berikut :

  1. Blefaritis

Merupakan peradangan pada kelopak mata yang meneyebabkan kelopak mata membengkak dan kemerahan ktetapi penyakit ini tidak menular.

  1. Abrasi kornea

Merupakan kondisi terdapat adanya goresan diatas permukaan kornea akibat benda asing, kornea ini adalah lapisan cairan yang transparan diluar bola mata yang biasa bertidak sebagai perisai bersama dengan viteous dan retina yang memfokuskan cahaya dari gambar menuju retina didalam pada bagian bola mata. Benda asing ini misalnya butiran pasir, serangga kecil dan debu yang menempel pada kornea

  1. Mata kering

Mata kering merupakan kondisi mata yang kering akibat kurangnya air mata untuk melapisi bola mata kondisi seperti ini diakibatkan oleh terlalu seringnya memandang komputer terlalu lama dan juga paparan angin

  1. Konjungtivitas

Pada kondisi ini bola mata yang seharusnya berwarna putih berubah menjadi merah akibat dari peradangan yang terjadi pada selaput bening yang dapat melapisi bagian mata yang berada didepan. Kondisi seperti ini diakibatkan oleh virus atau infeksi yang terjadi pada mata.

  1. Entropion atau kelopak mata ke dalam

Pada kondisi ini terjadi saat kelopak mata terlipat kedalam sehingga bulu mata bergesekan dengan kornea secara langsung. Kondisi mata yang seperti ini tidak secara langsung akan terlipat kedalam pada kelopak mata melainkan akan berangsur bahkan bisa terjadi rasa sakit yang lebih parah lagi.

Sponsors Link

  1. Glaucoma

Kondisi ini merupakan penyakit saraf mata akibat terjadinya gangguan pada jaringan mata sehingga mengganggu pengelihatan permanen dan secara perlahan beresiko akan mengakibatkan tekanan pada bola mata.

  1. Trikiasis atau bulu mata tumbuh ke dalam

Trikiasis merupakan pertumbuhan bola mata yang salah arah yakni yang seharusnya bulu mata tumbuh ke luar sedangkan pada kondisi trikiasis bulu mata tumbuh kedalam. Gejala yang timbul pada kondisi ini adalah  mata mulai merah dan berair disertai rasa pedih yang cukup parah.

  1. Uveitis atau peradangan di lapisan tengah mata

Uveitis merupakan penyakit radang yang menyebabkan pembengkakan pada  jaringan mata sehingga dapa merusak fungsi mata.

  1. Ptosis

Ptosis merupakan kondisi kelopak mata anda dibagian atas menurun, kondisi ini akan menyebabkan anda terganggu atas pengelihatan anda. Pada kondisi ini di derita oleh orang yang memiliki usia sudah tua  sehingga otot pada bagian mata mengendur.

Gejala pengenduran kelopak mata bagian atas ini kurang di pahami bahkan kurang disadari oleh beberapa orang namun biasanya anda akan merasa nyeri pada mata dan anda akan nampak terlihat lelah. Pada beberapa kondisi seseorang yang mengalami ptosis akan susah melihat objek bahkan ada yang sampai harus mengadahkan muka untuk dapat melihat lawan bicaranya.

Penyebab dari kondisi ini adalah otot elevator tidak berfungsi dengan baik dan tidak mampu berkembang sempurna sehingga tidak mempengaruhi saat anda membuka mata. Secara medis penyebab penyakit ini adalah karena timbilan atau pembengkakan pada kelopak mata dan ada juga dikarenakan oleh pasca operasi katarak pada bagian mata selain itu pada penderita stroke juga dapat terjadi pengenduran pada bagian kelopak mata.

Efek samping dari kondisi obat-obatan juga bisa menjadi penyebab mengapa kamu kerap mengeluhkan kedutan pada kelopak mata. Apabila kedutan semakin memburuk dari hari ke hari, kamu mungkin mengalami blepharospasm. Berbeda dengan kedutan kelopak mata yang umum, blepharospasm di tandai saat kedutan pada mata sudah kronis dan sulit untuk di kendalikan.

Jaga selalu kesehatan Anda agar terhindar dari berbagai jenis-jenis penyakit mata di atas.

, ,