Sponsors Link

Penyebab Kelopak Mata Bayi Merah dan Bengkak serta Pengatasannya

Sponsors Link

Mata merah dan bengkak pada bayi adalah hal yang biasa namun perlu kiranya bagi orangtua untuk waspada terhadap tanda-tanda seperti itu dan mengambil tindakan pencegahan seperlunya agar tidak makin parah. Mata yang bengkak, merah dan menjengkelkan pada bayi dapat menjadi tanda alergi pada bayi. Ada banyak faktor yang dapat memicu reaksi alergi pada bayi termasuk debu, serbuk bedak dan juga susu. Beberapa dampak dari gangguan ini adalah mata merah, mata sakit saat berkedip. Berikut adalah beberapa solusi efektif untuk membantu Anda memahami cara menyembuhkan mata merah dan bengkak pada bayi.

ads

Mata merah dan bengkak pada bayi adalah situasi di mana mata mereka mulai membengkak dan kulit di sekitar mata mereka meradang. Biasanya, mata merah dan bengkak pada bayi sembuh dengan sendirinya dengan pengobatan rumah. Beberapa gejala umum mata merah dan bengkak pada bayi termasuk kelopak mata yang membengkak, kemerahan dan juga timbul kotoran. Terkadang mata yang bengkak dan merah juga bisa menjadi gejala kondisi mata lainnya yang mungkin memerlukan perhatian medis. Jika Anda melihat gejala-gejala ini pada anak Anda, Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter anak Anda untuk memastikan bahwa bayi Anda menerima perawatan medis instan untuk mengatasi situasi yang menyedihkan tersebut.

Dalam banyak kasus, kelopak mata bayi merah dan bengkak bukanlah masalah besar dan bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, dalam beberapa kasus, situasi mungkin akan terus berlanjut dan menjadi serius. Berikut ini beberapa faktor yang dapat menyebabkan mata merah dan bengkak pada bayi:

  • Alergi

Alergi dianggap sebagai penyebab utama mata merah yang membengkak pada bayi. Beberapa iritasi yang dapat menyebabkan mata bengkak pada bayi termasuk bulu hewan peliharaan, asap rokok, antibiotik dan serbuk bedak. Beberapa bayi cenderung rentan terhadap alergi dan cukup sensitif, tergantung pada apa yang mungkin mereka alami.

  • Saluran Air Mata Tersumbat

Beberapa bayi dapat mengalami kondisi ini pada saat kelahiran mereka, mengakibatkan mata bengkak, berkerak, dan memerah. Ini terjadi karena sistem drainase mata untuk air mata tidak cukup matang pada bayi tersebut dan apa pun yang terjadi di saluran mata akan mengakibatkan iritasi dan pembengkakan. Gejala yang paling umum adalah pengerasan kulit pada kelopak mata dan bulu mata, terutama ketika bayi bangun dari tidur siang.

Jika bayi memiliki benjolan merah di kelopak mata mereka, maka ini bisa menjadi timbel dan biasanya terjadi di sepanjang tepi kelopak mata, yang menyebabkan mata bengkak dan sakit. Dalam beberapa kasus, itu juga terjadi di dalam kelopak mata bayi. Timbel ini sangat menyakitkan dan menjengkelkan dan dapat hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. Benjolan di kelopak mata disebut sebagai chalazion dan mirip dengan timbel, tapi sedikit lebih menyebalkan.

  • Cedera Mata

Jika seorang bayi menderita trauma (benturan) mata maka ujung-ujungnya di sekitar mata bisa meradang dan merah. Ini bisa berubah menjadi mata hitam, mata bengkak, peradangan, kemerahan dan banyak lagi. Bayi dengan cedera kepala cenderung memiliki mata bengkak.

  • Blepharitis

Kelopak mata terdiri dari kelenjar minyak dan kadang-kadang dapat menjadi tersumbat dan meradang, menghasilkan blefaritis dan itu biasanya hal itu lebih jelas terlihat pada jam pagi setelah tidur malam. Gejala-gejala kondisi ini termasuk mengerak pada bulu mata, kelopak mata yang membengkak, ketegangan pada kelopak mata dan banyak lagi.

  • Konjungtivitis Neonatal

Kadang-kadang, bayi dapat bersentuhan dengan infeksi saat lahir yang dapat menyebabkan konjungtivitis bakteri atau neonatal. Jika ini terjadi dapat mengakibatkan mata bengkak dan merah dan kondisi kering/drainase yang signifikan. Penyebab umum dari kondisi mata seperti ini adalah gonorrhea, chlamydia dan juga herpes.

Ini adalah beberapa penyebab umum kelopak mata bayi merah dan bengkak, sementara beberapa kondisi lain juga dapat memengaruhi mata dengan cara yang sama. Jika gejala ini tidak segera sembuh atau jika tidak membaik, saran medis diperlukan segera.

Sponsors Link

Cara Mengatasi Mata Merah dan Bengkak Pada Bayi

Dalam sebagian besar kasus mata merah dan bengkak pada bayi, masalahnya dapat hilang dengan sendirinya, terutama jika bengkak dan kemerahan terjadi pada beberapa minggu pertama kelahiran mereka. Namun, jika masalahnya tetap ada, maka di sini ada beberapa solusi untuk membantu Anda menyembuhkan mata merah dan bengkak pada bayi tersebut.

  • Menjaga Mata Bersih – Usahakan agar area mata tetap bersih dan Ibu bayi bisa membersihkan dengan lap basah dan air hangat. Anda perlu memastikan bahwa Anda mencuci rambut bayi setiap malam karena rambut bayi dapat menangkap bulu hewan peliharaan atau serbuk bedak lain yang dapat mengiritasi mata. Ini adalah cara paling sederhana untuk menghilangkan mata merah dan bengkak pada bayi. Tak ada salahnya ibu bayi untuk memahami cara membersihkan mata kelilipan.
  • Setetes ASI – ASI ibu memiliki banyak sifat antibakteri yang dapat mengobati iritasi dan gatal pada mata. Anda bisa menuangkan beberapa tetes ASI ke mata bayi untuk mengobati dan menyingkirkan mata merah dan bengkak pada bayi.
  • Kompres Dingin – Obat lain untuk menyembuhkan mata merah bengkak pada bayi adalah kompres dingin. Oleskan kompres dingin pada mata bayi selama beberapa menit untuk membantu meredakan bengkak dan kemerahan.
  • Cooling Swollen Area – Ada berbagai cara untuk mendinginkan area mata yang kemerahan. Anda dapat menggunakan kain lap dingin yang sudah dibasahi dan didinginkan atau cukup gunakan irisan mentimun pada mata bayi yang sedang tidur. Ini akan membantu mendinginkan area mata dan ini akan menyempitkan pembuluh darah untuk mengurangi pembengkakan dan peradangan mata.

Itulah beberapa penyebab kelopak mata bayi merah dan bengkak serta pengatasannya. Semoga bermanfaat dan jaga selalu kesehatan mata Anda.

, , ,
Oleh :