Sponsors Link

Penyebab dan Cara Mengatasi Kelopak Mata Bayi Merah dan Gatal

Sponsors Link

Jenis penyakit mata mata cukup beragam jenis dan tingkat keparahan nya. Ada yang membahayakan atau ada juga yang merupakan gejala ringan beberapa hari kemudian bisa sembuh dibantu dengan obat tetes mata tertentu. Lalu, bagaimana dengan kelopak mata bayi merah dan gatal? Kondisi tersebut juga bisa membahayakan bisa juga tidak sesuai dengan apa yang menyebabkan kelopak mata anak menjadi merah. Oleh sebab itu, sebagai orang tua penting sekali rasanya bisa mengetahui penyebab dan cara mengatasi kelopak mata bayi merah dan gatal.

ads

Penyebab

Berikut ini adalah beberapa penyebab kenapa kelopak mata bayi menjadi merah bahkan terasa gatal hingga bengkak:

1. Bayi mengalami alergi

Penyebab pertama mungkin saja disebabkan karena bayi yang mengalami alergi. Ya, kondisi ini mungkin saja terjadi pada anak. Pasalnya, beberapa anak ada saja yang sensitif terhadap penggunaan lotion tertentu sehingga menyebabkan ia alergi. Sementara itu, efek alergi biasanya akan menimbulkan gejala yang bermacam-macam, seperti bentol pada tubuh, mata bayi merah, mata gatal dan berair terus bahkan bengkak , ada juga mereka yang mendapatkan gejala demam.

2. Blepharitis

Ini merupakan salah satu gejala mata merah dan gatal serta bengkak karena disebabkan oleh bakteri yang menyerang kelenjar minyak, letaknya ada di dekat bulu mata. Kondisi ini biasanya akan menimbulkan rasa nyeri dan gatal yang diikuti dengan bagian kelopak mata yang mulai membengkak. Kondisi ini juga biasanya sama seperti alergi, bisa saja disebabkan penggunaan lotion bayi yang masuk ke dalam mata.

  1. Bintitan

Bintitan sudah sering dan cukup umum terjadi di masyarakat. Kondisi ini merupakan salah satu penyebab infeksi pada bagian bulu mata. Bintitan kerap kali membuat kelopak mata menjadi merah, gatal dan bengkak, serta biasanya aka nada benjolan seperti jerawat di atas mata. Bintitan sebenarnya merupakan kondisi ringan dan tidak akan memberikan efek yang serius pada kesehatan, namun tentunya ini akan membuat bayi tidak nyaman bahkan menjadi sangat rewel.

4. Konjungtiva

Konjungtiva adalah salah satu kondisi infeksi yang terjadi pada bagian mata, seperti blepharitis, konjungtiva juga biasanya akan disebabkan karena virus serta bakteri. Beberapa gejala yang biasanya akan didapatkan saat mendapatkan konjungtiva seperti, mata yang kemerahan, kelopak mata membengkak, rasa gatal pada mata, semua gejala tersebut bisa dipastikan akan sangat membuat mata menjadi tidak nyaman. Perlu diperhatikan juga, konjungtiva adalah penyakit mata yang menular, sehingga sebagai orang tua jika mendapatkan anaknya menderita konjungtiva segeralah konsultasikan pada dokter agar bisa mendapatkan obat tetes yang sesuai untuk digunakan pada mata anak.

Cara Mengatasi

Saat seorang bayi mengalami kondisi di atas tentunya yang harus dilakukan orang tua adalah segera mengatasinya. Karena bagaimanapun juga jika bayi yang menderita kondisi di atas masih sangat kecil misalnya umur 1 tahun mereka akan sangat rewel karena rasa tidak nyaman. Oleh sebab itu, berikut ini cara mengatasi kelopak mata merah dan gatal pada bayi yang bisa Anda lakukan:

Sponsors Link

  • Menggunakan obat sakit mata di apotik: manfaatkan obat tetes mata yang dijual di apotik, namun carilah obat yang bisa digunakan pada anak kecil seperti obat tetes mata cendo xitrol.
  • Mengompres mata anak menggunakan teh celup: ini bisa menjadi cara alami mengatasi kelopak mata merah yang disertai gatal
  • Bersihkan lingkungan anak: karena bisa saja kondisi tersebut disebabkan karena lingkungan disekitar anak sangat tidak higienis sehingga banyak sekali dihinggapi bakteri
  • Konsultasikan pada dokter: Jika kondisi anak tidak kunjung membaik segerala berkonsultasi pada dokter agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat

Itulah penyebab dan cara mengatasi kelopak mata bayi merah dan gatal.

, ,