Sponsors Link

8 Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Sakit Saat Berkedip

Sponsors Link

Pernahkah Anda merasa ujung kelopak mata Anda terasa bengkak dan sakit saat berkedip? Mungkin awalnya hanya sakit biasa, namun lama kelamaan menjadi bengkak dan terasa ngilu. Kelopak mata terasa bengkak dan sakit kemungkinan disebabkan karena terdapat peradangan disekitar ujung kelopak mata atau ujung/tepi kelopak terdapat bulu mata dan juga kelenjar-kelenjar di sekitarnya. Bila terjadi penyumbatan pada kelenjar tersebut maka akan terjadi peradangan dan penumpukan cairan disertai adanya infeksi oleh bakteri, sehingga timbul keluhan nyeri, bengkak, terasa hangat, dan kemerahan pada area mata.

ads

Beberapa kemungkinan lain diantaranya jenis penyakit mata Hordeolum internal dan eksternal, chlazion, dan blefaritis. Untuk memastikannya Anda perlu melakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter atau dokter mata agar dilakukan terlebih dahulu wawancara medis, pemeriksaan mata, dan pemeriksaan lainnya yang dibutuhkan.

Berikut yang menjadi Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Sakit Saat Berkedip

1. Cidera

Mata rentan terhadap kerusakan, debu adalah salah satu yang menyebabkan sakit mata. Goresan ke arah kornea mata adalah jenis cidera umum yang dengan mudah terjadi pada mata saat menggosok atau menyentuh mata.

2. Konjungtivitas

Konjungtivitas mengacu pada pembengkakan selaput mata yang menutupi mata dan bagian bawah kelopak mata. Pembuluh darah bisa menjadi bengkak dan membuat area putih mata memerah dan sakit. Kondisi ini juga dapat disebabkan karena demam, alergi pada hewan peliharaan, dan konjungtivitas dapat disebabkan karena infeksi yang menular.

3. Bintil Mata

Kebanyakan bintil mata disebabkan oleh bakteri seperti Staphylococcus aureus, yang dapat menyebar ke orang lain melalui kontak fisik yang dekat. Bintil mata adalah saat bulu mata atau kelenjar minyak di kelopak mata menjadi terinfeksi. Hal itu menyebabkan pembengkakan pada kelopak mata yang bisa menyebabkan mata sakit saat berkedip. Bintil mata ini tidak menular, namun bakteri yang menyebabkannya bisa ditularkan kepada orang lain.

4. Infeksi Saluran Air Mata

Saluran air mata dapat terinfeksi oleh bakteri jika tersumbat, misalnya dengan adanya kotoran atau debu yang masuk kedalam mata. Hal ini bisa mengganggu saluran air mata dan menimbulkan rasa sakit di sudut mata saat berkedip. Ini bukan merupakan  penyakit mata yang menular  namun bisa membahayakan.

5. Sinusitis

Sinus adalah rongga kecil di sekitar mata dan hidung. Sinusitis adalah kondisi dimana ketika sinus menjadi meradang, biasanya karena infeksi virus. Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit saat mata berkedip, hidung tersumbat, nyeri pada wajah, gejala sakit kepala, dan gejala flu. Jelas jika sinusitis ini selain mengganggu mata, namun juga mengganggu organ tubuh lainnya.

6. Sindrom Mata Kering

Sindrom mata kering atau disebut juga penyakit mata kering adalah kondisi dimana produksi air mata yang dikeluarkan oleh mata kita menjadi terganggu. Hal ini menyebabkan kondisi mata kering dan perih. Hal ini menjadi penyebab sumber rasa sakit saat berkedip.

7. Keratitis

Keratitis disebabkan oleh bakteri dan virus yang menyerang area mata. Keratitis ini mengacu pada infeksi pada kornea. Infeksi ini dapat menyebabkan nyeri pada mata, mata terasa berpasir, dan kepekaan cahaya. Keratitis yang menyebabkan kelopak mata bengkak dan sakit saat berkedip dan berbahaya karena menyerang kornea mata. Hati-hati bila kondisi diikuti dengan mata berbayang bintik hitam.

8. Ulkus Kornea

Ulkus kornea adalah luka terbuka yang berkembang di area permukaan mata karena infeksi. Ulkus kornea dapat menjadi penyebab kelopak mata bengkak dan sakit saat berkedip seperti goresan atau luka bakar di sekitar area mata.

Demikian informasi mengenai 8 Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Sakit Saat Berkedip. Di samping itu sebaiknya Anda mengkonsumsi makanan untuk menjaga kesehatan agar mata tetap dalam keadaan sehat sepanjang waktu. Semoga bermanfaat!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan