Sponsors Link

Penyebab Kotoran Mata Seperti Benang dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Sama halnya dengan organ tubuh lain, mata juga dapat mengeluarkan kotoran yang biasa dikenal dengan sebutan ‘belek’. Pada umumnya kotoran mata tidak terlalu membahayakan, dan disebabkan oleh berbagai hal tergantung jenis dari kotoran itu sendiri. Salah satu jenis kotoran mata yang sering dikeluhkan ialah kotoran mata seperti benang. Untuk mengetahui lebih jelas tentang penyebab dan cara mengobatinya anda harus membaca artikel ini dengan seksama.

ads

Kotoran mata terbentuk dari kuman atau bakteri yang ada di permukaan mata. Ketika kuman berubah menjadi patogen, kuman akan berkembang biak dan mengeluarkan toksin yang berbentuk seperti lendir atau yang biasa disebut dengan pus/sekret dengan berbagai macam warna tergantung jenis bakteri itu sendiri. Sesuai dengan penjelasan di atas, kotoran mata memiliki beberapa jenis tergantung dari penyebabnya. Diantaranya adalah :

  • Kotoran mata yang cair kemungkinan disebabkan oleh virus atau alergi terhadap sesuatu
  • Kotoran mata yang berwarna kuning disebabkan oleh bakteri
  • Kotoran mata yang tidak terlalu kental (serosa) dapat disebabkan oleh adenovirus
  • Kotoran mata seperti benang biasanya bertekstur lengket dan akan memanjang ketika ditarik. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh alergi atau vernal dan disertai dengan rasa gatal.

Jenis-jenis kotoran mata yang disebutkan di atas pada dasarnya tidak terlalu membahayakan, tetapi anda juga harus tetap waspada, apalagi jika kotoran tersebut bertambah banyak dan mengganggu penglihatan anda. Anda perlu memeriksanya ke dokter jika kotoran mata yang anda alami memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Berwarna Hijau atau Kuning

Jika kotoran yang dihasilkan berwarna kuning atau hijau maka ada dua kemungkinan yang terjadi. Yakni anda mengalami konjungtivitas atau bisa juga blepharitis.  Selain kotoran, selaput kuning di mata putih juga sering terjadi

  • Konjungtivitas merupakan jenis penyakit mata yang akan membuat mata anda merah dan menghasilkan kotoran berwarna kuning, putih, atau hijau dalam jumlah yang cukup banyak, bahkan jika semakin banyak dapat menyebabkan anda kesulitan membuka mata di pagi hari.
  • Sedangkan Blepharitis adalah suatu gangguan yang terjadi pada kelopak mata dan biasanya akan menghasilkan kotoran berwarna hijau atau kuning disertai dengan busa atau bisa juga mengeras.
  1. Kotoran Mata Keras, Tebal dan Lengket

Selain kotoran, selaput kuning di mata putih juga sering terjadi kotoran mata yang keras, tebal dan lengket. Jika kotoran mata lengket dan tebal ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebabnya, diantaranya adalah timbilan, borok kornea, dan dacryocystitis.

  • Timbilan/ bintitan di kelopak mata ialah suatu kondisi timbulnya benjolan kecil menyerupai jerawat di kelopak mata atau disekitar mata dan menyebabkan mata berair terus dan keluar kotoran mata berwarna kuning dan  keras sehingga penderita merasa tidak nyaman saat berkedip
  • Borok Kornea, yaitu kotoran mata yang dihasilkan akibat borok kornea ini sangat tebal sehingga dapat mengganggu penglihatan penderitanya.
  • Dacryocystitis, merupakan suatu kondisi yang terjadi akibat tersumbatnya kelenjar air mata. hal tersebut dapat memicu keluarnya kotoran mata yang tebal dan juga lengket.

Anda tidak perlu khawatir, karena anda pun dapat menghilangkan kotoran mata secara tradisional dengan bahan alami berikut ini :

  1. Madu

Selain rasanya yang manis, madu juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, termasuk untuk kesehatan mata. Madu murni ternyata dapat digunakan untuk mengobati/menghilangkan kotoran mata tanpa efek samping. Anda tinggal mengoleskan madu di sekitar kelopak mata lalu didiamkan selama beberapa menit dan bilas menggunakan air jika madu sudah mengering. Cara ini sangat efektif untuk menyembuhkan/menghilangkan belekan atau kotoran mata seperti benang.

Sponsors Link

  1. Daun Sirih

Daun sirih juga bisa menjadi alternatif lain untuk membersihkan kotoran mata secara alami. Daun sirih dapat mengurangi bakteri karena mengandung anti kuman dan juga berfungsi untuk mengatasi mata merah akibat infeksi secara alami. Anda bisa menggunakan air perasan daun sirih untuk membasuh mata anda atau bisa juga dijadikan sebagai obat tetes.

  1. Mentimun

Sebagian dari anda pasti pernah menggunakan mentimun untuk mengompres mata anda yang kelelahan bukan?. Mentimun memang memiliki banyak manfaat untuk mata terutama untuk mengatasi mata yang lelah dan mengencangkan kulit disekitar mata. Namun mentimun juga ternyata bisa dijadikan obat untuk mengatasi berbagai jenis kotoran mata termasuk kotoran mata seperti benang. Dalam hal ini mentimun berfungsi sebagai antioksidan alami yang dapat membantu proses penyembuhan dan menyegarkan mata yang mengalami iritasi

Tentunya pengobatan yang anda lakukan juga harus dibarengi dengan komitmen anda untuk menjaga kesehatan mata dengan melakukan perilaku di bawah ini :

  • Selalu menjaga mata dalam keadaan bersih dan menggunakan peralatan yang berhubungan dengan mata dalam keadaan bersih
  • Mengurangi bermain gadget, karena banyak penyakit mata akibat gadget yang sering terjadi.  Dan segala hal yang dapat membuat mata lelah
  • Mengurangi riasan di sekitar mata
  • Menggunakan kacamata ketika sedang sakit mata, agar tidak menular dan terkena polusi
  • Segera melakukan perawatan apabila mata mengalami masalah

Demikian penjelasan mengenai kotoran mata yang seperti benang. Jaga selalu kesehatan mata Anda.

, , , ,