Sponsors Link

Luka Pada Sklera Mata: Penyebab dan Penanganan

Sponsors Link

Sklera mata  atau biasa disebut dengan selaput keras atau selaput putih yang terdapat pada bola mata. Sklera yang berasal dari bahasa yunani  yaitu skleros yang berarti keras. Sklera merupakan lapisan yang berada di luar mata berwarna putih, berserat dan tembus cahaya, lentur atau elastis yang mana mengandung kolagen di dalamnya. Pada rata – rata manusia sklera bola mata berwarna putih secara keseluruhan dan sangat kontras dengan iris mata yang berwarna. Namun pada hewan mamalia bagian sklera yang dapat dilihat sama dengan warna iris mata sehingga mereka terlihat tidak memiliki bola mata berwarna putih.

ads

Dari usia perkembangan embrio sebuah sklera terbentuk dari puncak saraf. Jika pada anak – anak bentuk sklera akan tipis dan terlihat lebih kebiruan pada bagian dasar pigmen. Namun saat menginjak usia tua tumpukan lemak yang terdapat pada sklera membuat sklera terlihat kekuning – kuningan namun hanya sedikit saja.

Luka pada sklera mata dapat menyebabkan trauma ini biasanya diakibatkan oleh beberapa benda tajam. Beberapa jenis gejala akibat trauma pada mata yang harus kamu ketahui:

  1. Akibat paparan kimia

Gejala yang timbul pada kondisi ini biasanya terjadi rasa sakit dan panas yang sangat parah pada mata sehingga mata akan berwarna merah dan kelopak mata akan mulai membengkak.

2. Akibat pendarahan

Pada kondisi seperti ini rasa yang akan timbul pada mata adalah rasa sakit tetapi tidak mempengaruhi pengelihatan anda. Kondisi ini menimbulkan mata akan mempunyai titik merah pada sklera atau pada bagian putih mata. Hal ini diakibatkan oleh  adanya pembuluh darah kecil yang terpecah di permukaan mata. Namun ada juga yang seperti pendarahan membesar sehingga menyebabkan sklera berwarna lebih merah dominan meski demikian pendarahan spontan ini tidak menunjukan adanya trauma dan umumnya keadaan ini akan membaik dengan waktu 4 – 10 hari tanpa pengobatan.

  1. Akibat hypema

Pada gejala kondisi ini biasanya pengelihatan agak sedikit kabur.

  1. Akibat kornea lecet

Gejala yang biasa dialami oleh penderita sakit mata ini adalah dengan timbulnya rasa nyeri dan mata terasa robek serta sensitivitas cahaya sangat tinggi.

  1. Akibat iritis

Pada kondisi ini biasanya akan timbul nyeri yang ditimbulkan pada bagian dalam mata terkadang akan terlihat sobekan dan akan lebih sensitif. terhadap cahaya.

  1. Akibat laserasi konjungtiva

Gejala yang akan timbul pada kondisi ini adalah nyeri dan kemerahan diikuti sensasi seperti didalam mata terdapat sesuatu

  1. Akibat laserasi pada kornea

Gejala yang biasa timbul pada kondisi seperti ini adalah penurunan kemampuan dalam melihat benda sekitar dan juga mata akan terasa sakit.

  1. Akibat retaknya arbital

Gejala yang biasa akan datang pada kondisi ini adalah nyeri terutama saat bola mata bergerak ataupun berputar, pembengkakan pada bagian kelopak mata yang akan lebih memburuk saat kita mengeluarkan ingus dan terdapat pengelihatan ganda  saat kita memandang sesuatu.

Pembengkakan pada sekitar mata saat kondisi seperti ini dan juga memar sering terjadi namun jika mata berwarna hitam atau biasa disebut mata panda disebabkan oleh hasil darah yang menumpuk di kelopak mata. Keadaan seperti ini membutuhkan waktu yang cukup lama sekitar berminggu – minggu bahkan bulanan agar kehitaman pada bagian  mata hilang.

Dan masih banyak lagi  beberapa trauma pada mata yang dapat membuat mata anda merasakan nyeri, sakit dan semacamnya.

Apakah anda harus pergi ke dokter? Pastikan anda mengalami hal berikut sebelum pergi ke dokter:

  1. Ada rasa sakit di bagian mata sangat parah
  2. Ada seperti bercak darah atau seperti terdapat kabut di bagian belakang kornea
  3. Luka yang  terjadi pada bagian kelopak mata maupun pada bagian bola mata
  4. Mata anda jika dibuka akan sakit atau seolah – olah mata mengalami penolakan saat dibuka
  5. Memiliki pengelihatan ganda maupun tidak dapat melihat ke atas
    Sponsors Link

  6. Pada saat anda melakukan kedipan pada bagian mata akan mengeluarkan air terus – menerus yang sebelumnya sudah dibahas penyebab mata sakit saat berkedip.
  7. Penglihatan mulai kabur atau mulai hilang di salah satu mata kanan ataupun kiri.
  8. Sebuah benda yang cukup keras mengenai pada bagian mata dengan kecepatan yang cukup tinggi (seperti saat terkena benda terlempar dari percikan yang dihasilkan oleh mesin pemotong rumput)
  9. Sebuah benda yang cukup tajam mengenai mata seperti terkena kuku
  10. Trauma dapat menyebabkan kulit sobek dan biasa jadi ini memerlukan jahitan perlu jahitan
  11. Ukuran yang pupil tidak sama

Bagaimana cara menangani luka pada mata terutama pada sklera agar tidak terinfeksi?

Langkah yang anda harus lakukan adalah lindungi mata anda dengan kain yang cukup bersih dengan cara menutupi mata anda kemudian basuh mata dengan air yang bersih lebih baik tidak menggunakan sabun setelah itu anda harus menekannya dengan kasa yang telah steril dengan waktu selama kurang lebih 10 menit.

Mungkin setelah itu akan terjadi pembengkakan pada saat ada hasil luka pada jaringan lunak atau sekitar tulang mata. Hal yang harus anda lakukan adalah dengan mengkompresnya hingga dapat meredakan nyeri dengan kurun waktu kurang lebih 20 menit, air kompresan yang harus digunakan adalah air es anda juga bisa meredakan nyeri pada mata dengan obat ibuprofen.

Biasanya kondisi seperti ini akan menyebabkan mata menghitam di sekitarnya kurang lebih selama  2 – 3 hari ke depannya, anda tidak perlu khawatir akan hal ini karena dapat di pastikan mata menghitam tidak sebuah efek yang harus dikhawatirkan karena ini termasuk hal yang biasa setelah pembengkakan jadi anda tidak perlu cemas. Anda juga tidak usah terlalu khawatir jika terdapat pendarahan di bagian subkonjuctival yakni dibagian sklera (bola mata berwarna putih) karena keadaan seperti ini biasanya tidak langsung masuk kedalam mata dan penyembuhannya pun atau untuk pemulihan agar berwarna seperti semula tidak dipengaruhi oleh obat.

Namun beberapa kasus pada sakit mata  juga melibatkan tahap operasi untuk tahap perbaikan, sebelum tahap operasi biasanya tahap utama adalah dengan memberikan antibiotik untuk membunuh kuman didaerah mata sampai tahap pembedahan pada bagian mata. Setelah pembedahan pun tidak serta merta akan sembuh harus melakukan beberapa terapi medis karena jika tidak bisa terjadi gangguan pengelihatan total dikarenakan oleh pembedahan tersebut berdampak pada peradangan mata yang satunya sehingga terapi ini sebagai pencegah terjadinya hal – hal yang buruk setelah pembedahan.

Lalu bagaimana cara pencegahannya agar mata kita baik – baik saja? Yang perlu anda perhatikan adalah melindungi mata anda dari benda tajam terutama kuku yang biasa digunakan untuk bagian mata ataupun benda tajam lainnya dan juga paparan sinar matahari serta paparan polusi karena ini dapat menyebabkan mata iritasi.

Demikian penjelasan mengenai luka pada sklera mata. Semoga bermanfaat.

,