Sponsors Link

Makanan Penurun Tekanan Bola Mata Yang Baik Dikonsumsi

Sponsors Link

Jenis penyakit mata tekanan yang terjadi pada bola mata bisa menyebabkan masalah yang serius apabila tidak segera diatasi. Pada saat tekanan pada mata semakin meningkat, maka saraf okular akan rusak dan mengakibatkan hilangnya penglihatan tepi sekaligus meningkatkan kemungkinan seseorang terkena glaukoma. Mempertahankan tekanan mata dalam batas normal sekitar 10 sampai 22 mm /  Hg menjadi cara terbaik yang bisa dilakukan dan salah satunya bisa dilakukan dengan beberapa makanan penurun tekanan bola mata seperti yang akan kami jelaskan berikut ini.

ads

1. Makanan Tinggi Vitamin C

Lebih dari 25% vitamin dan juga makanan yang bisa ditemukan dalam setiap makanan bernutrisi nantinya akan diserap lewat saraf, jaringan dan juga pembuluh darah yang mendukung penglihatan manusia. Salah satu jenis vitamin yang sangat dibutuhkan adalah vitamin C sebab kebutuhan vitamin C tertinggi dalam tubuh manusia terletak pada mata dan juga hampir di seluruh bagian tubuh manusia.

Untuk itu, makanan tinggi akan vitamin C merupakan makanan untuk menjaga kesehatan yang sangat penting untuk dikonsumsi tidak hanya untuk menjaga tekanan bola mata agar tetap stabil namun juga menjaga kesehatan mata secara menyeluruh. Beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin C tinggi dan baik dikonsumsi diantaranya adalah:

  • Jenis jeruk: Lemon, limau, nektarin, grapefruits dan jeruk nipis.
  • Buah buahan: Kiwi, strawberry, raspberry, peach, jambu biji, mangga dan leci.
  • Sayur sayuran: Paprika merah, kubis brussel, brokoli, kale dan kubis hijau.

2. Makanan Tinggi Zinc, Vitamin A dan B

Mkaanan penurun tekanan bola mata selanjutnya bisa didapat dari makanan yang mengandung zinc, vitamin A dan juga vitamin B. Vitamin dan mineral ini sangat baik untuk menjaga kesehatan mata secara menyeluruh sekaligus juga untuk mengurangi tekanan yang terjadi pada bola mata. Kekurangan satu dari tiga jenis nutrisi ini nantinya bisa mempengaruhi kemampuan tubuh untuk bekerja termasuk juga organ mata dan mencegah terjadinya penyebab iritasi mata merah. Beberapa jenis makanan yang mengandung zinc, vitamin A dan juga vitamin B terbaik yang bisa anda konsumsi diantaranya adalah:

  • Makanan tinggi zinc: Kacang pinus, kerang, gandum, pecan, telur dan ikan.
  • Makanan tinggi vitamin A: Mangga, blewah, wortel, ubi jalar, aprikot kering, kuning telur, bayam, susu, hati dan keju mozarella.
  • Makanan tinggi vitamin B: Bisa ditemukan dalam alpukat, pisang, kacang polong, kentang, kacang brazil, hati, kalkun dan ikan tuna.

3. Makanan Tinggi Asam Lemak Omega 3

Makanan yang tinggi akan kandungan asam lemak omega 3 juga sangat baik dikonsumsi sebagai makanan penurun tekanan bola mata sebab kaya akan kandungan antioksidan dan juga bioflavenoids yang bisa membantu meurunkan risiko berbagai penyakit mata.

Menurut US News and World Report berdasarkan hasil sebuah penelitian yang dilakukan di University of Melbourne membuktikan jika makanan yang tinggi akan asam lemak omega 3 sangat efektif untuk meningkatkan kesehatan mata dengan cara memperkaya sel sel saraf pada retina. Beberapa makanan tinggi akan asam lemak omega 3 yang baik untuk dikonsumsi diantaranya adalah walnut, minyak ikan cod, segala jenis ikan, biji rami, tahu mentah dan juga kacang kedelai.

4. Makanan Tinggi Lutein

Lutein merupakan nutrisi penting berikutnya yang sangat ampuh untuk menurunkan tekanan pada bola mata. Beberapa makanan tinggi akan lutein yang bisa dikonsumsi diantaranya adalah lobak, jagung, wortel, kangkung, bayam, paprika merah, sawi hijau, peterseli, tomat, dill, buah beri, kentang, apel dan juga plum. Lutein juga bisa mencegah penyebab kebutaan mata.

Sponsors Link

5. Herbal

Hebal juga bisa ditambahkan kedalam makanan atau dikonsumsi sebagai pengganti teh yang sangat baik untuk mengatasi masalah tekanan pada bola mata. Dari beberapa penelitian membuktikan jika gingko biloba sangat baik dikonsumsi untuk mengatasi berbagai gangguan mata seperti glaukoma. Sedangkan bilberry juga menjadi herbal lain yang sangat baik dikonsumsi untuk meningkatkan kualitas penglihatan dan menghindari penyebab mata bintitan pada anak .

Itulah tadi beberapa jenis makanan penurun tekanan bola mata yang paling direkomendasikan untuk dikonsumsi tidak hanya untuk mengatasi masalah tekanan bola mata, namun juga mencegah dan mengatasi berbagai masalah penglihatan sekaligus meningkatkan kesehatan mata secara menyeluruh. Semoga bisa bermanfaat untuk anda. Tidak perlu terlalu khawatir karena glaukomat bukan  penyakit mata yang menular.

, ,