Sponsors Link

Gizi Makanan untuk Mata Kering

Sponsors Link

Mata kering ada salah satu kelainan mata yang diakibatkan berkurangnya cairan pada mata. Berkurangnya cairan ini disebabkan air mata yang menguap saat mata dalam kondisi siaga, untuk orang yang bekerja di depan komputer atau orang yang mengandalkan matanya dalam melakukan aktivitas. Selain itu kurangnya cairan pada mata ini sebabkan karena produksi air mata yang telalu sedikit. Sehingga suplai air mata berkurang dan mata akan kering. Kalau kondisinya sudah seperti ini akan timbul beberapa indikasi yaitu:

ads
  • Mata merah, bengkak dan terasa sakit.
  • Mata terasa berpasir dan gatal.
  • Senstivif terhadap sinar matahari.
  • Buram penglihatannya, namun membaik jika berkedip.
  • Terlihat selaput lendir tipis di area mata.
  • Kelopaka mata antara atas dan bawah saling menempel saat bangun tidur.

Baca juga:

Produksi air mata yang sedikit dikarenakan kurangnya asupan gizi yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata. Sebagai solusinya adalah jika mata anda kering, maka perbaiki gizi makanan anda agar fungsi mata menjadi normal. beberapa jenis makanan di bawah adalah jenis makanan untuk mata kering yang bisa anda konsumsi untuk menyelesaikan permasalahan mata anda.

Minyak Ikan dan ikan Salmon

Minyak merupakan sumber lemak esensial yang tinggi yang mampu memperbaiki kesehatan mata. Lemak esensial ini berupa EPA dan DHA yang juga bisa dapatkan langusng dari daging ikan salmon, halibut, tuna dan sarden. Selain dari asam lemak esensial dari hewani ada juga jenis asam lemak yang didapat dari biji rami dan minyak biji rami.

Omega ini bukan hanya bagus untuk kesehatan mata atau sebagai makanan mata kering. Zat yang banyak dalam ikan di perairan dingin ini juga berfungsi untuk mengurangi resiko alzeimer, mengingatkan fungsi otak dan mencegah gangguan kejiwaan seperti achizophrenia.

Buah dan Sayuran

penyakit mata kering ini diakibatkan adanya radikal bebas yang menyerang tubuh. Pertanyaannya kenapa tubuh mudah terserang oleh radikal bebas? Sebab tubuh tidak cukup memiliki antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Berkurangnya radikal bebas dalam tubuh ini biasanya disebabkan karena faktor usia, kurang olahrag dan gaya hidup yang buruk,seperti merok dan minum alkohol secara berlebihan.

mengkonsumsi buah dan sayuran secara teratur dapat menigkatkan jumlah anti oksidan dalam tubuh, sehingga tubuh menjadi lebih kebal terhadap serangan radikal bebas. Kandungan gizi dalam buah dan sayuran yang mampu mempebaiki atau meningkatkan antioksidan dalam tubuh.

Vitamin C, E dan Vitamin A. Ketiga jenis vitamin ini mengandung antioksidan yang cukup tinggi serta mampu mencegah gangguan mata yang disebabkan karena faktor umur dan faktor lainnya. Belum lagi mineral seperti zinc dan selenium juga sangat membantu penyerapan anti oksidan. Namun perlu ingat jumlah asupan dari makanan yang mengandung antioksidan ini hendaknya tidaklah berlebihan. Makan sewajarnya saja agar tubuh bisa menyerap manfaat dari makanan yang kita cerna.

1.Vitamin A

Selain sayuran seperti bayam dan wortel vitamin A ini bisa diperoleh dari hati dan telur. manfaat vitamin A membantu retina menjalankan fungsinya dengan normal serta menjaga sensitivitas retina terhadap cahaya. Vitamin A juga merfungsi untuk mengurangi katarak dan penyakit degenarasi yang diakibatkan faktor usia.

Sumber vitamin A: Wortel, bayam, telur dan hati.

Baca juga:

2.Vitamin C
Selain memperkuat otot dan tulang serta memelihara kesehatan gigi dan gusi, vitamin C ini juga penting dalam menjaga kesehatan mata. Vitamin C dapat mencegah penyakit katarak.

Sumber vitamin C: Jeruk, Strobery, Brokoli dan Paprika.

3.Vitamin E
Vitamin sama seperti vitamin A dan C. Vitamin ini mampu mencegah penyakit katarak.

Sumber Vitamin E: kacang-kacangan dan sayuran berdaun hijau.

Baca juga:

Sponsors Link

Makanan yang Mengandung Kalium dan Zinc

Bahan makanan yang mengndung kalium diantaranya adalah bibit gandum, rumput laut, almond, pisang,kismis, kurma, alpukat dan buah ara. Sedangkan makanan yang mengandung zinc bisa di dapat dari kacang-kacangan, rumput laut, hati, jamur, dan biji matahari.

Air Putih yang Utama

Meskipun bukan termasuk dalam kategori makanan air putih merupakan unsur vital dalam tubuh manusia. Bahkan komponen berat badan 60 persen adalah air. Air ini akan berugas membantu organ-organ tubuh menjalankan fungsinya dengan baik. Kekurangan air atau dehidrasi bisa mengakibatkan organ tubuh tidak berfungsi normal.

Untuk kebutuhan air minum sesuai standar yang dirokomendasikan medis adalah 2 liter untuk wanita, sementara untuk pria setidaknya membutuhkan 3 liter air setiap hari.

Demikian ulasan mengenai makanan untuk mata kering, semoga bisa menjadi solusi penyakit mata kering yang anda hadapi.

, , , ,