Sponsors Link

27 Makanan untuk Menjaga Kesehatan Mata yang Wajib Dikonsumsi

Sponsors Link

Masyarakat Indonesia lebih cenderung makanan yang kriuk-kriuk, digoreng-goreng, dan makanan cepat saji. Padahal resiko berbagai penyakit bisa muncul kapan saja. Ada baiknya membiasakan anak makan makanan sehat sejak kecil sehingga kesehatan mata juga bisa terjaga dengan baik. Banyak sekali makanan yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan mata. Khususnya makanan alami yang mengandung banyak vitamin.

ads

Ada baiknya membiasakan makan buah atau minum 1 gelas jus buah untuk kesehatan mata setiap harinya sehingga tetap sehat dalam segala kondisi. Adapun makanan untuk menjaga kesehatan mata yang disarankan ialah sebagai berikut:

1. Wortel

Wortel dikenal sebagai sayuran yang banyak mengandung vitamin A. Wortel juga merupakan sayuran yang sangat dianjurkan oleh setiap orang untuk dikonsumsi setiap harinya karena banyak manfaatnya. Bahkan bayi yang sudah mulai makan nasi tim, biasanya disarankan untuk mencampurnya dengan wortel sebagai sayuran yang sangat baik bagi kesehatan mata. Cara pemanfaatannya bisa disajikan dalam bentuk sup atau minuman seperti jus. Biasanya jus wortel dicampur dengan tomat dan madu untuk menimbulkan rasa yang enak dan segar.

Baca juga: Jenis-Jenis Penyakit Mata.

2. Anggur

Buah anggur merupakan buah yang banyak mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh. anggur jika dikonsumsi akan sangat baik untuk menjaga kesehatan retina dan kesehatan mata. Kandungan buah anggur juga bisa menghindari resiko terkena penyakit makula, atau nama lain penyakit mata yang bisa membuat seseorang bisa mengalami kebutaan.

Baca juga: Penyakit Mata Ablasio.

3. Jeruk Lemon dan Jeruk Nipis

Jeruk lemon dan jeruk nipis sangat banyak mengandung vitamin C dan vitamin A. Jeruk jika sering dikonsumsi maka bisa untuk melindungi dan menjaga kesehatan mata. Resiko gangguan mata seperti rabun dan retinopati diabetik bisa diatasi.

Jeruk lemon bukan hanya dikenal sebagai buah yang sangat baik bagi antibodi seseorang, melainkan sangat baik untuk kesehatan tubuh. Jeruk lemon bisa dimanfaatkan dengan mencampurkannya ke dalam minuman kita. Misalnya sedang ingin minum es degan, bisa juga ditambah dengan perasan air lemon seperti es kuwut yang berasal dari Bali.

Baca juga: Penyakit Mata Akibat Diabetes.

4. Kiwi

Kiwi ialah buah yang mengandung banyak karotenoid dan lutein yang sangat tinggi. Kandungan di dalam kiwi dapat membantu dalam penangkalan radikal bebas yang dapat membuat terjadinya banyak gangguan pada mata. Kiwi bisa dikonsumsi menjadi minuman jus yang rasanya sangat segar. Kiwi dikenal sebagai buah yang mahal tapi manfaatnya sebanding dengan harganya.

Baca juga: Manfaat Buah Bit untuk Mata.

5. Jambu Biji

Jambu biji mengandung banyak sekali betakaroten dan vitamin. Apabila Anda mengkonsumsi jambu biji dapat terhindar dari segala macam gangguan mata. Resiko mata rabun juga bisa dicegah sejak dini dengan mengkonsumsi buah jambu biji.

6. Ubi Jalar

Ubi jalar di dalamnya banyak sekali terkandung vitamin A dan beta karoten yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Khususnya untuk ubi jalar ungu memiliki kandungan vitamin A yang paling tinggi. Pemanfaatan ubi jalar bisa diolah menjadi keripik, kue, dan es krim.

Sponsors Link

7. Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari sangat baik untuk kesehatan mata karena di dalamnya banyak sekali mengandung vitamin E dan zinc. Biji matahari pada umumnya dikonsumsi dalam bentuk cemilan yang disebut dengan kuaci. Bahkan kini sudah dikembangkan kalau minyak dari biji bunga matahari bisa dikonsumsi menjadi suplemen yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Baca juga: Cara Mengobati Sakit Mata dengan Cepat.

8. Daging Merah

Daging merah dari daging sapi yang sudah divilet atau dihilangkan lemaknya banyak sekali mengandung zinc sehingga bermanfaat bagi tubuh kita dalam penyerapan vitamin A. apabila Anda rutin mengkonsumsi daging sapi vilet ini maka kesehatan mata bisa lebih baik.

10. Susu

Susu mempunyai banyak nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan mata. Susu di dalamnya terkandung banyak sekali vitamin A dan  vitamin B sehingga sangat baik untuk mengatasi iritasi atau mata merah. Apabila Anda sering minum susu setiap harinya, maka biasanya Anda akan memiliki tingkat ketajaman indera penglihatan.

Baca juga: Alergi Mata pada Anak.

11. Blewah

Blewah biasanya digunakan sebagai campuran es buah, es dawat, dan es campur. Blewah merupakan buah yang sangat banyak terkandung vitamin A dan betakaroten di dalamnya sehingga sangat baik untuk kesehatan mata.

12. Belimbing

Belimbing wuluh dan belimbing buah biasanya akan dikombinasikan dengan aneka sayur sehingga memiliki rasa asam. Belimbing wuluh dapat digunakan untuk aneka manisan. Selain terkenal dengan rasanya yang manis, ternyata belimbing wuluh sangat banyak mengandung beta karoten yang bisa diubah menjadi retinol dan vitamin A.

Baca juga: Jenis Penyakit Mata pada Anak.

13. Melon

Melon merupakan buah yang sangat baik sebagai pencegah kanker dan serangan jantung. Buah melon sangat baik untuk menjaga mata agar tetap sehat. Melon juga banyak mengandung beta karoten yang bisa diubah vitamin A. Buah melon banyak sekali mengandung vitamin A yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin A harian sebanyak 25 persen.

Sponsors Link

14. Semangka

Buah semangka di dalamnya kaya akan nutrisi vitamin A, lutein, vitamin C, beta karoten, dan zeaxanthin. Apabila Anda rutin mengkonsumsi semangka, maka bisa mencegah mata mengidap gangguan rabun. Semangka juga sangat baik untuk mengatasi terjadinya pengeringan air mata, glaukoma, dan silinder.

Baca juga: Penyakit Mata yang Menular.

15. Kemangi

Kemangi dikenal sebagai lalapan dan campuran sayur yang rasanya pahit tapi baunya harum. Biji kemangi atau biji selasih sering digunakan sebagai bahan campuran sayuran. Daun kemangi merupakan sayuran yang memang sangat baik bagi kesehatan mata sehingga sangat baik untuk dikonsumsi sehari-hari.

16. Kangkung

Kangkung merupakan sayuran yang sangat baik untuk kesehatan mata. Kangkung memiliki harga murah sehingga bisa diolah menjadi makanan yang lezat apabila dimasak dengan bumbu yang sesuai. Kangkung merupakan menu yang sangat banyak mengandung vitamin A sehingga dapat menyehatkan mata. Apabila Anda mengkonsumsi kangkung, maka Anda bisa menangkal berbagai macam radikal bebas yang bisa merusak kornea mata. Kangkung pun bisa membuat seseorang menjadi katarak.

17. Ikan Laut

Makanan untuk menjaga kesehatan mata berikutnya adalah ikan laut. Ikan laut seperti makarel, salmon, ikan teri, dan tuna sangat banyak mengandung DHA. DHA ialah asam lemak yang bisa ditemukan di area retina. Apabila Anda kekurangan DHA, maka Anda bisa mengidap gangguan penglihatan dan kesehatan mata.

Baca juga: Cara Merilekskan Mata.

18. Pisang

Pisang ialah buah yang banyak sekali mengandung vitamin A di dalamnya sehingga bisa larut dalam lemak. Pisang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi setiap harinya karena sangat baik untuk kesehatan retina, bahkan bisa mengurangi resiko kebutaan.

Baca juga: Penyebab Kebutaan Mata.

19. Kacang Polong

Kacang polong bisa diolah menjadi aneka camilan yang sangat gurih. Kacang polong juga banyak sekali mengandung vitamin C, vitamin B kompleks, zat besi, seng, protein, karoten, dan folat. Kacang polong juga banyak mengandung karotenoid yang sangat baik untuk membantu dalam perlindungan mata.

ads

20. Paprika

Paprika merupakan buah yang berwarna hijau, kuning, dan merah. Paprika juga banyak mengandung vitamin B1, vitamin A, vitamin B2, vitamin C, vitamin B6, vitamin E, beta karoten, karbohidrat, asam folat, fosfor,dan kalsium. Kandungan di dalam paprika juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata sehingga bisa terhindar dari katarak.

21. Bayam

Bayam ialah sayuran hijau yang banyak mengandung lutein dan zeaxanthin. Bayam banyak sekali mengandung vitamin bagi kesehatan mata dan glaukoma. Bayam juga dikenal sebagai makanan yang mengandung banyak zat besi sehingga sangat aman dikomsumsi sehari-hari.

Baca juga: Penyakit Mata Astigmatisma.

22. Alpukat

Makanan untuk menjaga kesehatan mata selanjutnya adalah alpukat. Buah alpukat sangat banyak mengandung lutein yang dapat digunakan sebagai penyerapan nutrisi seperti alpha karoten dan beta karoten. Nutrisi tersebut merupakan nutrisi yang sangat baik dalam pembentukan vitamin A.

23. Bawang Putih

Bawang putih memiliki banyak kandungan vitamin B1, glutathione, selenium, vitamin C, dan quercetin sangat baik bagi perlindungan efek buruk dari sinar UV. Bawang putih juga merupakan bumbu yang sangat baik digunakan sebagai penguat daya tahan tubuh dan penguat sel-sel optik sehingga dapat membuat mata bisa selalu dalam kondisi sehat.

Baca juga: Penyakit Mata Hipermetropi.

24. Tomat

Tomat merupakan sayur yang biasa digunakan sebagai lalapan. Tomat juga buah yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit dan kesehatan mata. Tomat sangat baik bagi kesehatan mata karena mengandung  vitamin A, vitamin C, dan likopen atau nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan mata. Tomat bisa dikonsumsi dengan cara dijus atau diiris untuk lalapan.

Baca juga: Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami.

24. Dark Chocolate

Dark chocolate banyak mengandung flavonoid yang sangat bermanfaat untuk melindungi pembuluh darah pada mata. Dark Chocolate dapat memperkuat bagian-bagian mata seperti kornea dan retina sehingga memiliki penglihatan yang selalu sehat. Cokelat juga sangat baik untuk dikonsumsi agar dapat meningkatkan mood.

25. Brokoli

Brokoli di dalamnya banyak sekali mengandung nutrisi seperti lutein dan zeaxanthin yang sangat baik untuk melindungi mata dari efek buruk sinar matahari serta radikal bebas. Brokoli bisa diolah menjadi sup atau tumisan. Selain itu, brokoli juga bisa digunakan sebagai sayuran yang digoreng menggunakan tepung dengan cara yang sama seperti jika Anda memasak ayam krispi.

Baca juga: Manfaat Buah Rimbang untuk Mata.

26. Kol

Kol mengandung banyak lutein dan zeaxanthin. Apabila Anda mengkonsumsi kol secara rutin maka bisa untuk mencegah katarak mata. Kol merupakan sayuran yang sangat baik untuk menu sup dan tumisan lezat. Kol juga sangat cocok untuk digunakan sebagai lalapan.

Baca juga: Obat Sakit Mata di Apotik.

27. Jagung

Jagung merupakan makanan bernutrisi yang sangat baik untuk kesehatan mata. Jagung juga banyak mengandung vitamin A yang bisa dimanfaatkan dengan cara direbus atau pun dimakan secara langsung. Kemudian jagung biasanya juga dibuat bakwan dan dibuat campuran sayur asam. Selain itu, jagung juga sangat baik dimakan sebagai camilan popcorn, diolah menjadi tepung jagung, dan digunakan campuran dalam pembuatan aneka kue.

Mata merupakan pelita kehidupan. Kesehatan mata menjadi kesehatan yang cukup vital bagi seseorang. Setiap pekerjaan manusia membutuhkan mata dalam bekerja melihat berbagai obyek. Bahkan mata merupakan fokus utama dari setiap gerakan manusia dan apa yang dilihatnya. Menjaga kesehatan mata merupakan sebuah keharusan sehingga bisa dibiasakan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A sejak dini.

, , , , ,