Sponsors Link

Selain Wortel, Ini 10 Makanan yang Baik untuk Retina Mata

Sponsors Link

Pekerjaan Anda mensyaratkan Anda untuk sering berada di depan layar komputer? Atau Anda suka terlalu lama menatap layar TV atau smartphone Anda? Anda sebaiknya mulai waspada, pendaran cahaya layar komputer dan smartphone dapat menurunkan daya penglihatan Anda.

ads

Mata merupakan salah satu organ tubuh penting yang terkadang Anda kesampingkan perawatan kesehatannya. Mata memiliki sistem saraf yang kompleks dan salah satu bagian mata yang terpenting adalah retina. Retina sendiri adalah lapisan sangat tipis yang peka terhadap cahaya.

Cara menjaga kesehatan retina mata tidak hanya terbatas pada membatasi tingkat paparan radiasi cahaya yang masuk ke mata Anda karena alat-alat elektronik yang Anda gunakan. Namun apa yang Anda makan juga berpengaruh terhadap kesehatan mata Anda.

Pada dasarnya ada beberapa jenis zat gizi yang dibutuhkan mata Anda agar menjadi lebih sehat. Lutein dan zeexanthin yang banyak terkandung dalam sayuran hijau. Beta karoten yang banyak terkandung dalam sayuran yang berwarna kuning dan orange. Serta asam lemak omega 3 yang banyak terkandung dalam ikan dan kacang-kacangan.

Untuk Anda yang peduli terhadap kesehatan mata Anda terutama retina, sepuluh makanan selain wortel ini bisa Anda masukan ke dalam menu masakan sehari-hari agar kesehatan mata Anda terus terjaga dengan baik. Berikut beberapa makanan yang baik untuk retina mata:

  1. Sayuran yang berwarna hijau

Sayuran yang berwarna hijau mengandung zat lutein dan zeaxanthin, yang merupakan bentuk dasar dari vitamin A. Kedua zat ini yang berfungsi untuk melindungi mata dari sinar berbahaya yang masuk ke dalam mata. Serta dapat menurunkan resiko Anda terkena penyakit mata jangka panjang, termasuk penyakit penurunan kemampuan penglihatan karena usia dan katarak. Berbagai macam sayuran seperti bayam hijau, brokoli dan sayuran collard dipercaya memiliki kedua zat penting ini. Selain itu sayuran hijau tersebut juga kaya akan vitamin C dan E.

  1. Paprika merah atau kuning

Paprika merah mengandung banyak beta karoten yang merupakan salah satu bahan dasar pembetuk vitamin A. Selain itu sayuran ini juga akan memberi Anda banyak vitamin C dan E. Kombinasi vitamin A dan C pada paprika yang berwarna cerah (merah atau kuning) terbukti sangat baik untuk pembuluh darah di mata, dan bisa menurunkan risiko Anda terkena katarak. Ada baiknya Anda jangan terlalu lama dalam memasak paprika, karena bisa terkena panas terlalu lama, akan memecah ikatan kimia di dalam vitamin C. Jadi lebih baik menikmatinya dengan ditumis sebentar saja.

  1. Ubi jalar

Ubi jalar yang daging umbinya berwarna orange atau kuning sangat baik untuk kesehatan mata Anda. Selain mengandung beta karoten yang tinggi, ubi jalar juga mengandung antioxidan, vitamin C dan E yang penting untuk menjaga ketahanan tubuh dan kesehatan kulit Anda. Beta karoten sebenarnya bukan lah vitamin A itu sendiri. Beta karoten lebih sebagai preformed dan prekusor vitamin A. Nantinya setelah masuk kedalam tubuh, beta karoten akan diubah tubuh Anda menjadi vitamin A.

  1. Labu kuning

Sama seperti paprika yang berwarna cerah dan ubi jalar, labu kuning juga sangat baik untuk kesehatan mata. Apalagi alasan kalau bukan karena sayuran ini mengandung beta karoten dan vitamin C. Selain itu, labu mengandung zinc, salah satu mineral penting yang akan membantu membawa vitamin A ke retina mata Anda.

  1. Daging sapi dan unggas

Makanan dengan kandungan protein tinggi juga sangat baik untuk kesehatan mata Anda. Protein hewani yang merupakan salah satu preformed vitamin A banyak terdapat pada daging sapi dan unggas. Selain itu dalam daging sapi dan unggas terdapat juga zinc yang sangat baik juga untuk mata Anda.

  1. Telur

Selain lezat, telur merupakan salah satu bahan makanan yang murah dan terjangkau ini ternyata memiliki khasiat yang baik untuk mata. Telur mengandung zinc, berbagai vitamin seperti vitamin C dan E, serta mengandung lutein dan zeaxanthin.

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah sumber penghasil omega 3 yang sangat baik untuk kesehatan mata. DHA, EPA dan ALA adalah contoh bentuk asam lemak omega 3. Konsumsi omega 3 ini bahkan menurut penelitian juga sangat baik untuk perkembangan fungsi penglihatan pada janin yang masih dalam kandungan ibunya. Kacang-kacangan seperti kacang polong, kacang tanah, hazelnut, dan lain-lain, selain mengandung omega 3 juga banyak mengandung vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit Anda.

Sponsors Link

  1. Biji-bijian

Sama seperti kacang–kacangan, beberapa jenis biji–bijian yang aman dikonsumsi juga ternyata mengandung banyak omega 3 dan pastinya kaya vitamin E. Anda bisa menambahkan beberapa biji-bijian seperti chia seeds, flax seeds, atau hemp seeds pada menu sarapan sehat Anda. Dijamin selain rasanya yang enak, juga menyehatkan mata dan kulit Anda.

  1. Ikan

Retina mata Anda membutuhkan dua jenis asam lemak omega 3 untuk berfungsi dengan baik, yaitu Docosehaxaenoic Acid (DHA) dan Eicosapentaenoic acid (EPA). Beberapa ikan dipercaya kaya akan kandungan omega 3 yang baik untuk mata.

Penelitian juga menyatakan bahwa minyak ikan dapat mengembalikan kelembaban mata yang kering, termasuk mata yang kering akibat terlalu lama menatap layar komputer, tv atau gadget. Jenis ikan yang dapat Anda masukan kedalam menu masakan sehat Anda antara lain ikan tuna, salmon, mackerel, sarden, ikan trout, ikan kembung, ikan sarden, ikan teri atau ikan haring.

  1. Air putih

Air putih? Mungkin Anda bertanya-tanya apa hubungannya minum air dengan kesehatan mata? Jangan salah, dengan rutin meminum air putih yang cukup juga berarti Anda peduli pada kesehatan mata Anda. Air merupakan hal penting bagi mata Anda. Karena mata butuh banyak kelembaban agar tidak dehidrasi dan kering. Dengan minum air yang cukup, maka akan semakin terjaga kesehatan mata Anda.

Itulah beberapa makanan yang baik untuk retina mata agar terhindar dari penyakit. Selain mengkonsumsi makanan yang kaya akan unsur penting yang diperlukan mata, menjaga pola hidup sehat juga akan membantu kesehatan mata Anda. Hindari menatap layar monitor komputer, TV atau gadget terlalu lama, berikan mata Anda istirahat beberapa saat bila dirasa telah sangat lelah. Menghentikan kebiasaan merokok juga menjadi salah satu langkah baik yang akan membantu kesehatan mata Anda. Selain itu, dengan berolahraga yang teratur dan menghindari stress juga bisa menjadi salah satu solusi untuk menjaga kesehatan mata Anda.

, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman