Sponsors Link

6 Jenis Minuman dan Makanan Yang Dilarang Untuk Penderita Katarak

Sponsors Link

Katarak merupakan salah satu jenis penyakit mata atau keadaan dimana lensa mata mengalami kondisi kerung yang tadinya dalam keadaan bening kemudian kondisi penglihatan menjadi kabur. Katarak tidak akan mengakibatkan rasa sakit pada mata dan penyakit ini merupakan penyakit yang cukup umum terjadi dikalangan orang tua. Lensa mata merupakan bagian transaparan yang ada di titik hitam bagian tengah mata yang terlihat gelap. Fungsinya adalah untuk membuat fokus cahat pada bagian lapisan retina. Dengan adanya katarak, lensa mata akan berkurang kejernihan nya selain itu cahaya yang masuk ke dalam mata juga akan terhalang.

ads

Pada umumnya memang katarak baisa diderita oleh orang tua, namun tidak menutup kemungkinan seorang bayi pun disa terindikasi katarak. Ciri-ciri mata katarak pada bayi bisa Anda lihat pada matanya yang terlihat keruh. Selain itu, karena seiring bertambahnya usia bayi tentu saja perkembangan mata juga harus ikut bertambah, namun untuk bayi yang menderita katarak penglihatan mereka tidak akan bisa fokus, bahkan mereka cenderung menabrak barang yang ada di sekitarnya. Katarak bisa menjadi jika penyakit mata pada anak berbahaya jika tidak segera diatasi.

Saat seseorang menderita katarak Ada beberapa minuman dan makanan yang dilarang untuk penderita katarak. Makanan-makanan tersebut bisa saja mempengaruhi pada kondisi katarak yang semakin buruk.

1.  Makanan yang terdapat margarin

Makanan yang ada margarinnya menjadi makanan pertama yang dilarang untuk penderita katarak. Anda perlu tahu bahwa di dalam margarin ada kandungan yang akan berpotensi mengganggu kesehatan mata Anda. Untuk seseorang yang mengalami kondisi katarak, mengkonsumsi margarin akan sangat buruk karena malah akan semakin mengganggu kesehatan mata.

2. Gorengan

Gorengan adalah makanan yang sangat sering dikonsumsi banyak orang di pagi hari. Namun, ternyata mengkonsumsi gorengan menjadi pantangan untuk penderita katarak. Karena dengan mengkonsumsi gorengan malah akan semakin memperburuk kondisi katarak Anda.

3. Makanan dengan kandungan gula yang tinggi

Minuman dan makanan yang dilarang untuk penderita katarak selanjutnya adalah makanan yang mempunyai kandungan tinggi. Tidak hanya makanan, minuman dengan kandungan gula sangat tinggi juga sangat dilarang untuk dikonsumsi. Makanan dan juga minuman dengan kandungan gula dipercaya mempunyai kandungan fruktosa sangat tinggi. Gula yang ditambahkan sangat banyak sudah terbukti akan meningkatkan resiko hipertensi dan juga trigliserida. 2 penyakit tersebut adalah yang akan memicu bertambah buruknya kondisi katarak.

4.  Minuman yang mengandung soda

Banyak sekali orang menyukai minuman bersoda. Namun, bagi penderita katarak sebaiknya berhati-hati mengkonsumsi minuman bersoda karena kandungan di dalamnya malah akan mengganggu kondisi katarak Anda.

5. Minuman yang mengandung kafein

Kafein bisa Anda temukan di kopi dan juga teh. Di Indonesia cukup banyak penikmat kopi, terbukti dengan banyaknya café-café dengan beragam macam jenis kopi sebagai menu utamanya. Namun, Anda perlu tahu bahwa kandungan yang ada didalam kop juga akan membuat buruk kondisi penyakit katarak.

Sponsors Link

6. Minuman yang mengandung soda

Biasanya seseorang yang sangat sering mengkonsumsi minuman dengan kandungan alkohol akan sangat beresiko tinggi untuk terserang dampak buruk bagi kesehatan salah satunya untuk penyakit katarak. Oleh sebab itu, jika ternyata Anda sudah dinyatakan positif terserang penyakit mata katarak sebaiknya hindari dan hentikan mengkonsumsi minuman yang memiliki kandungan alkohol baik dengan kadar kecil atau besar. Katarak bukan penyakit mata yang menular namun tentu saja Anda harus bisa menghindari bahayanya.

Itulah 6 jenis minuman dan makanan yang dilarang untuk penderita katarak, perhatikan pantangan tersebut agar tidak membuat kondisi katarak Anda menjadi lebih parah karena katarak bisa menjadi  penyebab kebutaan mata.

, , ,