Sponsors Link

4 Manfaat Buah Bit untuk Mata dan Cara Mengolahnya

Sponsors Link

Buah bit adalah sejenis buah yang termasuk ke dalam keluarga umbi-umbian. Jenis buah bit yang akan kita bahas kali ini khususnya adalah buah bit merah. Warna merah pada buah bit menandakan bahwa buah bit mengandung beta karoten yang cukup banyak. Karena warna merahnya buah bit seringkali dimanfaatkan sebagai obat atau pewarna makanan alami.

ads

Baca juga:

Tidak hanya tomat dan wortel, buah bit adalah salah satu buah yang memiliki fungsi penting terhadap kesehatan mata, mulai dari menjaga kesehatan mata, mengurangi resiko menurunnya penglihatan (kabur), mencegah resiko katarak dan degenerasi makula, membantu menyembuhkan pembengkakan pada mata, dan juga mencegah resiko buta pada lansia.

Kandungan buah bit

Menurut USDA (2013), kandungan dalam 100 gram buah bit terdiri dari:

  1. Air sebanyak 87,58 g
  2. Energi sebanyak 43,00 kkal
  3. Protein sebanyak 1,68 g
  4. Lemak sebanyak 0,18 g
  5. Abu sebanyak 1,10 g
  6. Karbohidrat sebanyak 9,96 g
  7. Serat pangan sebanyak 2,00 g
  8. Gula sebanyak 7,96 g
  9. Kalsium sebanyak 16,00mg
  10. Besi sebanyak 0,79 mg
  11. Magnesium sebanyak 23,0 mg
  12. Fosfor sebanyak 38,0 mg
  13. Sodium sebanyak 77,0 mg
  14. Kalium sebanyak 305,0 mg
  15. Zinc sebanyak 0,35 mg
  16. Cuprum sebanyak 0,075 mg
  17. Mangan sebanyak 0,329 mg
  18. Selenium sebanyak 0,7 mg
  19. Vitamin C sebanyak 3,6 mg
  20. Thiamin sebanyak 0,031 mg
  21. Riboflavin sebanyak 0,027 mg
  22. Niasin sebanyak 0,331 mg
  23. Asam Pantotenat sebanyak 0,145 mg
  24. Vitamin B-6 sebanyak 0,067 mg
  25. Folat sebanyak 80,0 mg
  26. Betalain sebanyak 128,7 mg
  27. Beta karoten sebanyak 20,0 mg
  28. Vitamin A sebanyak 33,0 IU
  29. Vitamin E sebanyak 0,04 mg
  30. Vitamin K sebanyak 0,20 mg

Manfaat Buah Bit untuk Mata

1. Menjaga kesehatan mata

buah bitWarna merah pada buah bit menandakan bahwa buah bit mengandung beta karoten yang cukup banyak. Beta karoten adalah salah satu pigmen tanaman yang memiliki antioksidan. Dipercaya bahwa beta karoten merupakan senyawa provitamin A yang dapat dikonversi menjadi vitamin A oleh tubuh, bahkan sering disamakan dengan vitamin A.

Tetapi ternyata itu tidak benar karena vitamin A memiliki kadar normal daripada beta karoten. Selain mengandung beta karoten, buah bit juga ternyata mengandung vitamin A. Seperti diketahui bahwa vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan mata artinya satu penyakit yang timbul karena kekurangan vitamin A adalah menurunnya tingkat kesehatan mata. Artinya buah bit dapat membantu menurunkan resiko munculnya penyakit mata miopi, hipermetropi, dan astigmatisma. Dengan rasanya yang manis buah bit dapat dicampur dengan wortel untuk obat mata minus (miopi).

Sponsors Link

Baca juga: Penyakit Mata Hipermetropi.

Selain menjaga kesehatan mata beta karoten dapat mempertahankan fungsi mata normal. Beta karoten merupakan salah satu nutrisi utama untuk mata yang mengandung senyawa lutein dan zeaxanthin yang bermanfaat bagi mata. Zeaxanthin memiliki peran dalam menjaga fungsi penglihatan normal. beberapa penelitian menunjukkan bahwa zeaxanthin dan lutein memiliki khasiat dalam menjaga kesehatan mata yaitu melindungi sel-sel lensa mata dari kerusakan karena dampak oksidatif cahaya.

2. Mengurangi Resiko Munculnya Degenerasi Makula dan Katarak

Sudah kita ketahui bahwa buah bit merah mengandung beta karoten. Beta karoten merupakan salah satu nutrisi utama untuk mata yang mengandung senyawa lutein dan zeaxanthin yang bermanfaat bagi mata. Seperti kita ketahui bahwa lutein dan zeaxanthin adalah dua nutrisi penting bagi mata yang dapat membantu untuk mengurangi resiko munculnya degenerasi makula dan katarak. Lutein dan zeaxanthin tidak hanya terdapat pada tumbuhan tetapi juga ditemukan di makula mata manusia, berperan untuk memberikan warna kekuningan pada makula.

Katarak adalah salah satu penyakit mata yang banyak menghantui lansia. Kerusakan lensa mata yang disebabkan oleh sinar ultraviolet dan oksidatif menyebabkan pembentukan kekeruhan pada lensa mata atau yang kita ketahui dengan katarak. Semakin bertambah usia semakin besar juga resiko munculnya katarak karena kerusakan kumulatif terhadap protein yang terdapat di lensa mata.

Baca juga: Penyakit Mata Astigmatisma.

Namun katarak tidak hanya terjadi pada lansia tetapi juga pada para perokok aktif. Dan dengan banyak senyawa zeaxanthin dan lutein dapat menangkal oksidatif cahaya yang menyebabkan kerusakan protein pada lensa mata. Sehingga dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung senyawa zeaxanthin dan lutein ini dipercaya dapat menangkan resiko munculnya katarak. Selain itu lutein dan zeaxanthin diyakini bermanfaat dalam blok cahaya biru dari makula mendasari dalam retina, sehingga dapat mengurangi resiko kerusakan karena cahaya oksidatif yang menyebabkan degenerasi makula (AMD).

3. Mengatasi Pembengkakan pada Mata

Selain mengandung senyawa beta karoten, diketahui bahwa akar buah bit mengandung 250 mg senyawa nitrat yang dengan kandungan mineral dan air yang cukup tinggi. Kandungan mineral tersebut dapat membantu menahan terjadinya peradangan sehingga dapat bermanfaat untuk mengatasi mata bengkak. Disisi lain buah bit merah juga mengandung ribloflavin yang berfungsi untuk meningkatkan sel darah merah, sehingga jus buah bit juga dapat bermanfaat membantu mengatasi pembengkakan pada mata.

Sponsors Link

4. Mencegah Kebutaan pada Lansia

Untuk melakukan pencegahan dini terjadinya kebutaan pada lansia dapat dilakukan dengan mengkonsumsi buah bit. Tetapi pastikan untuk tidak mengonsumsi buah bit terlalu banyak terutama bagi penderita darah renda, karena buah bit juga berfungsi untuk menurunkan darah. Buah bit juga berfungsi untuk menghambat penuaan pada oto mata, itu sebab mengapa buah bit dapat mencegah kebutaan pada lansia. Apalagi sebelumnya sudah kita bahas bahwa buah bit memiliki.

Baca juga: Ciri-ciri Mata Belekan.

Cara mengaplikasikan buah bit untuk mata

  • Jus Buah Bit

Untuk meningkatkan kemampuan penglihatan mata dapat dilakukan secara alami salah satunya dengan cara mengkonsumsi buah bit. Cara mengaplikasikannya yaitu dengan membuat jus buah bit. Harus diperhatikan bahwa buah bit mengandung vitamin A, D, E, dan K yang dapat larut dalam air jadi usahakan untuk tidak menggunakan air terlalu banyak saat membuat jus buah bit. Pastikan bahwa sari-sari buah mengisi ¼ bagian gelas. Untuk hasil yang lebih maksimal kalian bisa mencampurkan buah bit dengan buah naga atau wortel.

  • Pasta Akar Buah Bit

Sedangkan untuk mengurangi pembengkakan pada mata, Anda dapat membuat pasta dari akar buah bit. Dari beberapa sumber diketahui bahwa pasta dari akar buah bit dapat membantu menyerap racun dari kulit dibawah mata sehingga dapat mengurangi pembengkakan pada mata. Atau Anda juga bisa mengurangi pembengkakan mata dengan minum jus buah bit karena jus buah bit juga dapat membantu meningkatkan sel-sel darah yang dapat mempengaruhi pembengkakan pada mata.

Baca juga: Jenis Penyakit Mata pada Anak.

Demikian informasi mengenai manfaat buah bit untuk mata Anda agar selalu sehat dan terhindar dari penyakit. Semoga bermanfaat.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan