Sponsors Link

Manfaat Buah Rimbang untuk Mata dan Cara Mengolahnya

Sponsors Link

Dewasa ini, metode pengobatan, terutama pengobatan mata sudah semakin canggih. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi gangguan penglihatan, seperti dengan menggunakan kacamata, lensa kontak, maupun operasi lasik. Namun, banyak yang belum tahu bahwa ada obat tradisional yang dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan penyakit pada mata. Salah satunya adalah buah rimbang.

ads

Baca juga:

Banyak orang masih bingung ketika mendengar kata buah rimbang. Namun, bagi Anda yang gemar menyantap lalapan pasti sudah tidak asing dengan buah ini. Ya, buah rimbang atau yang disebut juga buah tekokak ini sering disajikan dalam lalapan. Dalam istilah latin, buah rimbang atau buah tekokak ini memiliki nama Solanum Torvum.

Selain itu, buah rimbang juga memiliki nama-nama lain di beberapa daerah di Indonesia seperti terong pipit, terong teter, cokowana, atau cepokak. Buah ini berbentuk bulat dan memiliki ukuran yang kecil-kecil, seperti buah leunca. Buah rimbang berwarna hijau saat masih muda dan akan menguning jika sudah mulai masak.

Kebanyakan orang menganggap bahwa buah rimbang hanya dapat dikonsumsi semata. Padahal, buah rimbang juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Manfaat buah rimbang ini terutama banyak berpengaruh pada kesehatan mata. Tentunya ini merupakan kabar baik bagi Anda yang mempunyai gangguan penglihatan, namun lebih memilih untuk menggunakan obat-obatan alami.

Manfaat Buah Rimbang

buah rimbangManfaat buah rimbang untuk mata, diantaranya adalah dapat mengurangi minus pada mata. Buah rimbang ternyata memiliki kandungan vitamin A yang tinggi seperti halnya wortel. Oleh karena itu, jika Anda mengalami rabun dekat atau rabun jauh dan ingin melakukan pengobatan secara tradisional, buah rimbang adalah jawabannya. Meskipun begitu, tentu saja efeknya tidak akan langsung dirasakan.

Baca juga: Manfaat Wortel untuk Mata Minus.

Untuk membantu mengurangi mata minus, kita perlu mengonsumsi 5-10 biji buah rimbang setiap hari secara teratur. Dalam beberapa bulan, penglihatan Anda pun akan semakin membaik. Bagi Anda yang tidak memiliki gangguan penglihatan, mengonsumsi buah rimbang sangat membantu dalam meningkatkan kesehatan mata.

Selain itu, buah rimbang juga memiliki banyak kandungan lainnya seperti saponin, tanin, protein lemak, kalsium, fosfor, zat besi, serta vitamin C yang dapat menunjang daya tahan tubuh.

Baca juga: Manfaat Buah Bit untuk Mata.

Sponsors Link

Cara Mengonsumsi Buah Rimbang

Manfaat buah rimbang untuk mata ternyata banyak tidak diketahui oleh masyarakat umum. Banyak juga yang masih enggan mengonsumsi buah rimbang karena rasanya pahit dan tidak enak di mulut. Meskipun begitu, khasiat bagi mata memang sudah terbukti ampuh.

Bagi Anda yang tidak tahan dengan rasa pahit, Anda dapat menjadikan buah rimbang untuk campuran masakan seperti sup, tauco, dan lain-lain. Akan tetapi, memakan buah rimbang dalam keadaan mentah akan memberikan khasiat yang lebih maksimal. Anda bisa memakan buah rimbang secara langsung atau mengolahnya menjadi minuman (jus). Jangan lupa untuk mencuci buah rimbang sebelum dikonsumsi untuk menghilangkan zat-zat kimia seperti pestisida.

Tidak ada efek samping dari mengonsumsi buah rimbang selain rasanya yang sangat pahit. Selain itu, buah ini juga baik dikonsumsi oleh segala usia, dari anak-anak hingga lansia.

Baca juga:

Sponsors Link

Cara Mendapatkan Buah Rimbang

Tanaman rimbang atau rimbangan biasanya tumbuh liar di hutan, baik di dataran rendah maupun di dataran tinggi. Tanaman ini tumbuh dengan baik pada saat musim kemarau, meskipun banyak ditemukan juga tanaman rimbang yang tetap tumbuh di musim hujan. Oleh karena itu, Anda bisa mendapatkan buah rimbang dengan mudah karena banyak dijual di pasar.

Akan tetapi, jangan sampai Anda tertukar antara buah rimbang dengan leunca. Buah rimbang dan leunca memiliki bentuk yang sama, yaitu bulat dan berukuran kecil. Bedanya, pada buah rimbang terdapat bulu-bulu halus sementara pada leunca tidak.

Demikianlah penjabaran mengenai manfaat buah rimbang untuk mata. Hingga saat ini, buah rimbang sudah terbukti ampuh dalam mengurangi minus, plus, atau berbagai gangguan penglihatan lainnya. Akan tetapi, selain mengonsumsi buah rimbang kita juga perlu menjaga kesehatan mata kita dengan mengurangi intensitas penggunaan gadget atau membaca dalam keadaan gelap. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang masih berkutat dengan gangguan kesehatan mata.

, , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan