Sponsors Link

Manfaat Wortel untuk Mata Minus dan Cara Mengolahnya

Sponsors Link

Mata minus atau yang lebih dikenal dengan istilah medis miopi, adalah suatu kondisi kesehatan mata dimana penderita tidak mampu melihat dengan jelas objek-objek yang letaknya jauh. Hal ini disebabkan karena kornea mata tidak bisa memfokuskan cahaya benda ke titik retina.

ads

Mata minus sudah menjadi keluhan umum sebagian besar masyarakat Indonesia bahkan dunia. Pada umumnya miopi diturunkan secara genetika, namun kebiasaan dan gaya hidup yang salah kini menduduki peringkat pertama penyebab timbulnya miopi. Hampir semua lapisan masyarakat kini bergantung pada gadget dan komputer, tidak hanya sebagai sarana penunjang kerja namun juga pemenuh kebutuhan hidup.

Bahkan anak-anak diusia dini sudah mulai dikenalkan pada gadget meskipun dengan alasan edukasi. Penggunaan gadget yang terus menerus dan berulang hampir setiap hari ditambah dengan pola hidup yang tidak sehat inilah yang menyebabkan meningkatnya potensi terkena miopi. Kesibukan dan aktivitas yang begitu padat membuat banyak orang melupakan asupan gizi yang seharusnya mereka penuhi.

Mereka lebih banyak memilih junkfood sebagai menu makanan mereka, hal ini juga menjadi salah satu penyebab meningkatnya jumlah penderita miopi dari hari ke hari. Orang yang menderita miopi akan mengalami beberapa gejala sebagai berikut :

  • Tidak fokus ketika melihat benda-benda yang letaknya jauh, karena cahaya yang jatuh tidak tepat di retina maka bayangan yang terbentuk menjadi tidak jelas. Hal ini yang menyebabkan penderita miopi tidak bisa melihat objek yang berada jauh dari pandangan mereka.
  • Sering mengeluh mata lelah dan sakit kepala, hal ini dapat disebabkan karena ketegangan otot yang ditimbulkan saat seseorang menderita miopi.
  • Sering tidak menyadari akan adanya suatu objek yang jauh bahkan sampai menabraknya, hal ini terjadi dalam kasus miopi yang cukup parah dimana penderita Miopi tidak menggunakan alat bantu pengelihatan.
  • Biasanya penderita miopi akan lebih sering mengedipkan dan menyipitkan mata untuk meningkatkan fokus saat melihat objek jauh.

Ada banyak cara untuk mengobati miopi atau mata minus, mulai dari pengobatan tradisional sampai operasi dengan bantuan ahli medis profesional dan peralatan yang modern. Namun sebagian besar orang masih percaya bahwa wortel merupakan solusi yang menjanjikan untuk mengurangi bahkan mengobati mata yang minus.

Wortel yang tumbuh di dataran tinggi dengan siklus hidup yang cukup singkat yaitu 12 sampai dengan 24 bulan ini memang selalu dikaitkan dengan kesehatan mata. Mulai dari usia balita para orang tua sudah memasukkan sayuran berwarna oranye ini sebagai menu wajib untuk sang bua hati. Kenapa wortel sangat dipercaya untuk menjaga kesehatan mata? Zat apa sebenarnya yang terkandung dalam wortel dan apa kelebihan yang dimilikinya? Berikut ini kita akan membahasnya secara detail manfaat wortel untuk mata minus.

Baca juga: Penyakit Mata HipermetropiPenyakit Mata Astigmatisma.

Manfaat Wortel untuk Mata Minus

Wortel yang memiliki nama ilmiah Daucus Carota ini pada umumnya berwarna oranye dan banyak mengandung zat yang bernama Beta-Karoten, zat ini lah yang sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan mata kita. Beta Karoten yang terkandung dalam wortel akan diubah menjadi Vitamin A ketika masuk ke dalam tubuh manusia. Vitamin A yang dihasilkan dalam proses ini akan diserap dan didistribusikan oleh sel-sel darah menuju organ-organ yang membutuhkan terutama organ mata.

Zat Beta Karoten yang banyak terdapat di dalam wortel memiliki sifat antioksidan, sifat ini yang berfungsi melindungi mata dari kerusakan yang bisa ditimbulkan oleh radikal bebas sehingga otot-otot mata tetap sehat dan terhindar dari proses penuaan dini. Dengan rutin mengonsumsi wortel, secara tidak langsung kita sudah membuat sebuah perisai yang bertugas untuk menjaga kesehatan mata kita.

Mata minus terjadi karena kondisi kornea mata yang terlalu cembung sehingga tidak mampu memfokuskan pantulan cahaya dari objek yang dilihat tepat di retina mata, oleh karena itu bayangan yang terbentuk menjadi kabur. Untuk bisa melihat secara jelas kornea mata harus dalam kondisi yang sehat, dengan mengonsumsi wortel yang banyak mengandung Beta Karoten secara rutin penderita mata minus atau miopi akan mengalami perubahan yang cukup signifikan. Mungkin efek yang dirasakan tidak secepat apabila mengkonsumsi obat-obatan atau melakukan operasi, namun cara ini dipercaya lebih aman dan minim resiko.

Sponsors Link

Cara Mengolah Wortel

Dewasa ini, wortel tidak lagi dikenal sebagai bahan pelengkap menu sayuran saja, berkat kreatifitas yang tinggi dari berbagai pihak kini ada banyak cara untuk bisa menikmati wortel. Mulai dari dibuat olahan minuman, es krim, sosis, sampai cake wortel. Sebagian orang banyak yang mengeluhkan bau yang kurang sedap ketika mengkonsumsi wortel, untuk mengatasinya tidak jarang orang-orang memilih menikmati wortel dengan cara dimasak dengan campuran sayuran lain dan ditambah berbagai macam bumbu penyedap sehingga bau asli dari buah wortel sudah tidak terlalu kentara lagi.

Banyak juga yang memilih mengubah wortel menjadi minuman olahan seperti jus, untuk menghindari bau yang kurang enak banyak yang mengombinasikan jus wortel dengan buah-buahan lain seperti tomat, strawberry, nanas dan mangga. Bagi pecinta cake, wortel bisa menjadi bahan tambahan utama untuk membuat sebuah cake yang lezat dan bergizi. Cukup dicampurkan dengan bahan-bahan cake lainnya seperti telur, gula dan tepung terigu, dalam waktu tidak lebih dari dua jam wortel bisa disulap menjadi cake yang tidak kalah menari dari yang dijual di toko kue ternama.

Untuk anak-anak yang menyukai makanan olahan modern seperti sosis dan nugget, wortel bisa menjadi pilihan yang bijak bagi para orang tua. Untuk membuat sosis ataupun nugget kita cukup menyediakan bahan-bahan yang sederhana dan bisa kita temukan setiap hari di dapur seperti tepung tapioka, bawang putih, daging giling dan sedikit garam. Produsen obat-obat tradisional pun tidak mau kalah, seiring perkembangan teknologi mereka sudah berhasil mengekstrak wortel menjadi kapsul-kapsul kecil yang menjadikannya lebih praktis dan efisien ketika di konsumsi.

Jadi tidak ada alasan lagi untuk menghindari wortel yang kini sudah kita ketahui bersama sangat bagus untuk mata. Mulai dari sekarang mari kita anjurkan kepada orang-orang tersayang di lingkungan kita untuk menikmati wortel dan mulai merasakan manfaatnya. Semoga artikel manfaat wortel untuk mata minus ini membantu dan bermanfaat untuk semua pembaca.

, , , , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Sayur Sayuran