Sponsors Link

Penyebab dan Cara Mengatasi Mata Anak 1 Tahun Belekan Tapi Tidak Merah

Sponsors Link

Belek pada mata adalah kotoran mata yang menguap karena campuran minyak, kotoran dan kulit mati pada mata. Kondisi mata belekan bisa normal bisa juga tidak. Untuk kondisi normal, mata belekan biasanya akan terjadi saat bangun tidur atau kelilipan. Lalu, bagaimana dengan mata anak 1 tahun belekan tapi tidak merah? Apakah normal atau tidak atau merupakan gejala dari Jenis penyakit mata tertentu? Untuk mengetahui lebih jelas mengenai penyebab dan cara mengatasinya berikut adalah pembahasan nya.

ads

Penyebab Mata Belekan Pada Anak

Berikut ini adalah beberapa penyebab mata belekan pada anak 1 tahun:

  • Alergi

Penggunaan lotion, bedak dan minyak telon pada anak setelah mandi biasanya akan rutin dilakukan para orang tua. Ini agar menjaga kebersihan anak dan membuat anak segar serta wangi setelah mandi. Namun, tahukah Anda ternyata ada saja beberapa anak yang alergi terhadap lotion atau bedak? Biasanya jika sudah alergi begitu mereka akan mengalami kondisi mata belekan. Orang tua akan sangat lambat menyadari karena mata belekannya tidak disertai dengan mata merah, sehingga hanya dianggap sebagai belek biasa saja. Anak juga biasa kerap kali merasakan kelopak mata bayi merah dan gatal.

  • Mata anak kemasukan debu

Debu dilingkungan sekitar anak juga bisa saja menyebabkan mata anak mengalami belekan. Saat ibu sedang bersih-bersih kemudian debunya tidak sengaja masuk ke dalam mata anak, ia akan mengalami mata merah. Atau saat tangan anak tidak sengaja menyentuh benda kotor kemudian ia menempelkan nya pada mata bisa juga itu yang menyebabkan mata anak belekan.

  • Infkesi bakteri dan virus

Infeksi karena bakteri dan juga virus bisa mengakibatkan kondisi mata anak menjadi belekan bahkan berair. Ini akan membuat kondisi anak semakin tidak nyaman bahkan akan sering rewel. Sementara untuk pemicu virus dan bakterinya bisa disebabkan karena peralatan bayi yang sering digunakan sangat tidak higienis atau karena  penyakit mata yang menular  dari orang lain yang sedang mengalami sakit mata. Anda harus waspada jika mata anak belekan setiap bangun tidur.

Cara Mengatasinya

Setelah Anda mengetahui mengapa mata anak 1 tahun belekan tapi tidak merah, selanjutnya yang sangat penting Anda ketahui adalah bagaimana cara mengatasiya:

  • Memanfaatkan air hangat

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa kondisi mata belekan bisa juga disebabkan karena ada penularan infeksi mata dari bakteri dan virus oleh orang lain atau orang yang berada di sekitar anak. Karena pada umumnya kondisi tersebut akan sangat mudah tertular melalui udara. Untuk mengatasinya, Anda bisa coba manfaatkan air hangat. Pertama, rendamlah lap ke dalam air hangat kemudian bersihkan sekitar mata atau belek mata ketika ia sedang tidur. Mata yang bersih akan membuat anak semakin nyaman.

  • Memanfaatkan obat tetes mata

Nah, Anda juga bisa memanfaatkan obat tetes mata yang biasa dijual di apotik atau obat tetes mata berdasarkan resep dari dokter. Biasanya penggunaan obat tetes akan sangat membantu terutama untuk mengatasi mata belekan secara terus menerus.

Sponsors Link

Sementara itu, untuk langkah menghindari terjadinya gejala tersebut pada bayi, sebaiknya Anda selalu menjaga kehigienisan lingkungan anak. Jika memang ingin bersih-bersih usahakan untuk tidak didekat anak, jaga juga selalu kebersihan tangan anak, Anda bisa rutin melap tangannya anak menggunakan tisyu basah.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi mata anak 1 tahun merah tapi tidak belekan, waspadalah jika Anak terlihatn mendapatkan gejala mata gatal dan berair terus. Kondisi tersebut tidak hanya akan mengkhawatirkan orang tua namun juga akan membuat anak semakin tidak nyaman. Tapi tentunya Anda tidak perlu khawatir, karena mata belekan pada anak bukan merupakan jenis penyakit mata yang membahayakan.

, ,