Sponsors Link

Penyebab dan Cara Mengatasi Mata Anak Belekan Setiap Bangun Tidur

Sponsors Link

Kotoran mata atau biasa disebut juga belek merupakan gabungan dari minyak, lendir, sel kulit mati dan juga kotoran lainnya yang berkumpul pada 1 sudut mata ketika sedang tidur. Sementara itu kotoran bisa saja jadi lengket dan kering tergantung pada banyak cairan dan juga kotoran tersebut menguap. Sebenarnya belek sendiri mempunyai fungsi untuk melindungi mata. Lalu, apakah berbahaya jika mata anak belekan setiap bangun tidur? Berikut ini adalah pembahasan mengenai penyebab dan cara mengatasinya.

ads

Penyebab Belekan Pada Mata Anak

Pada dasarnya mata belekan merupakan kondisi normal seperti yang sudah dijelaskan pada paragraph sebelumnya, karena belek bisa menjadi pelindung untuk mata. Namun, ada juga kondisi tidak normal yang menyebabkan mata anak belekan dengan sangat banyak dan bahkan membuat sangat tidak nyaman. Berikut ini adalah kondisi mata belekan yang tidak normal:

1. Belekan karena anak mengalami alergi

Jika anak mengalami kondisi hidung yang meler, kemudian bersin disertai dengan kondisi matanya yang merah dan terus saja belekan, bahkan sangat banyak saat ia baru saja bangun tidur, besar kemungkinan anak sedang mengalami kondisi alergi. Sementara untuk pemicu alerginya juga bermacam-macam, ada yang disebabkan karena penggunaan lotion yang tidak cocok dan yang lainnya. Gejala lain yang juga bisa dirasakan seperti kelopak mata bayi merah dan gatal.

2. Mata belekan karena infeksi sinus

Jika anak mengalami gejala mata belekan disertai dengan pilek mata bisa juga hal tersebut disebabkan karena anak mengalami infeksi sinus. Anda juga bisa mewaspadai jika ternyata anak mengalami demam disertai hidung tersebut, nyeri sinus dan juga kotoran yang berwarna hijau. Jika penggunaan obat yang dijual di apotik tidak mempan mengatasi kondisi anak, sebaiknya Anda segera menghubungi dokter.

3. Adanya infeksi bakteri pada mata

Kondisi belekan yang tidak normal selanjutnya adalah bisa disebabkan karena infeksi bakteri. Infeksi ini bisa mengakibatka blepaharitis atau adanya peradangan pada bagian bulu mata, akibatnya anak akan mengalami belek yang cukup tebal dengan lendir yang kekuningan.

4. Anak mengalami gejala Jenis penyakit mata konjungtivitis

Gejala belekan yang berlebihan ketika bangun tidur juga biasanya akan dikaitkan dengan adanya salah satu kondisi mata yang biasa disebut konjungtiva atau mata yang merah. Kondisi ini bisa merupakan  penyakit mata yang menular  yang diakibatkan diakibatkan oleh bakteri ataupun virus, gejala lain yang bisa terjadi seperti mata gatal dan berair terus.

Cara Mengatasi Mata Belekan Pada Anak

Setelah mengetahui penyebab mengapa anak mengalami mata belekan dengan sangat banyak ketika bangun tidur, beberapa cara untuk mengatasinya diantaranya:

  • Membersihkan mata anak

Jagalah kebersihan mata anak, caranya bisa dengan menyeka mata menggunakan lap atau kapas yang sudah dicelupkan ke dalam air hangat kemudian menyeka bagian mata yang ada beleknya. Ini bisa mengangkat nanah ataupun kotoran pada anak. Karena pada umumnya semua jenis obat tetes mata atau salep mata tidak bisa bekerja dengan maksimal keculai mata anak dalam keadaan bersih.

Sponsors Link

Coba manfaatnya beberapa obat tetes mata atau jenis salep mata yang dijual di apotik. Anda bisa tanyakan obat mata mata yang kira-kira cocok digunakan pada anak. Karena biasanya ada beberapa obat yang memang dilarang pada anak.

  • Berkonsultasi pada dokter

Jika kondisi mata anak sudah dinilai cukup parah bahkan tidak kunjung membaik setelah dipakaikan obat mata, sebaiknya Anda segera memeriksakan mata anak pada dokter. Karena bisa saja kondisi anak seperti itu dipicu oleh hal lain yang tidak bisa ditangani hanya dengan obat biasa.

Itulah pembahasan mengenai penyebab dan cara mengatasi belekan pada mata yang sangat penting Anda ketahui agar bisa menghindari resiko bahayanya.

, ,