Sponsors Link

5 Penyebab Mata Anak Keluar Kotoran Tapi Tidak Merah

Sponsors Link

Kotoran yang keluar dari mata terkadang bisa dianggap wajar atau bisa juga dianggap berbahaya. Beberapa kondisi yang berbahaya bisa saja mengindikasikan pada jenis-jenis penyakit mata tertentu. Lalu apa yang bisa menjadi penyebab mata anak keluar kotoran tapi tidak merah? Berikut adalah ulasannya.

ads

Kotoran Pada Mata Anak

Jika dibandingkan dengan orang dewasa, saat sedang mengalami kondisi sakit mata tentu saja sudah bisa menyadarinya dan bisa langsung mengobati nya jika memang ringan. Namun akan berbeda dengan anak atau bahkan balita yang jika terserang gangguan pada tubuhnya tidak bisa mengatakannya pada orang tua. Karena keterbatasan itulah Anda sebagai orang tua harus faham mengenai penyebab dari keluarnya kotoran pada mata anak namun tidak menyebabkan mata merah.

1. Alergi

Mata merah yang terjadi pada anak bisa saja karena mereka mengalami alergi. Karena ada beberapa anak yang ternyata memiliki alergi pada barang-barang disekitar nya seperti bedak atau lotion yang selalu ibu gunakan. Pengobatan yang bisa dilakukan adalah bisa dengan menggunakan obat tetes mata yang bisa meringankan alergi, Anda bisa mendapatkan obatnya di apotik. Namun jika Anda masih ragu pada penggunaan obat tetes mata tanpa menggunakan resep, Anda bisa coba membawanya pada dokter mata agar bisa diberikan resep yang tepat. Hati-hati alergi juga bisa menjadi  salah satu penyebab iritasi mata merah.

2. Terkena debu

Saat anak sedang berbaring lalu Anda sedang melakukan aktivitas rumah bisa saja debu yang sedang Anda bersihkan terkena pada mata anak sehingga menyebabkan mata anak menjadi mengeluarkan kotoran. Ini adalah hal yang wajar.

Namun jika hal ini terus saja terjadi pada mata anak, bisa saja menyebabkan adanya gangguan pada mata anak. Sehingga ada baiknya, saat Anda sedang bersih-bersih, hindarkan anak dari tempat yang ada debunya agar terhindari dari masalah kesehatan mata bahkan penyakit mata yang menular.

3. Mata yang kemasukan serangga

Kemasukan serangga juga bisa menjadi salah satu penyebab mata anak mengeluarkan kotoran tapi tidak merah. Karena biasanya ada beberapa serangga yang ukurannya kecil sekali bisa masuk ke dalam mata. Jika orang dewasa yang mengalaminya tentu saja bisa dengan cepat mengatasinya, namun jika anak-anak mereka akan sangat kesulitan untuk menanganinya. Sehingga peran orang tua untuk menjaga mata anak dari hal-hal yang seperti ini adalah sangat penting.

4. Anak sering mengucek mata

Anak kecil biasanya akan melakukan gerakan mengucek mata. Hal tersebut akan menimbulkan adanya kotoran pada mata, apalagi jika tangannya kotor, bisa saja ada infeksi dari kuman yang dibawa sampai ke mata. Sehingga akan lebih baik, jika anak masih bayi Anda menggunakannya sarung tangan, atau jika anak sudah agak besar Anda bisa membantu anak untuk selalu menjaga kebersihan tangannya dan menyarankan agar tidak selalu mengucek mata.

Sponsors Link

5. Paparan uap zat kimia

Saat Anda membawa anak berjalan-jalan keluar ruangan sebaiknya Anda berhati-hati. Sebab bisa saja ada uap dari zat kimia yang kemudian menyerang mata anak sehingga menyebabkan mata mengeluarkan kotoran secara berlebihan. Paparan uap zat kimia ini bisa saja menjadi berbahaya apalagi jika sudah terhirup.

Sehingga akibatnya bukan hanya menjadi penyabab penyakit mata pada anak saja yang mendapatkan gangguan tapi juga pernapasan anak juga akan terganggu. Anak yang masih sangat kecil memiliki sistem metabolisme tubuh yang masih tidak stabil sehingga akan sangat sensitif sekali.

Itulah pembahasan mengenai penyebab mata anak keluar kotoran tapi tidak merah yang bisa Anda ketahui agar bisa semakin menjaga kesehatan mata anak. Namun Anda tidak perlu khawatir karena jika hanya kotoran mata saja tidak akan menjadi salah satu  penyebab kebutaan mata.

, ,