Sponsors Link

6 Penyebab Mata Anak Keluar Kotoran Terus

Sponsors Link

Mata anak Anda mungkin pernah mengeluarkan kotoran terus menerus. Sebenarnya mengeluarkan kotoran mata merupakan hal yang wajar. Biasanya mata mengeluarkan kotoran pada saat bangun tidur. Namun, apabila mata anak Anda terus menerus mengeluarkan kotoran mata maka hal ini harus diwaspadai.

ads

Kotoran mata atau biasa dikenal dengan belek adalah gabungan dari minyak, sel kulit, lendir, dan kotoran lainnya yang menumpuk di mata. Belek umumnya diproduksi pada saat sedang tidur. Belek kemudian akan berkumpul di sudut mata dalam bentuk kering ataupun basah yang kemudian mengeras.

Penyebab mata anak keluar kotoran terus dapat beragam, seperti:

  1. Konjungtivitas

Konjungtivitas atau yang dikenal masyarakat sebagai sakit mata adalah peradangan pada bulbar dan atau konjungtiva palpebral. Kondisi ini disebabkan oleh infeksi dari berbagai bakteri, virus, jamur, dan alergi. Pada umumnya konjungtivitas dibedakan menjadi dua, yaitu konjungtivitas yang disebabkan oleh bakteri dan virus. Pada saat anak menderita konjungtivitas maka mata anak keluar kotoran terus.

Pada konjungtivitias, infeksi yang terjadi pada satu mata biasanya dapat menyebar ke mata satunya. Gejala-gejala konjungtivitas adalah munculnya kotoran kehijauan atau kekuningan di sekitar mata. Mata kemudian akan membengkak dan kemerahan. Hal tersebut terjadi karena adanya bakteri yang masuk ke mata anak. Pengobatan dapat dilakukan dengan menggunakan obat sakit mata di apotik seperti tetes mata antibiotik, contohnya asam fusidic dan kloramfenikol. Mata perlu dibersihkan dengan kapas yang dibasahi dengan air masak dan dingin untuk menghilangkan kerak yang lengket.

Konjungtivitas yang disebabkan oleh virus dapat dilihat apabila mata mengeluarkan kotoran berwarna putih atau jernih pada satu mata. Infeksi oleh virus tersebut kemudian menyebar ke mata lainnya yang disertai dengan masalah pernafasan atas. Konjungtivitas jenis ini belum memiliki pengobatan yang efektif. Namun, Anda bisa menggunakan salep pelumas seperti lacri-lube untuk anak Anda. Kombinasikan dengan mengonsumsi ibuprofen atau parasetamol untuk mengurangi gejala yang muncul. Kompres mata anak Anda dengan air dingin. Jagalah kebersihan tangan dan wajah anak Anda agar tidak menular ke belahan mata lainnya atau menularkan pada orang sekitar yang melakukan interaksi langsung dengan anak Anda.

  1. Infeksi mata

Berbagai macam jenis infeksi dapat menyebabkan iritasi pada mata yang menyebabkan kotoran mata menumpuk misalnya peradangan di kelopak. Bulu mata penuh dengan kotoran yang lengket yang menyebabkan mata sulit dibuka sangat bangun tidur. Kompres mata anak Anda dengan air hangat pada saat kondisi ini terjadi. Anda juga dapat menggunakan pembersih khusus atau samphoo bayi yang dicampur air.

  1. Flu

Konjungtivitas yang disebabkan oleh infeksi virus di mata biasanya dibarengi dengan flu. Mata menjadi merah, berair, dan keluar banyak kotoran. Jika flu mulai reda, maka kondisi mata akan membaik. Namun, apabila anak Anda mengeluarkan kotoran mata berwarna hijau maka Anda lebih baik waspada. Anda bisa mengunjungi dokter, karena bisa jadi itu adalah tanda dari infeksi sinus. Cara mengatasi mata anak keluar kotoran terus akibat flu adalah beristirahat cukup dan fokus pada penyembuhan flu.

  1. Infeksi Sinus

Apabila anak Anda terus menerus mengalami pilek yang berkelanjutan yang tidak kunjung sembuh meski sudah diberi obat, mungkin anak Anda terkena infeksi sinus. Sinus memiliki efek samping yaitu hidung tersumbat. Hidung terasa nyeri. Sinus juga menjadikan anak Anda menjadi belekan. Warna belek berwarna kehijauan dan lengket.

  1. Alergi

Sakit mata (konjungtivitas) juga bisa disebabkan oleh alergi. Mata menjadi merah, gatal, dan kotoran mata terus keluar meski sudah dibersihkan. Penanganan pertama dapat dilakukan dengan menempelkan lap basah yang sejuk untuk meredakan gatal pada mata anak. Obat tetes mata yang mengandung anti-histamin dapat menjadi pilihan tepat untuk meredakan belekan karena alergi. Alangkah lebih baik jika Anda berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan obat tetes mata yang tepat. Apabila alergi mata pada anak Anda disebabkan oleh kotoran atau polusi, Anda dapat menutup pintu atau jendela untuk menghindar  infeksi dari luar ruangan. Namun, jika Anda belum mengetahui penyebab alergi pada anak Anda maka Anda dapat mengajak anak Anda melakukan tes alergi.

  1. Saluran tersumbat

Mata anak keluar kotoran terus juga bisa disebabkan karena tersumbatnya saluran pembuangan air mata. Fungsi saluran tersebut adalah menghasilkan air mata agar kelembapan mata tetap optimal. Apabila saluran ini tersumbat maka akan menghasilkan belekan.

Selain keenam hal tersebut, ada beberapa hal yang dapat dihindari untuk mencegah keluarnya kotoran mata secara berlebihan pada anak Anda. Beberapa hal yang perlu dihindari yaitu:

  • Hindari mata anak Anda dari terkena debu tanah, asap knalpot, asap kebakaran, dan polusi serta paparan uap zat kimia.
  • Jangan sampai mata anak Anda kemasukan serangga.
  • Hindari anak Anda dari mengonsumsi makanan berminyak dan makanan berlemak tinggi.
  • Jangan biarkan anak Anda terlalu sering mengucek-ngucek mata.

Mata anak keluar kotoran terus mungkin menandakan bahwa anak Anda sedang menderita penyakit tertentu. Anda tidak perlu panik apabila anak Anda mengalami gejala-gejala seperti yang disebutkan di atas. Selalu berkonsultasi ke dokter sebelum Anda memutuskan langkah terbaik untuk mengobati anak Anda.

, ,
Oleh :