Sponsors Link

Mata Anak Sering Berkedip, Apakah Tanda Cacingan?

Sponsors Link

Pada normalnya, frekuensi mata berkedip yaitu 10-15 kali setiap menit. Atau sekitar 17.000 kali dalam satu hari. Perihal mata anak yang sering berkedip dalam waktu yang cukup lama, menurut penelitian yang ditulis oleh seorang penulis bernama David Coast di Jurnal Ophtamalogy, mata anak yang sering berkedip tidak termasuk dalam kategori yang membahayakan dan dapat diatasi sesuai dengan penyebabnya.

ads

Lalu bila mata anak sering berkedip, apakah tanda cacingan?

Cacingan merupakan penyakit yang diakibatkan oleh adanya infeksi cacing parasit di dalam tubuh dan biasanya terjadi pada anak-anak. Penyakit yang satu ini memiliki beberapa tanda-tanda, diantaranya adalah :

  • Sakit perut
  • Sulit tidur
  • Badan kurus
  • Feses berbau tidak sedap
  • Mudah sakit

Dalam kasus cacingan, memang dapat mempengaruhi mata. Tetapi itu hanya reaksi alergi yang ditimbulkan dari protein bernama flikten. Reaksi tersebut akan timbul apabila mata terkena sinar matahari, reaksi yang ditimbulkan dapat berupa :

  • Bola mata memerah
  • Mata menjadi berair
  • Adanya sel radang di sekitar bola mata

Jadi mata anak sering berkedip bukanlah tanda-tanda cacingan. Penyebab mata sering berkedip pada anak-anak ialah :

  1. Kondisi mata anak yang kering

Kondisi mata yang kering dapat membuat mata anak sering perih sehingga mempengaruhi mata untuk sering berkedip. Karena mata kering membutuhkan banyak cairan, dengan berkedip kelopak mata akan melumasi mata dengan cairan sehingga mata akan terhidrasi dan lembab kembali.

  1. Anak memiliki gangguan penglihatan

Gangguan penglihatan seperti pandangan kabur atau mata tidak fokus pada suatu benda tertentu juga dapat menjadi penyebab terjadinya mata sering berkedip. Ketika pandangan terlihat buram dan kabur, secara otomatis mata akan berkedip untuk mendapatkan kembali penglihatan yang jernih.

  1. Menderita sindrom Tourette

Jika gejala yang ditimbulkan berupa gerakan seperti mata berkedip secara berulang-ulang. Mungkin anak anda terkena sindrom Tourette. Sindrom Tourette ialah suatu penyakit yang menyebabkan saraf mengalami gangguan dan menimbulkan suatu gerakan yang berulang-ulang.

  1. Adanya gangguan pada saraf atau neurologis yang menyerang saraf mata

Terjadinya gangguan saraf pada mata sangat mempengaruhi terjadinya gangguan gerakan. Salah satunya ialah mata anak sering berkedip dalam waktu yang cukup lama.

  1. Terjadinya gangguan yang mempengaruhi gerakan atau dystonia

Dystonia adalah suatu kondisi medis yang menyerang otot. Sehingga secara tidak sadar otot akan mengalami gangguan pergerakan berulang-ulang.

  1. Reaksi dari alergi

Alergi dapat menimbulkan reaksi tertentu. Alergi yang menyerang mata dapat menimbulkan reaksi sehingga membuat mata sering berkedip. Alergi mata pada anak harus segera diatasi serta diketahui penyebabnya agar tidak menimbulkan gejala lainnya. Periksakan ke dokter bila anak mengalami alergi pada matanya.

  1. Mengalami epilepsi

Epilepsi adalah suatu penyakit yang menyebabkan kerusakan pada otak dan menyerang sel-sel saraf pada otak. Sehingga membuat penderitanya mengalami kejang-kejang cara berulang.

Sponsors Link

  1. Gejala dari mata minus

Ketika anak mengalami gangguan penglihatan, maka secara otomatis anak akan mengedipkan matanya lebih sering dan mengusap-usap mata. Hal ini karena anak ingin mendapatkan penglihatan yang jernih.

Pada umumnya mata sering berkedip lebih sering dialami oleh anak laki-laki daripada anak perempuan. Dengan rasio perbandingannya 2:1 dalam setiap kasus. Cara mengatasi mata sering berkedip pada anak cukup mudah, cukup atasi sesuai penyebab yang ditimbulkan. Berikut cara-cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi mata anak sering berkedip :

  • Anda dapat mengompres mata anak anda dengan air hangat atau irisan mentimun jika penyebabnya adalah kelelahan atau mata kering. Dengan mengompres, mata akan kembali segar dan otot-otot mata akan kembali rileks.
  • Ajarkan anak agar tidak menatap layar komputer, televisi, dan handphone terlalu lama. Karena hal itu akan menyebabkan mata perih bahkan gangguan penglihatan mata seperti mata minus
  • Periksakan ke dokter apabila terjadinya mata sering berkedip dapat mempengaruhi kegiatan sehari-hari, gangguan penglihatan, serta kondisi fisik anak anda.
  • Pijatlah mata anak anda secara lembut dan perlahan sekitar 2 menit. Hal ini sangat berguna untuk melancarkan peredaran darah dan mengendurkan otot-otot yang tegang sehingga tidak ada lagi gangguan gerakan mata.
  • Buatlah ramuan dari bunga mawar untuk merendam mata yang sering berkedip. Caranya ialah dengan memasukan beberapa lembar bunga mawar ke dalam air putih. Kemudian saring dengan menggunakan kain agar mendapatkan sari bunganya. Kemudian rendam mata yang bermasalah selama beberapa menit.
  • Aturlah aktivitas sebaik mungkin. Usahakan agar anak mendapatkan istirahat yang cukup. Sehingga mata anak tidak cepat lelah dan selalu segar.

Itulah tanda-tanda mata anak sering berkedip dan cara mengatasinya. Apabila terjadinya gejala lainnya segeralah periksakan ke dokter, namun yang pasti sering berkedipnya mata anak bukanlah tanda cacingan.

, , , , ,