Sponsors Link

Mata Anak Sering Perih – Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Kondisi mata perih kerap kali dihubungkan dengan adanya benda asing yang masuk ke dalam mata. Jenis penyakit mata perih bisa dialami oleh siapa saja termasuk anak-anak. Kondisi ini kemungkinan akan membuat anak tidak nyaman, bahkan rewel karena perih yang dirasakan. Berikut ini lebih lengkapnya mengenai penyebab, gejala dan cara mengatasi mata anak sering perih.

ads

Penyebab Mata Perih

Beberapa penyebab yang mungkin bisa menyebabkan mata anak perih diantaranya:

  • Karena kemasukan benda asing

Anak bisa saja mengalami kelilipan atau kemasukan benda asing. Misalnya saja karena debu, binatang atau serbuk sari. Kondisi ini mungkin saja terjadi, mata akan terasa perih dan seperti sedikit terbakar.

  • Faktor kelembapan udara

Lembapnya udara juga bisa menjadi salah satu pemicu mengapa mata menjadi terasa perih. Udara atau iklim atau kondisi ruangan yang kering juga dapat mengakibatkan mata kering dan menjadi terasa perih.

  • Memasak di dalam ruangan

Mungkin mata anak perih juga bisa karena orang tuanya yang memasak di dalam ruangan, apalagi yang dimasaknya itu cabai. Ya, biasanya polusi udara dari masakan selalu memberikan efek samping perih pada mata tida hanya pada anak tapi juga pada orang dewasa.

Gejala Mata Perih

Gejala intinya sudah sangat jelas bahwa mata akan terasa sangat perih. Namun ada beberapa gejala lain yang mungkin bisa dialami mereka yang mengalami mata merih:

  • Mata yang berair kalau memang kemasukan benda asing
  • Keluarnya kotoran mata
  • Mata terasa panas
  • Mata terasa kering
  • Mata berwarna merah

Gejala-gejala di atas akan menyerang sesuai dengan kondisi dan penyebab anak mengalami mata perih.

Cara Mengatasi Mata Perih

Jika anak tiba-tiba merengek karena matanya perih, ada beberapa cara yang dapat orang tuanya lakukan, diantaranya:

1. Meniup mata anak

Ini akan membantu mengeluarkan benda asing yang masuk ke dalam mata. Biasanya mata anak juga akan terasa lebih nyaman jika matanya sudah ditipu oleh orang tuanya.

2. Mengedipkan mata

Saat anak merasa perih coba minta anak mengedipkan mata beberapa kali. Ini akan membantu mengeluarkan kotoran yang masuk ke dalam mata atau benda asing yang masuk ke dalam mata.

3. Mengatur suhu ruangan

Karena mata perih bisa dipicu oleh gejala mata kering dan itu juga disebabkan karena kondisi ruangan yang lembap maka Anda bisa mengatur suhu ruangan tempat anak tidur agar tidak terlalu lembap. Kalau bisa sih, Anda membuat jendela agar ruangan mendapatkan udara dari lua.

4. Memberikan obat tetes mata pada anak

Anda juga dapat memberikan obat tetes mata yang memang dibolehkan untuk digunakan pada anak. Ada berbagai macam obat tetes mata, Anda dapat menanyakan terlebih dahulu pada apotekernya obat mana yang memang cocok digunakan pada anak-anak.

5. Berkosultasi pada dokter

Jika ternyata mata perih yang dirasakan anak tidak kunjung membaik dan malah semakin parah bahkan matanya mendapatkan gejala lain, seperti mual memerah dan berair terus menerus hingga mengeluarkan kotoran mata sebaiknya Anda mengkonsultasikan kondisinya pada dokter. Karena bisa jadi, ini merupakan akibat dari bakteri dan anak sedang mendapatkan penyakit mata tertentu misalnya konjungtiva.

Itulah penyebab, gejala dan cara mengatasi mata anak sering perih. Mengkonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan mata bisa mendukung mata yang sehat pada anak, hindarilah resiko-resiko yang menyebabkan mata anak semakin terganggu, seperti debu di dalam ruangan.

, ,