Sponsors Link

Penyebab Mata Bayi Kuning dan Belekan

Sponsors Link

Ada berbagai macam jenis penyakit mata dari mulai yang ringan sampai yang sangat berbahaya, dari mulai yang tidak menular sampai bisa menular. Salah satunya mata yang kuning dan belekan, khususnya yang terjadi pada seorang bayi. Bila Anda memiliki bayi dengan kondisi tersebut, sebaiknya Anda segera mewaspadai dan menanganinya, sebab mata bayi kuning dan belekan bisa saja merupakan salah satu gejala penyakit yang membahayakan. Beberapa penyebab yang mungkin saja terjadi diantaranya:

ads

1. Efek samping elergi

Penyebab yang pertama bisa terjadi karena bayi mengalami kondisi alergi yang bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, bisa karena penggunaan produk lotion yang tidak sesuai, bulu binatang atau pun debu. Atau bila bayi sudah bisa makan, mungkin saja ia sedang mengalami kondisi alergi sebagai reaksi penolakan pada makanan tersebut. Bila memang terserang alergi, biasanya juga akan muncul beberapa gejala seperti ruam pada kulit. Bila kondisi semakin para sebaiknya Anda memeriksakan bayi ke dokter agar mendapatkan resep obat yang tepat. Ingat, Anda dilarang memberikan obat pada bayi tanpa saran dan resep yang dianjurkan.

2. Mata bayi kering

Mata bayi kuning dan berari juga bisa saja karena pengaruh matanya yang terlalu kering. Kondisi mata kuning dan menimbulkan efek samping berir juga bis saja karena bayi sedang mengalami gejala mata kiring. Keluarnya air merupakan refleks respon dari tubuh untuk tetap melindung mata meskipun dalam keadaan yang kering. Ini merupakan kondisi ringan, namun bila terus berkelanjutan sebaiknya periksakan kondisi bayi ke dokter. Tenang saja, ini bukan merupakan  penyakit mata yang menular

3. Infeksi sinus

Selanjutnya bisa saja karena bayi mengalami gejala sinus sehingga yang kerap kali mengalami mata kuning disertai keluar dengan belekan. Beberapa efek samping lainnya, seperti demam atau nyeri sinus. Segeralah menghubungi dokter untuk mengatasi kodisinya agar tidak semakin parah. Bila orang dewasa bisa saja mata berair karena disebabkan  efek samping operasi katarak.

4. Konjungtiva

Kondisi selanjutnya bisa saja disebabkan karena bayi mengalami kondisi konjungtiva yang menyebabkan matanya berwarna kuning bahkan mengeluarkan belek terus. Yang terparah biasanya belek akan menumpuk saat pagi hari saat terbangun dari tidurnya. Nah, agar tidak terlalu mengganggu kenyamanan si bayi, sebaiknya Anda sering-sering mengelap matanya menggunakan waslap. Kondisi ini tidak akan mengalami gejala mata berbayang bintik hitam.

Sponsors Link

Sementara itu, untuk kondisi konjungtiva juga dibedakan menjadi 2 jenis, ada yang disebabkan karena bakteri ada juga yang disebabkan karena virus, keduanya akan sama-sama menyebabkan bayi terus mengeluarkan belek, hanya saja untuk yang disebabkan karena bakteri biasanya beleknya akan berwarna kehijauan. Sementara untuk yang karena virus biasanya belek akan terlihat cukup bening. Seperti biasa, bila kondisi sudah sangat parah dan bayi terus saja merasa rewel sebaiknya segeralah periksakan pada dokter untuk menghindari hal-hal burung yang tidak diinginkan.

Cara mencegah terjadinya penyakit mata pada bayi

Agar bayi Anda tetap dalam keadaan sehat sepanjang waktu, sebaiknya Anda harus bisa mencegah terjadinya penyakit mata pada bayi dengan berbagai macam cara. Misalnya saja, hindari barang-barang dan lingkungan berdebu, berikan makanan untuk menjaga kesehatan bayi sudah bisa makan. Berikan vitamin mata khusus untuk bayi agar mata bayi bisa terus dalam keadaan sehat hinggga ia dewasa.

Mata bayi kuning dan belekan tentunya bisa dihindari bila orang tuanya selalu sigap dalam menjaga si kecil agar terhindar dari berbagai macam resiko terkena penyakit mata, apalagi yang dipengaruhi oleh lingkungan nya.

, ,