Sponsors Link

Penyebab Mata Belekan Terus Menerus Dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Kondisi mata yang mengeluarkan kotoran atau belekan terus menerus memang kerap mengganggu. Apakah hal yang menyebabkan mata belekan terus ? dan bagaimanakah cara mengatasinya ? mari simak artikel berikut!

ads

Kotoran pada mata yang keluar atau belekan memang umumnya tidak berbahaya dan umumnya terjadi saat Anda bangun tidur. Belekan tersebut adalah kotoran mata yang diakibatkan oleh debu dan juga kotoran yang mencoba masuk ke mata Anda. Hal ini sebagai bukti bahwa organ mata sedang melakukan proses penyaringan dan juga pembersihan pada mata Anda. Umumnya proses ini terjadi pada malam hari sehingga biasanya pada saat bangun tidur Anda akan mendapati kotoran tersebut di sudut mata Anda.

Namun ada suatu kondisi dimana mata mengeluarkan kotoran ini secara terus menerus, hal ini memang harus diketahui penyebabnya, apakah masih normal atau tidak. Agar jika memang terjadi suatu jenis-jenis penyakit mata tertentu, dapat ditangani secara dini, sehingga tidak berlanjut pada kondisi yang serius.

Berikut beberapa penyebab mata belekan terus menerus :

         1. Bintitan

Penyebab belekan pada mata berelebihan salah satunya adalah bintitan. Bintitan ini adalah suatu kondisi dimana timbulnya bisul pada tepi kelopak mata.Penyebab bintitan pada mata terjadi karena adanya bakteri. Biasanya ditandai dengan mata merah dan berair, keluar kotoran atau belekan terus menerus dan gatal. Selain bakteri, penyebab bintitan ini juga dapat timbul karena adanya peradangan pada kelopak mata atau blefaritis.

        2. Peradangan pada mata (Konjungtivitis)

Mata mengeluarkan belek terus menerus, terlihat merah, berair dan terasa gatal, merupakan tanda dan juga gejala konjungtivitis.

Konjungtivitis ini ada 2 macam, yaitu konjungtivitis infeksi, yang disebabkan oleh virus atau bakteri yang masuk saat Anda tidur dan kelopak mata Anda tidak tertutup sempurna. Dan adapula konjungtivitis alergi, yang disebabkan oleh debu atau kotoran lain yang masuk.

Selain hal tersebut di atas, mata mengalami belekan terus menerus, juga dapat disebabkan oleh beberapa kondisi tertentu, seperti terlalu lama menatap layar hp atau laptop, sering berada di ruangan ber ac, kemasukan binatang, mata terkena debu atau tanah, mengkonsumsi makanan berminyak dan berlemak tinggi.

Cara Mengatasi Belekan 

  • Mengompres mata dengan air hangat

Mengompres mata dengan air hangat mampu mengurangi peradangan yang terjadi pada mata, sehingga belekan pada mata pun akan menghilang dengan sendirinya. Hal tersebut juga mampu memberikan rasa nyaman pada mata Anda. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan kain atau handuk kecil bersih yang dicelupkan di air hangat kemudian peras air nya dan kompreskan pada mata Anda selama kurang lebih 10-15 menit. Hal ini dapat Anda lakukan 3x sehari. Untuk mata minus, Anda juga bisa membaca panduan cara mengobati mata minus dengan daun sirih.

  • Menggunakan Daun Sirih

Daun sirih sudah terkenal manfaatnya bagi mata sebagai obat alami bagi mata. Cobalah sediakan daun sirih beberapa lembar kemudian cuci sampai bersih. Lalu rebuslah daun sirih tersebut dengan air secukupnya. Kemudian jika sudah mendidih, tunggu sampai dingin dan setelah dingin, saring air rebusan tersebut dengan saringan teh sampai tidak ada ampas yang tersisa, kemudian teteskan air tersebut pada mata Anda yang sakit.

Sponsors Link

  • Hindarkan mata dari penyebab alergi

Kosmetik atau make up, sabun, bedak dan yang lainnya bisa menimbulkan belekan pada mata, ini karena mata alergi terhadap salah satu faktor tersebut. Namun belekan yang disebabkan alergi biasanya tidak terlalu kental, berwarna bening, dan intensitas nya juga tidak terlalu banyak.

Untuk mengatasinya, maka Anda harus menghindari pemicu dari alergi tersebut. Misal penyebab Anda alergi adalah karena make up tertentu, maka Anda dapat mengatasinya dengan menghentikan pemakaian terhadap produk make up tersebut. Atau jika Anda alergi dengan debu, maka Anda bisa menghindarinya dengan memakai kacamata saat berpergian. Maka mulai sekarang, coba ingat-ingat kembali apa yang menyebabkan mata Anda mengeluarkan kotoran mata secara terus menerus.

  • Jaga kesterilan dan juga kebersihan mata

Seperti telah Anda ketahui, bahwa mata merupakan organ tubuh yang vital dan harus terjaga kesterilannya. Karena jika saja mata kita terkena tangan kita yang kotor, dapat menimbulkan bakteri yang masuk ke dalam mata, yang akhirya dapat menimbulkan infeksi yang berakibat belekan secara terus menerus.

Maka mulai sekarang, cobalah untuk mencuci tangan Anda terlebih dahulu sebelum Anda hendak memegang bagian sekitar mata Anda. Namun usahakan, jangan pernah memegang mata dengan tangan Anda, apalagi jika tangan Anda dalam keadaan kotor. Dengan terjaganya kesterilan dan kebersihan mata, maka proses penyembuhan pada mata belekan pun akan lebih cepat.

Sponsors Link

  • Perhatikan pemakaian lensa kontak

Pemakaian lensa kontak sebenarnya dapat membuat mata Anda kekurangan oksigen, karena oksigen yang masuk terhalang oleh lensa kontak tersebut. Oleh karena itu, jika lensa kontak sudah selesai dipakai maka hendaklah Anda segera melepasnya. Efek memakai softlens setiap hari juga tidak baik. Karena jika mata terlalu sering memakai lensa dapat membuat peradangan pada mata, apalagi jika lensa kontak tersebut tidak steril atau sudah kadaluarsa. Akibat memakai softlens kadaluarsa hanya akan membuat mata belekan menjadi lebih lama, karena pada saat memakai lensa kontak menghalangi masuknya oksigen yang dapat memperlambat proses penyembuhan pada mata yang belekan.

Namun jika sudah berbagai cara dilakukan dan mata tetap terus mengeluarkan belek atau kotoran mata, maka segera periksakan mata Anda pada dokter mata, untuk pemeriksaan dan pengobatan lebih lanjut.

Demikian artikel megenai mata belekan terus menerus. Semoga informasi yang ada pada artikel ini dapat bermanfaat bagi anda.

, , ,