Sponsors Link

Penyebab Mata Bengkak Setelah Melahirkan dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Proses melahirkan adalah hal yang sangat dinantikan bagi kebanyakan ibu hamil, kehadiran buah hati menjadi sangat dinantikan walaupun prosesnya tidak begitu mudah. Proses kelahiran yang akan memakan waktu cukup lama akan sangat menyenangkan jika dijalankan dengan kelahiran normal. Namun tahukah Anda, ada beberapa efek pasca ibu melahirkan buah hatinya. Seperti efek yang terjadi pada kondisi mata ibu. Misalnya saja, kondisi mata buram. Cara mengatasi mata buram setelah melahirkan bisa Anda lakukan dengan mengompres pilis wangi. Lalu, ada juga mata bengkak setelah melahirkan. Apa penyebab dan bagaimana cara mengatasinya?

ads

Penyebab Mata Bengkak Pasca Melahirkan

Pada umumnya, kondisi mata bengkak juga akan diikuti dengan kondisi tubuh dan wajah yang bengkak. Dengan kata lain, pasca melahirkan semua tubuh ibu memang akan membengkak. Apakah mata bengkak merupakan jenis penyakit mata tertentu yang membahayakan? Berikut adalah beberapa penyebab mata dan tubuh ibu membengkak pasca melahirkan.

  • Proses kelahiran normal

Jika Anda melahirkan secara normal kemudian mengalami kondisi mata dan tubuh bengkak, tidak perlu khawatir. Karena hal tersebut adalah normal. Saat ibu mengedan karena proses melahirkan secara normal maka tubuh akan mengirimkan ekstra darah ke seluruh tubuh, akibatnya darah semakin berlebihan dan menyebabkan adanya pembengkakan.

  • Karena cairan infus

Sebagian orang biasanya akan melakukan infus sebelum masa persalinan, ini akan membantu untuk menambah tenaga pada ibu. Mata dan tubuh ibu yang membengkak bisa saja disebabkan karena pengaruh cairan infus yang bahkan terlalu berlebihan.

  • Penekanan pembuluh darah

Penyebab dari mata bengkak yang diikuti dengan bagian wajah bengkak juga bisa saja disebabkan karena adanya penekanan pembuluh darah. Proses pembesaran rahim biasanya akan sangat menekan pada aliran darah. Akibatnya aliran darah balik dari seluruh tubuh ke jantung menjadi sedikit terhambat dan akhirnya menyebabkan adanya pembengkakan pasca melahirkan.

Cara Mengatasi Mata Bengkak Setelah Melahirkan

Mata dan tubuh yang membengkak pada ibu melahirkan sebenarnya akan bisa kembali. Namun memang memerlukan proses yang cukup lama, ditambah lagi memang tubuh ibu akan semakin gemuk karena efek samping melahirkan. Ini normal.

Namun tentunya sebagian ibu ingin mempercepat proses normal kembali mata dan tubuh yang bengkak pasca melahirkan. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan:

  • Melakukan pijatan pada bagian bengkak dengan lembut

Pasca melahirkan sebaiknya Anda merelaksasikan kembali otot dan pembuluh darah di tubuh Anda. Terutama pada bagian mata yang mengalami pembengkakan. Caranya Anda bisa melakukan pijatan lembut dibagian wajah mulai dari bawah ke atas. Anda bisa meminta tukang pijat atau keluarga yang memang mahir melakukan pijatan. Sebaiknya hindari memijat dengan cara yang kuat ya. Anda bisa coba cara terapi mata minus dengan pijatan.

  • Mengkonsumsi makanan yang sehat

Pasca melahirkan mengkonsumsi makanan yang sehat adalah keharusan karena tubuh Anda sangat membutuhkan nutrisi yang akan sangat berpengaruh pada kondisi bayi. Konsumsi  makanan untuk menjaga kesehatan mata juga akan membantu proses penyembuhan mata bengkak.

Sponsors Link

Sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan dengan kandungan garam atau sodium yang sangat tinggi sebab hal tersebut malah akan membuat tubuh Anda semakin bengkak. Untuk menjaga kesehatan mata, Akan lebih baik Anda juga mengkonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan mata seperti wortel.

Itulah informasi mengenai penyebab mata bengkak setelah melahirkan dan cara mengatasinya. Mata bengkak dan tubuh bengkak merupakan hal normal dan bukan penyebab mata buta mendadak, namun jika memang pembengkakan diikuti dengan keluhan yang sangat mengganggu akan lebih baik jika Anda berkonsultasi pada dokter.

, ,