Sponsors Link

Penyebab Mata Bayi Berair dan Belekan Tapi Tidak Merah

Sponsors Link

Pernahkah Anda mengalami kondisi mata berair plus belekan? Rata-rata orang bisa dipastikan pernah mengalaminya. Hal ini bukan mengindikasikan pada jenis penyakit mata yang membahayakan namun biasanya mereka mengalami gejala ini karena mata yang kelilipan akibat masuknya debu ke dalam mata. Nah, namun bagaimana bila kondisi tersebut terjadi pada bayi? Mata bayi berair dan belekan tapi tidak merah, apakah penyebabnya?

ads

1. Bayi mengalami alergi

Penyebab pertama bisa saja karena mata bayia sedang mengalami efek samping alergi. Misalnya saja karena debu yang ada di sekitarnya, karena bulu binatang, atau bisa juga karena pemakaian lotion yang tidak cocok. Beberapa gejala alergi juga biasanya diikuti dengan gejala tambahan lain, misalnya saja seperti timbul rasa gala dan juga biduran. Bila bayi sudah cukup besar, misalnya 3 tahun, Anda bisa coba memberikannya obat tetes agar kondisinya semakin membaik. Beberapa orang dewasa bila mengalami kondisi ini biasanya juga disebabkan karena  efek samping operasi katarak.

2. Bayi mengalami kondisi mata kering

Kondisi selanjutnya bisa juga disebabkan karena mata bayi yang kering. Keluarnya air dan belekan adalah salah satu respon dari tubuh bayi, bahwa matanya benar-benar mengalami kekurangan cairan sehingga malah mengakibatkan otak untuk meminta kelenjar air mata terus memproduksi air agar dapat melindungi mata. Waspadai bila mata disertai gejala mata berbayang bintik hitam.

3. Bayi mengalami infeksi sinus

Mata bayi berair dan belekan tapi tidak merah juga bisa saja disebabkan karena ia sedang mengalami kondisi infeksi sinus. Ini merupakan resiko dan efek samping yang umum. Anda juga mesti mewaspadai bila ternyata bayi mendapatkan efek samping lain, misalnya saja seperti demam, nyeri sinus, hidung yang tersumbat serta kotoran mata yang berwarna kehijauan.  Sebaiknya segera menghubungi dokter agar gejalanya bisa cepat berkurang dan bayi bisa merasa nyaman kembali.

4. Bayi mengalami konjungtiva

Selanjutnya, bisa saja kondisi mata yang berair disebabkan karena bayi mengalami kondisi konjungtiva penyakit mata yang menular . Biasanya kotorannya akan kering bila setelah bangun tidur dan menempel pada bagian kelopak matanya. Untuk bisa membersihkan nya, cobalah mengelap matanya menggunakan perban yang steril juga hangat agar bisa membersihkan mata. Sementara itu, kondisi konjungtiva juga dibedakan menjadi 2 karena bakteri dan virus. Untuk yang terkena bakteri akan memiliki kotoran yang kehijauan sementara yang terkena virus akan memiliki belek atau kotoran yang jernih kemudian menyebar pada mata yang lainnya. Selain itu juga biasanya akan disertai dengan masalah yang terjadi pada bagian pernafasan atas.

Sponsors Link

Itulah penyebab mata bayi berair dan belekan tapi tidak merah. Waspadalah dengan segala kemungkinan penyebabnya karena bila bayi mengalami hal tersebut malah akan membuatnya merasa tidak nyaman bahkan akan rewel sepanjang hari, terlebih bila usianya masih sangat kecil. Mungkin saja ia mendapatkan gejala lain seperti rasa panas yang terbakar sehingga membuat bayi tidak bisa beristirahat dengan nyaman.

Bila bayi sudah bisa mengkonsumsi makanan olahan, sebaiknya Anda rutin memberikan makanan untuk menjaga kesehatan pada bayi, misalnya saja seperti wortel. Dengan begitu bayi akan tumbuh kembang memiliki mata yang sehat, bila terjadi gangguan maka gangguan pada matanya pun tidak akan terlalu parah. Bahkan bila mendapatkan kondisi mata bayi berair dan belekan tapi tidak merah itu juga bisa disembuhkan dalam waktu yang cepat. Anda sebagai orang tua, bantulah anak untuk selalu menjaga kesehatan matanya setiap saat agar mata tetap baik hingga tua.

, , ,