Sponsors Link

Penyebab Mata Berair Terus dan Keluar Kotoran

Sponsors Link

Pernahkah Anda mengalami kondisi mata berair terus dan keluar kotoran? Kondisi tersebut tentunya akan sangat mengganggu apalagi bila sering terjadi. Secara umum, mata yang berair dan keluar kotoran bukan jenis penyakit mata yang membahayakan. Namun, bila memang kondisi tersebut diikuti dengan gejala yang tidak biasa tentu saja Anda harus bisa mewaspadai gejala nya. Nah, berikut ini adalah beberapa penyebab mata berair terus dan keluar kotoran yang harus Anda waspadai.

ads

1. Mata terkena polusi

Penyebab pertama merupakan penyebab umum yang sering terjadi yaitu terkena paparan polusi udara atau debu. Bila mengenai mata biasanya secara refleks mata akan terasa pedih dan mengeluarkan air sekaligus kotoran mata. Kondisi ini merupakan kondisi ringan dan biasanya tidak akan berlangsung lama. Biasanya kalau kotoran sudah keluar dari mata akan kembali membaik. Ini merupakan penyakit mata ringan dan bukan   penyakit mata yang menular.

2. Mata terkena alergi

Kondisi selanjutnya bisa saja mata Anda terkena alergi. Penyebabnya juga ada berbagai macam, bisa karena alergi terhadap makeup atau alergi terhadap debu. Sama halnya saat terkena paparan polusi, kondisi ini sebenarnya cukup umum terjadi dan bisa diatasi hanya dengan menggunakan obat tetes saja. Namun bila alergi disertai dengan gejala lain seperti demam, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan resep yang tepat sehingga alerginya tidak semakin parah.

3. Mengalami konjungtiva

Kondisi lain yang juga sangat mungkin terjadi pada Anda yaitu terserang jenis penyakit mata ringan konjungtiva. Kondisi ini disebabkan oleh virus dan akan menyebabkan mata Anda keluar air dan belekan atau keluar kotoran, namun sifat kotorannya biasanya kering dan agak tebal, biasanya saat bangun tidur Anda akan merasakan kalau kotoran menumpuk pada ujung mata secara berlebihan. Untuk mengatasinya, Anda tidak perlu mengkonsumsi anti biotik, karena biasanya hanya menggunakan obat tetes saja juga bisa sembuh.

4. Mata mengalami peradangan

Bila Anda mengalami gejala mata berair terus dan keluar kotoran yang berwarna kuning disertai dengan bagian kelopak mata yang terasa bengkak, hal tersebut biasanya diakibatkan oleh bakteri yang sering menginfeksi pada bagian kelopak mata sehingga mengakibatkan mata Anda mengalami peradangan. Bila mengalami kondisi ini Anda bisa coba mengompres mata menggunakan air dingin, ini bisa sangat membantu mengurangi gejala nyeri karena peradangan dan mempercepat penyembuhan radangnya. Bila peradangan terjadi akibat  efek samping operasi katarak sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter.

Sponsors Link

Beberapa penyebab di atas merupakan penyebab ringan dan umum serta bisa terjadi pada siapa saja. Anda juga tidak perlu merasa khawatir karena jenis penyakit mata di atas tidak akan menyebabkan kebutaan secara mendadak pada mata atau menular pada orang lain, kecuali yang disebabkan karena virus, biasanya bisa menular. Bila kondisi mata Anda sedang dalam keadaan sakit seperti berair dan keluar kotoran terus, sebaiknya Anda jaga selalu mata dari paparan polusi atau sinar matahari yang berlebihan agar kondisinya tidak semakin parah, caranya bisa dengan menggunakan kacamata saat akan keluar ruangan.

Nah, untuk mengantisipasi agar Anda terhindar dari beberapa gejala di atas, sebaiknya Anda juga selalu menjaga kesehatan mata, misalnya saja dengan rutin mengkonsumsi makanan untuk menjaga kesehatan, seperti wortel dan yang lainnya. Mata berair terus dan keluar kotoran memang tidak terlalu membahayakan, namun bila disertai dengan gejala lain seperti rasa pusing pada kepala, munculnya mata berbayang bintik hitam atau mata seperti berkabut, sebaiknya segeralah menghubungi dokter.

, ,