Sponsors Link

Mengapa Mata Berbayang Bintik Hitam?

Sponsors Link

Pernahkan Anda mengalami mata berbayang binting hitam, seperti ada bercak hitam yang menghalangi penglihatan? Bagi Anda yang belum mengetahui jenis penyakit mata tersebut, dalam istilah medis kondisi tersebut dinamakan eye floaters. Kondisi ini tidak akan menyebabkan nyeri pada mata namun akan benar-benar sangat mengganggu karena Anda tidak bisa melihat dengan jelas.

ads

Pengertian Floaters

Floaters sendiri merupakan sesuatu yang berada di dalam mata. Floaters sendiri akan terlihat ketika Anda melihat sesuatu yang terlihat lebih bercahaya atau cerah, misalnya saja seperti langit biru, lampur, kertas putih. Objek juga cenderung akan menjauh ketika Anda coba untuk memusatkan perhatian atau tingkat kefokuskan pada floaters mata.

Berbagai macam bentuk floater pada mata:

  1. Titik abu atau hitam pada mata
  2. Garis berlekuk pada mata disertai penyebab iritasi mata merah
  3. Seperti ada benang yang hampir tembus pandang di dalam mata
  4. Seperti ada jaring laba-labat yang menghalangi pandangan
  5. Bentuk seperti cincin

Floaters sendiri sebenarnya tidak bisa dihilangkan bila Anda mendiamkannya. Namun beberapa orang biasanya malah akan semakin terbiasa bila sudah sering merasakannya.

Penyebab Mata Berbayang Bintik Hitam

Lantas, apa sih yang menyebabkan mata berbayang bintik hitam atau floaters pada mata? Pada sebagian besar kondisi floaters adalah disebabkan oleh protein yang dinamakan kolagen. Ini adalah zat yang lebih mirip dengan gel yang ada pada bagian belakang mata atau disebut vitreous. Saat usia seseorang semakin bertambah maka serat protein yang membentuk vitreous akan mulai menyusut kemudian berkumpul. Nah, kumpulan protein itu akan membentuk sebuah bayangan pada retina, inilah mengapa Anda akan mengalami mata berbayang bintik hitam.

Sementara itu, penyebab lain floaters juga bisa dikarenakan:

  1. Adanya perubahan usia, berapapun pusia Anda, namun yang biasanya terjadi pada usia 50 sampai 75 tahun.
  2. Terjadinya inflamasi ataupun infeksi yang terjadi pada bagian belakang mata. Uveitis posterior adalah kondisi inflamasi yang terjadi pada bagian lapisan uvea mata pada bagian belakang, penyebabkan adalah infeksi autoimun,
  3. Pendarahan yang terjadi di dalam mata, atau pendarahan pada bagian vitreous yang disebabkan adanya kerusakan pada bagian pembuluh darah mata.
  4. Retina yang mengalami robek, kerobekan ini bisa disebabkan saat adanya tarikan yang cukup kuat oleh vitreous pada bagian retina.

Lantas, kapan kondisi floaters harus segera Anda periksakan ke dokter?

Anda tidak perlu terlalu merasa khawatir jika hanya mempunyai beberapa kondisi eye floaters yang tidak bisa berubah tiap waktunya. Namun, Anda harus segera memeriksakan kondisi Anda ke dokter bila mendapatkan gejala:

  • Peningkatan jumlah floaters pada mata yang secara mendadak
  • Anda melihat adanya eye flashes atau disebut juga kilatan cahaya, ini adalah tanda lepas ataupun robeknya retina
  • Hilangnya penglihatan secara mendadak dan penyebab kebutaan mata mendadak
  • Perubahan kondisi penglihatan yang terjadi secara singkat dan sangat memburuk seiring dengan berjalannya waktu
  • Mengalami kondisi floaters setelah Anda melakukan operasi mata ataupun cedera pada mata
  • Mata yang terasa sangat nyeri
Sponsors Link

Itulah penyebab dan gejala mengapa mata berbayang bintik hitam. Jagalah selalu kondisi kesehatan mata dengan benar dan baik agar tidak mengalami kondisi kelainan pada mata yang akan membahayakan penglihatan secara pernamanen. Konsumsi makanan untuk menjaga kesehatan bisa menjadi salah satu cara Anda mengatasi kondisi kesehatan mata agar tidak mendapatkan penyakit mata yang membahayakan dikemudian hari. Oh iya, Anda juga tidak perlu terlalu khawatir bila keluarga ada yang mengalami kondisi ini, karena ini bukan penyakit mata yang menular.

, ,