Sponsors Link

Penyebab Mata Berkunang-Kunang Setelah Olahraga

Sponsors Link

Olahraga merupakan aktivitas yang sangat menyehatkan dan dianjurkan untuk sering dilakukan minimal 2 jam dalam seminggu, atau bisa juga 10 menit setiap hari. Aktivitas ini dianjurkan juga untuk semua jenis usia, karena ketika berolahraga tubuh kita dituntut untuk bergerak dan berkeringat. Lantas, apa yang terjadi bila mata berkunang-kunag setelah olahraga? Apakah hal ini ada kaitannya dengan jenis penyakit mata tertentu atau berkaitan dengan penyakit mata lain yang bahkan sangat membahayakan? Untuk mengetahui informasi lebih lengkap dan lebih lanjutnya, berikut adalah pembahasannya.

ads

Kondisi Buruk Setelah Olahraga

Seharus olahraga bisa membuat Anda bugar dan sehat. Namun sayangnya beberapa orang terkadang mengalami kondisi aneh ketika setelah berolahraga seperti mata yang berkunang-kunang atau sedikit pusing.

Kondisi ini sebenarnya bukan berarti Anda terjangkit penyakit mata yang menular  atau penyakit mata lainnya, ini ada hubungannya dengan kerja jantung. Bila jantung bekerja dengan sangat cepat maka ia tidak akan bisa memompa darah di dalam tubuh secara efektif dan efisien. Akibatnya aliran darah yang menuju ke otak malah akan berkurang dan mengakibatkan penglihatan kita menjadi kabur atau bisa disebut juga mata yang berkunang-kunang.

Nah, agar tidak mendapatkan kondisi yang buruk setelah berolahraga, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut:

  1. Menghentikan olahraga bila Anda merasa sangat kelelahan hingga sesak napas yang berlebihan. Kurangilah aktivitas fisiknya kemudian cobalah untuk berbaring dan mengangkat kaki Anda lebih tinggi agar aliran darah bisa cepat sampai ke otak.
  2. Sebaiknya Anda jangan berolahraga bila Anda memang sedang mengalami demam atau kurang enak badan
  3. Hentikanlah berolahraga bila ternyata detak jantung Anda juga tidak beraturan atau sangat berdebar. Cobalah untuk memeriksa kondisi frekuensi nadi Anda tiap 15 menit sekali, jika masih dalam keadaan tetap di atas 120 sampai 150 kali per menit, sebaiknya Anda segera mengkonsultasikan hal tersebut padadokter.
  4. Cobalah untuk menghitung target frekuensi nadi Anda untuk berolahraga yang mempunyai sifat aerobic. Caranya bisa dengan menggunakan rumus (220-usia) x 80%.

Selain jantung, hal tersebut bisa saja disebabkan karena Anda mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan sehingga mengalami mata berkunang-kunang setelah berolahraga. Sehingga sebaiknya sebelum Anda berolahraga, pastikanlah bahwa asupan cairan ke dalam tubuh Anda sudah terpenuhi, caranya dengan mengkonsumsi 1 gelas air putih sebelum berolahraga dan setelah berolahraga. Sementara untuk kondisi lainnya, bisa juga disebabkan karena kadar gula darah tubuh Anda mengalami penurunan drastis secara mendadak, biasanya kondisi ini akan ditandai dengan adanya keringat dingin, rasa gemetar dan badan terasa sangat lemas.

Bila mengalami hal tersebut sebaiknya hentikanlah aktivitas olahraga, karena kalau terus saja dipaksakan malah akan menyebabkan Anda pingsan, pada kondisi yang lebih parah.

Intinya, untuk menghindari kondisi yang membahayakan selain mata yang berkuang-kunang maka peningkatan intensitas olahraga Anda juga harus bisa dilakukan secara bertahap. Sebaiknya Anda juga bisa melakukan pemeriksaan pada dokter untuk lebih memastikan apakah ada kondisi yang bermasalah atau tidak bila kita berolahraga terlalu keras. Bila ada, bagaimana solusinya agar kita tetap bisa berolahraga.

Sponsors Link

Itulah penyebab mata berkunang-kunang setelah olahraga. Anda tentunya merasa khawatir bila memang terjadi pada Anda, mungkin Anda takut itu merupakan gejala dari beberapa penyakit mata seperti mata berbayang bintik hitam, efek samping operasi katarak dan yang lainnya. Sementara itu, biarpun hal tersebut bukanlah penyebab dari penyakit mata, sebaiknya Anda juga tetap bisa menjaga kesehatan mata dengan selalu mengkonsumsi makanan untuk menjaga kesehatan .

, , ,