Sponsors Link

9 Penyebab Mata Besar Sebelah dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Berbagai jenis gangguan yang menyerang alat indera pasti sangat tidak menyenangkan bukan? Terlebih apabila gangguan tersebut terjadi pada indera penglihatan. Salah satu gangguan pada indera penglihatan ialah terjadinya pembengkakan pada kelopak mata. Apa sajakah penyebab mata besar dan bagaimana cara mengatasinya?

ads

Pertama kita bahas dulu penyebab dari mata besar sebelah, diantaranya adalah:

1. Adanya Gangguan Pada Saraf Mata

Gangguan saraf mata bisa jadi disebabkan oleh stroke menahun yang membuat aliran darah ke mata menjadi tidak merata. Hal itulah membuat bentuk dan ukuran kelopak mata tidak sama, yakni lebih besar dari mata sebelah.

2. Ptosis (Mata Lunglai)

Mata lunglai atau pitosis ialah suatu kondisi dimana turunnya kelopak mata bagian atas dan hanya terjadi pada salah satu kelopak mata. Penyebab kelopak mata turun bisa karena beberapa hal diantaranya adalah proses penuaan yang membuat kulit kehilangan elastisitasnya dan cacat bawaan sejak lahir.

3.Terserang Virus

Mata yang terserang virus akan mengalami pembengkakan pada kelopak mata, mata merah, dan gatal. Virus yang menyerang mata biasanya hanya menyerang salah satu bagian mata, sehingga dapat menyebabkan mata yang besar sebelah.

4. Mengalami Cedera

Cedera pada mata dapat disebabkan oleh banyak hal seperti terbentur atau jatuh sehingga meninggalkan luka dan lebam. Luka parah yang berkepanjangan akan mengganggu syaraf mata dan menimbulkan pembengkakan. Karena itulah mata besar sebelah bisa terjadi.

5. Terkena Kista Meibomian

Kista Meibomian merupakan salah satu penyakit yang menyerang mata. Penyakit tersebut membuat kelenjar minyak yang berada di kelopak mata mengalami peradangan dan penyumbatan pada saluan minyak. Penyumbatan yang terjadi selama berhari-hari akan menyebabkan kista semakin membesar dan berpengaruh pada ukuran kelopak mata.

6. Pemakaian Lensa Mata (Softlens) Yang Tidak Tepat

Pemakaian lensa mata sebagai pengganti kacamata memang tengah digandrungi oleh banyak kalangan. Selain dapat membantu penglihatan, memakai softlens juga dapat menambah daya tarik penampilan. Namun siapa sangka bahwa pemakaian softlens ternyata dapat menyebabkan mata besar sebelah serta menimbulkan beberapa penyakit mata akibat softlense. Hal itu hanya akan terjadi jika anda memasangnya tidak sesuai sehingga menimbulkan iritasi atau menggunakan tangan yang tidak bersih ketika memasangnya.

7. Proptosis

Proptosis merupakan penyakit mata menonjol yang biasanya disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan. Menurut tim medis, penyakit ini tidak berbahaya. Selain itu proptosis juga dapat disebabkan oleh terjadinya peningkatan glaucoma. Apabila terjadi pada salah satu mata, maka hal tersebut akan sangat mempengaruhi penampilan karena mata mengalami pembengkakan dan besar sebelah.

8. Terkena Gigitan Serangga

Bukan hal yang tidak mungkin bahwa gigitan serangga seperti kecoa, tawon, dan kumbang menjadi penyebab mata besar sebelah dan penyebab mata bengkak sebelah. Gigitan serangga mengandung racun yang dapat membuat mata menjadi merah dan mengalami pembengkakan. Jadi apabila anda merasa mengalami mata yang besar sebelah setelah dihinggapi serangga, maka bisa dipastikan bahwa penyebabnya adalah serangga. Hal ini bisa diatasi dengan salep untuk mata bengkak digigit serangga yang bisa didapatkan di apotik.

9. Posisi Tidur Yang Salah

Mata anda besar sebelah setelah bangun tidur? Jangan panik, bisa jadi itu disebabkan oleh posisi tidur anda yang salah. Posisi menyamping memang menjadi favorite setiap orang, namun jika dilakukan dalam waktu yang lama maka mata akan mendapatkan tekanan dari atas dan mengalami pembengkakan.

Bagaimakah cara mengatasinya? Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menyembuhkan mata besar atau bengkak. Untuk mengatasi mata besar karena gigitan serangga, posisi tidur yang salah, cedera, dan pemakaian lensa mata yang salah, anda bisa menggunakan cara-cara dibawah ini :

Sponsors Link

  • Kompres

Anda bisa mengompres mata yang bengkak dengan air hangat atau, kantung teh, mentimun.

  • Menggunakan Daun Sirih

Daun sirih mengandung zat anti bakteri dan anti peradangan yang dapat mengangkat berbagai macam kotoran dan bakteri yang ada dalam mata. Daun sirih juga dapat meredakan rasa nyeri dan mengempiskan pembengkakan pada mata yang besar sebelah. Selain itu, manfaat mencuci mata dengan daun sirih juga dapat menyegarkan serta merilekskan mata

Caranya : rebuslah beberapa lembar daun sirih, kemudian disaring. Yang dapat anda gunakan sebagai obat ialah air hasil rebusan daun sirih. Gunakan air rebusan tersebut untuk membasuh mata anda yang besar.

  • Kulit Manggis

Anda mungkin sudah tidak meragukan lagi khasiat kulit manggis bagi tubuh. Untuk menyembuhkan mata yang besar sebelah kulit manggis juga memiliki khasiat yang ampuh karena kulit manggis mengandung zat penyembuh radang yang berperan sebagai antioksidan dalam meredakan pembengkakan.

Caranya : sama seperti daun sirih, anda juga dapat menggunakan air hasil rebusan kulit manggis untuk membasuh mata anda.

  • Kunyit

Siapa yang sangka bahwa bahan masakan yang satu ini dapat dijadikan obat untuk menyembuhkan mata bengkak. Kunyit dapat menghilangkan luka lebam akibat terbentur, selain itu kunyit juga dapat menyembuhkan infeksi dan peradangan.

Caranya : parutlah beberapa buah kunyit lalu masukkan kedalam kain, kemudian peraslah kunyit di dalam kain hingga mengeluarkan airnya. Setelah diperas, anda dapat menggunakan kain berisi parutan kunyit tersebut untuk mengompres mata anda.

Sementara itu untuk mengatasi mata yang besar sebelah akibat penyakit serius seperti proptosis dan kista meibomian anda perlu berkonsultasi dengan dokter terdekat baru setelah itu mendapatkan penanganan sesuai arahan yang telah diberikan.

Itulah penyebab mata besar sebelah dan cara untuk mengatasinya. Jagalah kesehatan mata anda dengan mengonsumsi banyak makanan yang baik untuk kesehatan mata.

, , , ,