Sponsors Link

Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi Mata Gatal dan Berair Terus

Sponsors Link

Apakah Anda pernah merasakan mata gatal dan berair terus? Itu pastinya sangat mengganggu bukan? Ini merupakan salah satu jenis penyakit mata yang tidak terlalu berbahaya, namun ada kondisi lain juga yang membahayakan. Lantas, apa yang menjadi penyebab, gejala dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut adalah pembahasan nya.

ads

Penyebab Mata Gatal dan Berair

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan Anda mengalami kondisi tersebut, diantaranya:

  • Karena alergi

Penyebab pertama mungkin saja itu merupakan reaksi alergi. Tahukah Anda setiap orang memiliki reaksi alergi yang berbeda-beda. Ada yang hanya bentol saja, bahkan ada yang sampai matanya gatal bahkan disertai berair yang terus menerus. Biasanya sih kondisi alergi ini juga akan disertai dengan bersin dan kulit yang biduran.

  • Saluran air mata yang mengalami penyumbatan

Saluran air mata sangat bermanfaat untuk menyalurkan air mata yang biasanya diproduksi di dalam kelenjar air mata ke seluruh bagian permukaan mata. Jika saluran tersebut mengalami penyumbatan , baik sebagian atau secara menyeluruh, air mata juga akan semakin menumpuk berlebihan dan mengakibatkan mata berair. Ini disebab karena cedera yang terjadi pada area mata, peradangan ataupun infeksi tertentu, sampai mengalami tumor.

  • Masalah yang terjadi pada kornea

Kornea merupakan bagian lapisan bening terluar mata yang bermanfaat sebagai garis dari pertahanan pertama pada kuman, kotoran atau yang lainnya yang akan masuk ke area mata. Sehingga apapun yang sangat mengganggu kornea Anda bisa membuat mata Anda berair bahkan gatal. Anda juga mungkin akan merasakan nyeri pada mata dan menyebabkan kemerahan pada mata. Ini juga bukan merupakan   penyakit mata yang menular.

  • Masalah pada kelopak mata

Permasalahan yang terjadi pada bagian kelopak mata, seperti entropion, ektopion bisa mengakibatkan mata menjadi berair. Etopion merupakan salah satu kondisi pada mata yang mengakibatkan kelopak mata malah terbalik atau terlipat ke bagian dalam mata sehingga akan mengakibatkan bulu mata malah menggesek bola mata. Sementara itu, ektropion merupakan keadaan dimana kelopak mata malah membalik ke luar sehingga bagian tepinya tidak bisa menyentuh bola mata.

Gejala

Beberapa gejala yang biasanya akan menyerang dan bahkan mengakibatkan mata Anda sangat tidak nyaman diantaranya:

  • Mata berair tanpa henti
  • Mata merah
  • Mata terasa gatal
  • Mata terasa nyeri
  • Dll

Gejala di atas merupakan gejala umum, dan merupakan yang tidak terlalu membahayakan. Namun jika dalam waktu 1 minggu gejala tidak kunjung mereda akan lebih baik jika Anda mengkonsultasikan nya pada dokter.

Sponsors Link

Lalu, bagaimana cara mengatasi kondisi tersebut tanpa harus ke dokter?

Sebagai langkah antisipasi, sebaiknya Anda mengatasinya dengan penggunaan obat sakit mata di apotik seperti obat tetes mata cendo xitrol. Biasanya apotik akan menyediakan beberapa obat tetes, seperti insto. Itu merupakan obat umum yang paling banyak digunakan. Atau Anda juga bisa mengkonsultasikan pada apoteker, obat apa yang paling cocok Anda gunakan. Atau jika ingin, Anda juga bisa memanfaatkan beberapa cara herbal seperti menempelkan irisan mentimun ke mata, ini akan sangat membantu menyembuhkan mata Anda secara alami.

Namun, sudah dijelaskan sebelumnya, jika memang kondisi mata gatal dan berair terus saja berlangsung, sebaiknya Anda memeriksakan diri pada dokter, karena kemungkinan besar kondisi tersebut adalah gangguan kesehatan yang tidak bisa diatasi hanya dengan penggunaan obat tetes biasa saja. Maksimal jika 1 minggu tidak lekas sembuh segera memeriksakan kondisi mata Anda.

, ,