Sponsors Link

Penyebab Mata Kedutan dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Mata kedutan, apakah salah satu jenis penyakit mata membahayakan? Kata orang jika mata mengalami kedutan itu menandakan sesuatu seperti akan ada peristiwa yang terjadi. Namun, secara medis hal tersebut tidak bisa menjadi patokan. Karena harus ada analisa secara mendalam. Lalu, bagaimana alasan medis mengenai kondisi mata kedutan? Berikut adalah penyebab mata kedutan dan cara mengatasinya menurut medis.

ads

Mata Kedutan Menurut Medis

Kondisi mata kedutan atau dalam istilah medisnya dinamakan blefarospasme merupakan gerakan refleks yang sering berulang pada bagian kelopak mata atas yang biasanya akan terjadi dengan spontan. Gerakan ini biasanya akan terjadi setidaknya untuk waktu beberapa detik sekali dan akan berlangsung 1 sampai 2 menit. Gerakan yang terjadi pada bagian otot mata ini biasanya akan terjadi pada kedua bagian mata.

Kondisi kedutan sebenarnya tidak akan terasa sakit dan juga bisa hilang dengan sendirinya. Namun, bisa juga Anda merasa terganggu karena kedutan selalu datang dan pergi untuk waktu berhari-hari bahkan dalam waktu berbulan-bulan.

Jenis dan Penyebab Mata Kedutan

Pada seseorang yang merasakan adanya kedutan pada mata, ada yang sangat ringan namun yang lainnya bisa saja merasakan kedutan yang keras dan cukup mengganggu penglihatan serta aktivitas Anda.  Hal ini biasanya disebabkan karena beda jenis kedutan yang menyerang. Kedutan yang berdasar pada tingkat keparahannya serta gejalanya dibedakan menjadi 3 jenis.

  • Jenis mata kedutan minor dan penyebabnya

Jenis yang pertama dinamakan kedutan minor. Jenis kedutan ini pada umumnya tidak akan menimbulkan rasa sakit dan juga tidak akan menjadi penyebab mata buta mendadak. Kedutan jenis minor juga pada umumnya akan muncul karena disebabkan kondisi gaya hidup buruk, sering merasa kelelahan, mata kurang beristirahat, sering sekali mengalami stress dan sangat suka mengkonsumsi minuman cukup keras atau mengandung kafein terlalu berlebihan sampai kebiasaan merokok yang sangat aktif. Kondisi iritasi pada bagian kornea atau lapisan di bagian kelopak mata juga bisa menjadi penyebab mata kedutan.

  • Jenis kedutan blefarospasme esensial jinak dan penyebabnya

Jenis kedutan selanjutnya adalah jenis kedutan dengan nama cukup rumit yaitu blefarospasme esensial jinak. Kondisi kedutan ini bisa di picu karena beberapa hal. Misalnya karena seseorang yang terlalu sering mengkonsumsi minuman keras bahkan hampir setiap hari, terlalu sering mengkonsumsi kafein yang terlalu berlebihan (mengkonsumsi kopi lebih dari 1 cangkir, terpapar karena adanya cahaya yang terlalu terang, kelelahan, mata yang kurang tidur, terjadinya iritasi pada mata karena adanya polusi udara yang sangat mengganggu.

Blefarospasme esensial jinak juga pada umumnya sering dialami oleh mereka yang sudah berusia dewasa muda sampai tua. Kondisi ini juga kerap kali lebih banyak dialami oleh mereka yang berjenis kelamin perempuan dibandingkan dengan jenis kelamin pria. Selain itu kondisi ini juga diyakini merupakan kombinasi diantara faktor keturunan dan juga faktor lingkungan.

Jenis mata kedutan blefarospasme esensial jinak bisa mendahului beberapa kondisi mata seperti:

  1. Mata yang sangat kering
  2. Sensitifitas mata pada cahaya sangat tinggi
  3. Terjadinya entropion atau kondisi saat bagian kelopak mata atau biasanya bagian bawah masuk ke dalam mata.
  4. Konjungtiva atau adanya kondisi peradangan pada bagian kelopak mata dalam.
  5. Uveitis merupakan kondisi peradangan yang bisa berdampak pada lapisan tengan dan juga jaringan pada bagian dinding mata.
  6. Trikiasi yang merupakan salah satu kondisi ketika bulu mata yang tumbuh ke bagian dalam mata, kearah mata dan menyentuh kornea atau bagian konjungtiva.
  7. Blefaritis merupakan kondisi peradangan pada bagian kelopak mata dan pada umumnya akan disebabkan karena pertumbuhan bakteri yang terlalu berlebihan pada area kulit, karena alergi mata pada anak dan juga adanya sumbatan pada kelenjar minyak dibagian kelopak mata.

Jika kondisinya terus saja memburuk maka biasanya jenis kedutan blefarospasme esensial bisa mengakibatkan kondisi penglihatan menjadi kabur sampai kejang atau kedutan pada area wajah.

Sponsors Link

  • Kedutan hemificial spasm dan penyebabnya

Selanjutnya adalah kedutan yang sudah cukup parah atau hemificaial spam atau dinamakan juga kejang pada bagian wajah. Kondisi ini sebenarnya cukup jarang terjadi, namun resiko pasti saja ada. Penyebab dari gangguan kedutan ini karena adanya tekanan arteri pada bagian saraf yang melibatkan bagian lain pada otot wajah dan biasanya juga pada bagian mulut. Jenis kedutan ini sangat berbeda dengan kedutan pada umumnya yang hanya terjadi pada bagian sepasang mata saja. Kedutan ini akan menyebabkan kejang pada seluruh wajah dan akan berdampak atau mengakibatkan salah satu bagian wajah terganggu.

Pada kondisi yang dinilai cukup jarang, kondisi mata kedutan bisa menjadi salah satu gejala gangguan pada saraf dan juga otak yang biasanya akan disertai karena gejala lain. Penyakit tersebut diantaranya adalah:

  1. Bell’s palsy yaitu kondisi yang akan mengakibatkan adanya kelumpuhan pada salah satu bagian di wajah.
  2. Distonia yaitu kondisi yang akan mengakibatkan adanya kejang pada otot yang sangat tidak terduguga sehingga bisa mengakibatkan anggota tubuh menjadi terpelintir.
  3. Distonia sevikal merupakan jenis dystonia yang akan mengakibatkan bagian leher tiba-tiba menjadi kejang dan akan menyebabkan kepala berputar ke posisi yang dirasakan sangat tidak nyamana.
  4. Penyakit Parkinson merupakan salah satu penyakit yang akan mengakibatkan bagian anggota tubuh terasa sangat bergetar, otot terasa kaku, sulit berbicara dan juga mengalami kondisi gangguan pada keseimbangan.
  5. Sindrom touretten merupakan kondisi yang akan mengakibatkan kemunculan suara ataupun adanya gerakan yang sangat spontan.
  6. Multiple sklerosi merupakan kondisi saat sistem kekebalan tubuh mulai menyerang myelin yang merupakan bagian pembungkus saraf.
  7. Efek samping karena konsumsi obat tertentu apalagi yang dipakai untuk menangani psikosi dan juga epilepsy.

Jika ternyata kondisi mata kedutan menjadi salah satu gejala dari terganggunya saraf atau pun otak maka pasien biasanya sangat butuh untuk diruju ke dokter khusus atau spesialis.

Sponsors Link

Cara Mengatasi Mata Kedutan

Mata kedutan tentunya akan sangat mengganggu kenyamanan Anda saat sedang ber aktivitas, untuk itu akan lebih baik jika Anda bisa mengatasinya. Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi mata kedutan:

1. Beristirahat

Salah satu penyebab mata kedutan adalah bisa karena kondisi stress khususnya jika kamu mengalami masalah pada bagian penglihatan. Selain itu, penyebab dari mata kedutan bisa saja karena kurang tidur. Oleh sebab itu untuk bisa mengatasi masalah mata kedutan sebaiknya kamu benar-benar bisa istirahat dengan total dan yang merupakan solusi paling baik. Cobalah untuk meluangkan waktu khususnya agar Anda bisa benar-benar beristirahat agar bisa semakin memulihkan kondisi.

2. Mengompres mata

Mata kedutan bisa saja disebabkan karena Anda mengalami peradangan diakibatkan bakteri. Untuk menghilangkan bakteri tersebut Anda bisa mengompres mata menggunakan air hangat. Anda bisa melakukannya sebelum tidur, dengan rutin setiap hari sampai kondisi peradangannya semakin membaik. Sebaiknya Anda juga mengkonsumsi  makanan untuk menjaga kesehatan mata agar mata Anda tetap dalam keadaan sehat meskipun terjadi kedutan.

ads

3. Coba gunakan obat tetes mata

Untuk penggunaan obat tetes mata akan lebih baik jika Anda bisa berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu. Karena biasanya ada saja gangguan kedutan karena terlalu lama menggunakan komputer atau bahkan terlalu lama menggunakan kontak lensa. Sehingga akan menyebabkan mata ring dan memicu kedutan. Oleh sebab itu, pilihan terbaik untuk mengatasinya adalah bisa dengan penggunaan obat tetes mata tertentu.

Sedangkan kalau kamu memang seorang pengguna kacamata, mungkin saja kamu membutuhkan kacamata baru. Karena gangguan mata sekecil apapun bisa saja membuat kerja mata menjadi semakin lebih berat. Misalnya saja, Anda yang terlalu sering melihat layar komputer dan juga layar gadget sehingga malah membuat otot mata Anda menjadi berkontrakasi lebih keras lagi. Untuk bisa melakukan pencegahannya cobalah setiap 20 menit sekali Anda fokus kan mata untuk bisa melihat objek jarak jauh selama minimal 20 detik.

4. Sebaiknya kurang konsumsi kafein yang terlalu berlebihan

Mata kedutan juga bisa saja disebabkan karena konsumsi kafein yang terlalu berlebihan. Oleh sebab itu, sebaiknya kau mengurangi konsumsi kafein yang terlalu berlebihan. Karena konsumsi kafein bisa saja mengakibatkan mata kedutan semakin parah. Sebaiknya Anda juga menghindari konsumsi minuman mengandung alkohol karena efek nya sama berbahaya pada mata kedutan seperti kafein.

5. Menjaga pola makan

Pola makan harian Anda juga sebaiknya bisa Anda jaga. Cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan juga seimbang, dengan begitu tubuh Anda bisa bekerja dengan cukup optimal dan juga mata kedutan bisa sangat dihindari. Tapi kalau kondisi kedutannya terlalu lama sebaiknya Anda segera menghubungi dokter.

6. Melakukan pengobatan alternative

Selain menggunakan beberapa obat medis atau obat tetes, Anda juga bisa mengatasi mata kedutan dengan cara alternative. Beberapa pengobatan alternative yang dapat Anda lakukan, misalnya saja seperti biofeedback, akupuntur hipnose chiropractic, melakukan terapi nutrisi dan juga penggunaan kacamata berwarna untuk melindungi mata sementara waktu dari paparan sinar matahari.

7. Melakukan operasi

Langkah paling ekstrim untuk mengatasi kedutan adalah dengan melakukan prosedur operasi. Langkah ini bisa Anda lakukan jika memang kondisi kedutannya menyerang saraf atau ada gangguan lain sehingga harus mempertimbangkan operasi. Dalam prosedur operasi yang biasa disebut myectomy, dokter bedah biasanya akan mengeluarkan beberapa saraf dan juga otot yang ada di bagian sekitar kelopak mata. Proses pembedahannya juga bisa membantu untuk meringankan adanya tekanan pada arteri dan juga saraf wajah yang akan mengakibatkan mata berkedut. Hasilnya juga bisa digunakan dalam waktu yang cukup lama bahkan permanen. Namun biasanya akan menyebabkan adanya komplikasi setelah melakukan operasi.

Itulah penyebab mata kedutan dan cara mengatasinya. Kondisi ini dinilai cukup ringan dan bukan penyakit mata yang menular namun juga paling membahayakan, karena jika tidak tahu penyebab dari kedutan yang terus saja terjadi bisa saja saraf sekitar kelopak mata yang terganggu.

, ,