Sponsors Link

7 Penyebab Mata Kedutan Sebelah Kiri Secara Medis

Sponsors Link

Pernahkah Anda mengalami kedutan pada mata sebelah kiri? Kondisi mata yang berkedit atau kedutan nyatanya pernah dirasakan oleh semua orang. Karena sangat jarang sekali terjadi, biasanya kedutan selalu dianggap sebagai tanda dari sesuatu, entah itu kecelakaan atau kondisi lainnya.

ads

Saat seseorang mengalami kondisi kedutan pada mata, biasanya hanya akan berlangsung dalam waktu beberapa detik saja, dan itupun tidak akan sering. Kedutan juga biasanya akan terjadi dengan spontan, yaitu tiba-tiba kelopak mata bergerak dari atas ke bawa. Kedutan juga sangat bisa terjadi pada semua usia, bisa dewasa atau anak-anak. Namun Anda tidak perlu khawatir karena kondisi ini tidak akan membahayakan. Ada banyak jenis-jenis penyakit mata, apakah kedutan salah satunya? Berikut adalah pembahasan artikel mengenai mata kedutan sebelah kiri secara medis yang sangat perlu Anda ketahui.

Kedutan Pada Mata

Menurut seorang pakar mata yang berasal dari Contac Lens an Cornea Section of the American Optometric Association menyatakan bahwa kedutan bukanlah masalah medis yang harus ditangani secara serius. Terjadinya kedutan pada mata adalah karena adanya kontraksi yang melibatkan otot orbicularis oculi.

Kedutan pada mata ini terjadi akibat adanya serabut saraf yang ada dalam otak dan mengalami kontraksi sesaat. Kemudian denyut pada pembuluh darah dengan tiba-tiba mendapatkan rangsangan yang bisa membangkitkan aliran listrik lewat nervus facialis yang akan membuat mata Anda mengalami kejang dalam waktu sebentar. Namun jika kedutan ternyata berlangsung secara terus menerus ini akan masuk dalam kondisi bahaya dan perlu mendapat penanganan medis lebih jauh.

Penyebab Kedutan

Berikut ini adalah beberapa hal yang mungkin saja bisa menjadi salah satu penyebab mata Anda mengalami kedutan:

1. Anda sedang mengalami stress

Hal pertama yang mungkin bisa menjadi penyebab mata kiri Anda mengalami kedutan karena Anda sedang stress sehingga mempengaruhi pada kondisi mata yang menjadi tegang. Akibatnya, mata Anda akan bergerak-gerak tanpa disadari. Perlu Anda ketahui kedutan bukan merupakan penyakit mata yang menular.

2. Anda sedang merasakan lelah berlebihan

Kedutan juga mungkin saja disebabkan karena Anda mengalami kondisi kurang tidur atau kelelahan yang cukup berlebihan sehingga akan memicu pada kondisi kejang kelopak mata. Jika ini penyebabnya, segeralah cukupi asupan istirahat untuk tubuh Anda.

3. Mata yang lelah

Kondisi mata yang lelah, misalnya karena disebabkan terlalu lama melihat layar komputer bisa memicu pada kondisi tegang kelopak mata sehingga akan sedikit mengeluarkan gerakan. Sebaiknya Anda menghindari terlalu lama menatap layar komputer terlalu lama, bukan hanya akan menyebabkan kedutan, tapi juga akan membuat mata Anda semakin rusak. Cara merilekskan mata agar tidak mudah lelah dengan mengompres dengan air hangat.

4. Terlalu banyak mengkonsumsi kafein dan juga alkohol

Banyak para ahli yang menyatakan bahwa terlalu banyak mengkonsumsi kafein dan juga alkohol bisa menjadi salah satu penyebab mata berkedut karena pembuluh darah mulai mengalami peningkatan secara signifikan.

Sponsors Link

5. Kondisi mata yang kering

Anda bisa juga mengalami kondisi mata yang kering, biasanya kondisi ini akan disebabkan karena faktor usia atau penuaan yang mempengaruhi pada mata. Mata kering pada umumnya juga biasa terserang pada mereka yang terlalu sering menatap layar komputer, mengkonsumsi berapa obat tertentu, menggunakan kontak lensa atau juga mengkonsumsi kafein dan juga alkohol. Sehingga akan memicu

6. Nutrisi pada tubuh yang tidak seimbang

Siapa sangka bahwa ternyata nutrisi juga akan mempengaruhi pada kedutan mata. Beberapa laporan menyatakan bahwa kekurangan gizi seperti magnesium akan menjadi pemicu kejang pada kelopak mata.

7. Terkena alergi

Penyebab yang terakhir adalah bisa saja seseorang mengalami gejala alergi atau iritasi yang kemudian mempengaruhi pada kondisi mata. Penyebab iritasi mata merah saat mata digosok biasanya akan mengeluarkan histamin dan memicu adanya air mata, histamin inilah yang akan menyebabkan terjadinya kedutan pada mata.

Cara Mengatasi Mata Kedutan

  • Jika kedutan disebabkan kelelahan, cara paling ampuh adalah dengan berisitarahat.
  • Jika kedutan disebabkan karena iritasi, Anda bisa coba menggunakan obat mata untuk iritasi.
  • Anda bisa coba mengompres mata agar menjadi rileks.

Itulah pembahasan mata kedutan sebelah kiri secara medis yang dapat Anda ketahui. Sedangkan jika Anda mengalami kedutan disertai bengkak karena menangis, cara mengatasi mata bengkak setelah menangis bisa dengan cara di kompres menggunakan timun dan juga kentang.

, , , ,