Sponsors Link

Penyebab Mata Kuning Hepatitis dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Jenis penyakit mata kuning yang dialami oleh seseorang seringkali dihubungkan dengan suatu gejala adanya penyakit dalam. Mungkin Anda sudah mengenali penyakit dalam yang bisa menyebabkan mata hingga kulit berwarna kuning tak lain adalah hepatitis. Lantas apa yang menjadi penyebab mata kuning hepatitis, serta bagaimana gejala-gejalanya muncul? Berikut pembahasannya.

ads

Biasanya gejala yang dialami pada penderita penyakit hepatitis adalah:

  1. Tubuh merasa tidak nyaman
  2. Tidak bisa bekerja secara maksimal
  3. Kepala sering pusing
  4. Tubuh cepat merasa letih, lesu dan mudah lelah
  5. Stamina tubuh menurun
  6. Nafsu makan menurun
  7. Daya tahan tubuh menurun
  8. Demam
  9. Terjadi perubahan warna pada bagian tubuh tertentu

Penyakit yang menyerang organ ginjal tersebut tidak hanya membuat warna kulit dan mata menjadi kuning, namun membran hidung dan mulut juga dapat berubah kekuningan akibat hepatitis. Salah satu faktor yang membuat organ bola mata berwarna putih berubah menjadi kuning karena adanya penumpukan bilirubin di dalam darah dan organ tubuh lain.

Penyakit hepatitis muncul akibat adanya peradangan hati, kerusakan hati, gangguan fungsi hati, hingga kanker hati. Munculnya berbagai penyebab tersebut tentunya tak bisa kita anggap biasa-biasa saja. Anda pun harus mengobati penyakit kuning tersebut sebelum organ lain di dalam tubuh Anda menjadi rusak.

Selain bilirubin yang meningkat, penyebab mata kuning hepatitis juga bisa terjadi karena:

  • Terlalu Stres

Stres dengan beban yang tinggi dapat menjadi penyebab mata kuning hepatitis. Selain mata kuning, stres juga bisa membuat sakit kepala, saraf tubuh tertekan sehingga beban kerja meningkat, muncul perasaan sensitif dan mudah tersinggung.

  • Mata Lelah

Mata yang lelah bisa menjadikan mata berwarna kuning pada bagian bola mata yang berwarna putih. Kelelahan pada mata dipicu oleh aktivitas tubuh seseorang misalnya terlalu lama memandang layar komputer atau terlalu lama melihat gadget. Faktor penyebabnya adalah cahaya yang yang tidak stabil, dengan kata lain cahaya ruangan dengan cahaya layar komputer atau gadget tidak seimbang. Jika mata dibiarkan lelah bekerja, akan membuat bola mata menjadi kekuningan hingga dapat merusak retina. Sehingga bukan disebabkan efek samping operasi katarak.

  • Kurang Tidur

Seseorang yang memiliki aktivitas padat dalam hidupnya pasti memiliki waktu tidur yang terbatas bahkan kurang. Kurangnya waktu tidur inilah yang menyebabkan mata kuning hepatitis. Mungkin gejala awalnya adalah orang tersebut sering begadang hingga lebih dari tengah malam sampai mengalami insomnia. Tapi Anda tenang saja,ini bukan penyakit mata yang menular.

Saat Anda sudah terlanjur mata kuning hepatitis, Anda pun bisa mengatasinya dengan cara:

  •  Mengkomsumsi tanaman herbal

Tanaman herbal yang diyakini dapat menyembuhkan penyakit mata kuning hepatitis adalah  temulawak dan mengkudu. Konsumsi makanan untuk menjaga kesehatan mata juga sangatlah dianjurkan agar kesehatan mata Anda selalu terjaga

  • Melakukan pengecekan kesehatan secara rutin ke dokter

Anda perlu konsultasi ke dokter agar mata kuning akibat hepatitis tersebut tidak semakin parah dan tidak merusak bagian mata lainnya. Dengan konsultasi ke dokter, Anda pun dapat mengetahui perkembangan penyakit tersebut dengan mudah sehingga cara penyembuhannya pun dapat Anda lakukan dengan sistematis. Lakukan pengecekan tersebut hingga warna mata bola mata kembali ke warna normal. Hal ini sebagai tanda bahwa penyakit hepatitis sudah sembuh dari tubuh Anda.

  • Istirahat secukupnya

Istirahat yang cukup dapat membantu perubahan warna pada sklera mata. Dengan begitu, Anda pun harus lebih perhatian dengan jam tidur Anda per harinya. Istirahat yang cukup juga dapat mempercepat proses penyembuhan suatu penyakit. Waktu tidur atau waktu istirahat yang normal berkisar 8,5 jam per harinya untuk usia 6-22 tahun dan minimal 7 jam per hari untuk usia dewasa yakni 23 tahun ke atas.

Dengan begitu, penyebab mata kuning hepatitis pun akan Anda hilangkan dengan dalam waktu yang singkat.  Sebaiknya, Anda segera periksakan ke dokter bila kondisi mata berbayang bintik hitam terjadi pada Anda.

, , ,