Sponsors Link

7 Penyebab Mata Kuning Pada Bayi Umur 4 Hari

Sponsors Link

Seorang bayi terutama yang baru saja lahir, akan sangat rentan untuk terserang penyakit tertentu. Ini karena daya tahan tubuh bayi yang masih dinilai sangat lemah. Salah satu kondisi yang bisa saja membuat beberapa ibu khawatir akan kondisi bayi adalah mata kuning pada bayi 4 hari.

ads

Biasanya kondisi mata kuning akan menyerang bayi yang baru lahir antara 2-7 hari. Selain itu, tidak hanya matanya saja yang kuning, tapi bagian tubuh bayi juga biasanya akan ikut menguning. Lalu, apakah mata kuning merupakan jenis penyakit mata tertentu? Berikut adalah penyebab mata kuning pada bayi umur 4 hari.

Penyebab Mata Kuning

Pada umumnya mata bayi yang menguning bukanlah disebabkan karena penyakit mata tertentu, melainkan karena disebabkan beberapa hal, seperti berikut:

1. Bayi yang mengalami penyakit kuning

Mata kuning biasanya akan disebabkan oleh penyakit kuning. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang diakibatkan karena pecahnya darah yang terjadi pasca bayi dilahirkan. Biasanya kondisi ini akan kembali normal setelah berselang 1 minggu dan mendapatkan perawatan tertentu dari dokter.

2. Kinerja organ hati pada bayi yang masih lemah

Mata kuning bukanlah alergi mata pada anak. Ini bisa disebabkan karena gangguan pada organ hati. Bagian organ hati merupakan bagian organ yang cukup vital berpengaruh pada kondisi mata kuning bayi. Saat bayi baru saja dilahirkan, terutama jika ternyata ia lahir dalam keadaan premature maka kondisi hatinya belum bisa bekerja dengan baik. Sehingga untuk memproses billirubin hati masih bekerja dengan sangat lambat.

3. Tidak menerima asi dengan cukup

Mata kuning juga bisa saja disebabkan karena faktor kekurangan ASI. Efek samping dari bayi yang tidak bisa minum ASI dengan cukup, baik dari segi kualitas ataupun kuantitas maka akan menyebabkan mereka mengalami kondisi kuning. Kekurangan ASI juga akan mempengaruhi pada kerja hati.

4. Adanya infeksi yang disebabkan karena virus dan bakteri

Sudah sangat jelas bahwa mata kuning bukan penyakit mata yang akan menjadi penyebab kebutaan mata . Salah satu penyebab lain dari mata kuning karena adanya infeksi yang disebabkan virus dan juga bakteri. Kondisi ini biasanya akan menyerang pada organ hati. Beberapa penyakit yang disebabkan karena virus, diantaranya adalah hepatitis A, B dan C. Bahkan, bayi juga bisa saja mendapatkan virus saat masih berada dalam kandungan.

5. Bayi yang sangat kekurangan enzim

Kondisi kekurangan enzim atau disebut juga galaktosemi juga bisa mengakibatkan mata dan tubuh bayi menjadi berwarna kuning. Bayi yang mengalami kondisi ini tidak dapat memecahkan galaktosa yang akan masuk ke dalam tubuh. Sehingga, akibatnya kadar galaktosa malah akan semakin meningkat dan hati akan mengalami kondisi sirosis yang mengakibatkan tingginya kadar bilirubin. Anda sebenarnya tidak perlu khawatir dengan mata kuning, karena bukan merupakan  penyakit mata yang menular.

Sponsors Link

6. Bayi mengalami kondisi pendarahan internal

Pendarahan yang dialami bayi dibagian dalam juga akan menyebabkan bayi mengalami kondisi mata dan tubuh yang menguning. Pada umumnya kondisi ini disebabkan karena adanya memar ketika melahirkan, dan biasanya banyak dialami oleh bayi yang dilahirkan menggunakan vakum.

7. Bayi mengalami anemia hemolitik

Anemia hemolitik adalah salah satu kondisi penyakit autoimun yang pada umumnya akan diwariskan oleh orang tua. Di dalam tubuh, sistem kekebalan bayi yang terlalu berlebihan akan terus saja menyerang bagian sel darah merahnya sehingga akan menyebabkan bayi mengalami kondisi anemia dan kadar bilirubinnya tinggi dan memicu terjadinya tubuh dan mata bayi yang menguning.

Itulah beberapa penyebab mata kuning pada bayi umur 4 hari. Memang akan sangat membuat khawatir jika ternyata bayi mengalami kondisi tersebut, oleh sebab itu jika memang Anda merasa ada kelainan pada bayi yang baru saja dilahirkan segeralah berkonsultasi pada dokter. Selain itu, untuk menjaga kesehatan mata bayi, akan lebih baik jika bayi sudah memasuki usia siap mengkonsumsi makanan selain ASI, Anda bisa memberikan  makanan untuk menjaga kesehatan mata, seperti wortel.

, ,